SAPA untuk Indonesia Tingkatkan Daya Saing dan Kesejahteraan UMKM Perempuan

SAPA untuk Indonesia Tingkatkan Daya Saing dan Kesejahteraan UMKM PerempuanRangkaian program dalam SAPA untuk Indonesia menghadirkan pakar dan mitra strategis untuk memberdayakan UMKM perempuan melalui pelatihan, kompetisi digital, dan webinar.

Marketing.co.id – Berita UMKM | UMKM sebagai salah satu penggerak utama perekonomian bangsa kini dihadapkan dengan tantangan besar pandemi Covid-19. Menurut survei tim Katadata terhadap ratusan UMKM pada tahun 2020, mayoritas UMKM (82%) mengaku mengalami dampak negatif akibat pandemi. Pendapatan mereka pun menurun hingga 30 persen dari sebelumnya.

Digitalisasi menjadi salah satu kunci untuk bisa membangkitkan kembali para pelaku UMKM di Indonesia. Pasalnya, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat untuk menekan laju penularan juga membatasi ruang usaha konvensional. Keterampilan digital menjadi kian penting untuk menyiasati kondisi pandemi dan menopang keberlanjutan usaha pelaku UMKM. 

Sebagai penggerak perekonomian bangsa yang menyerap mayoritas tenaga kerja dan menyumbang secara signifikan pada Produk Domestik Bruto (PDB), pemulihan UMKM menjadi kunci bagi pemulihan ekonomi nasional. Bahkan, jika kita teliti lebih dalam, perempuan memegang peranan besar. Data BPS menunjukkan, pada tahun 2018 terdapat lebih dari 37 juta UMKM yang dimiliki atau dikelola perempuan, merepresentasikan 60% dari semua UMKM di Indonesia.

Guna mendukung pemulihan ekonomi, PT HM Sampoerna Tbk. melalui program Sampoerna untuk Indonesia, menggagas program Semangat dan Aksi Perempuan Andalan (SAPA) untuk Indonesia. Dengan menggandeng Sirclo dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), dan bekerja sama dengan Kata Data, SAPA Untuk Indonesia menghadirkan kelas pelatihan untuk memfasilitasi dan memberikan pembekalan bagi pelaku UMKM agar bisa lebih melek digital. 

Kegiatan pelatihan ini digelar secara virtual pada 20, 24, dan 28 September 2021 dan menghadirkan pakar pada bidangnya untuk memberikan keterampilan praktis bagi pelaku UMKM. Selain itu, rangkaian kegiatan ini dimeriahkan juga oleh kompetisi digital untuk memacu para pelaku UMKM untuk berkreasi dalam menggunakan platform digital untuk memasarkan produk.

Rangkaian kegiatan akan ditutup dengan webinar pada 5-6 Oktober yang direncanakan akan dihadiri Presiden Joko Widodo, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga dan pembicara menarik lainnya yang akan mendiskusikan langkah memajukan UMKM, khususnya UMKM perempuan. 

“Pengembangan UMKM merupakan salah satu fokus dari program Sampoerna untuk Indonesia. Harapan kami, SAPA dapat menjadi platform untuk memberikan UMKM keterampilan praktis agar mereka bisa tetap produktif dan memiliki daya saing di tengah pukulan pandemi Covid-19,” kata Ishak Danuningrat, Kepala Urusan Eksternal, PT HM Sampoerna Tbk.  

Menurut Ishak, SAPA hadir untuk memberi perhatian lebih bagi pelaku UMKM perempuan. “UMKM memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia, dan lebih dari 60 persen pelaku UMKM di Indonesia adalah perempuan,” tambahnya.

Pada sesi pelatihan pertama, Trias Puspita Hayati, Business Operation Manager Sirclo  menyampaikan potensi e-commerce di Indonesia. Ia memaparkan bahwa dukungan infrastruktur untuk bidang informasi teknologi di Tanah Air sudah bagus, hal ini didukung dengan pengeluaran pemerintah di bidang informasi, komunikasi dan teknologi yang mencapai 1 miliar dollar Amerika pada tahun 2020. 

Dengan infrastruktur semacam itu, diprediksi pada tahun 2025 tingkat adopsi smartphone di Indonesia akan mencapai 90 persen, yang juga akan berdampak positif pada tingkat penetrasi internet. “Ini potensi pasar yang luar biasa bagi pemilik bisnis. Bayangkan saja jumlah penduduk Indonesia mencapai 250 juta dan 77 persen mengakses internet melalui handphone,” kata Trias. Lebih lanjut menurutnya, uang yang dibelanjakan masyarakat untuk e-commerce kini juga semakin merata karena kemudahan akses internet hingga ke pelosok daerah. 

Meski peluang pasar masih terbuka luas bagi pelaku UMKM, tidak bisa dipungkiri masih ada banyak tantangan bagi pelaku UMKM untuk masuk ke ranah digital. Antara lain, pelaku UMKM akan bersaing dengan pelapak online dan brand ternama yang telah lebih dulu merambah digital. Selain perlu mengejar ketertinggalan, pelaku UMKM juga perlu menyiasati keterbatasan modal maupun operasional, belum lagi tantangan akses dan infrastruktur internet yang belum terlalu merata.     

Sesi kedua mencoba menjawab tantangan tersebut. Fiki Satari, Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), berbagi tips agar UMKM dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan tidak kalah saing dengan merek asing dengan memanfaatkan pemasaran digital. Fiki juga memaparkan cara efektif memasarkan dengan bujet minimal serta dukungan yang ditawarkan oleh Kemenkop UKM.

Menurut Fiki, pemasaran digital selain efektif biaya juga dapat menjangkau audiens yang luas, “memasarkan produk dengan jangkauan nasional akan sangat memakan biaya dengan cara tradisional, namun teknologi digital memungkinkan ini dan memberi kesempatan UMKM untuk menjangkau pasar-pasar baru,” jelas Fiki. 

Tentunya akses ke pendanaan tetap menjadi elemen penting bagi UMKM, baik untuk pemasaran, pengembangan produk, maupun memperluas operasional. Oleh karena itu, sesi pelatihan ketiga menghadirkan CEO Modal Rakyat Hendoko Kwik yang memperkenalkan alternatif-alternatif pendanaan bagi UMKM serta tips mengelola pendanaan. 

“Pinjaman mikro menjadi salah satu solusi, terlebih bagi UMKM yang kesulitan untuk mendapatkan dana dari bank. Namun pelaku UMKM tetap harus mengenali instrumen pinjaman yang dipakai dan mengutamakan perencanaan serta pengelolaan keuangan yang matang untuk menghindari kredit macet,” kata Hendoko.     

Wakil Ketua Umum Bidang Pendidikan dan Pelatihan DPP Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Sofi Suryasnia, memaparkan bagaimana peserta bisa mendapatkan akses pembiayaan agar usaha mereka naik kelas, salah satunya adalah melalui bank. “Pemilik usaha harus mengerti bagaimana cara memenuhi syarat agar kredit bisa diterima bank,” kata Sofi. 

Selama tiga hari, pelatihan untuk UMKM ini diikuti oleh lebih dari 2.000 pelaku UMKM. Para peserta mengikuti kelas online tersebut dengan sangat antusias, berbagai pertanyaan diajukan terkait pemanfaatan teknologi digital hingga pengembangan pasar dan produk yang dimiliki pelaku usaha. 

SAPA untuk Indonesia juga menggelar kompetisi digital untuk mempromosikan produk UMKM dan memberikan kesempatan para peserta untuk menguji keterampilan mereka. Kompetisi ini menguji keterampilan peserta mengiklankan produk jualan mereka dengan menyajikan informasi berupa deskripsi produk,kegunaan, harga dan cara membeli produk secara kreatif . 

Dewan juri akan menentukan empat pemenang yang akan mendapatkan hadiah utama berupa modal usaha dengan total nilai mencapai Rp 25.000.000 dan laptop. Selain itu, para pemenang, 10 peserta terpilih, dan 100 video favorit dengan likes terbanyak juga akan mendapatkan pembinaan oleh Sirclo, serta produk mereka akan dihubungkan dengan Siren.id, platform bisnis dropship dari Smesco Indonesia yang berfokus pada menjual produk-produk UKM di seluruh Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.