Seasonal Selling: Mengubah Opportunity Menjadi Kemenangan

0
1014
Seasonal selling: Mengubah Opportunity Menjadi Kemenangan

Seasonal selling: Mengubah Opportunity Menjadi KemenanganMusim atau momen boleh saja berlalu. Namun yang pasti musim tersebut akan kembali datang seiring berjalannya waktu. Maka tak mengherankan jika banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan musim sebagai sarana untuk meningkatkan penjualan.

Christa Sabathaly, Marketing Program Manager Bobobobo.com mengatakan bahwa seasonal selling perlu dilakukan karena memang ada kenaikan/spike sales pattern di momen-momen seasonal.

Tantangan terbesar dari seasonal selling adalah kita harus mencari cara agar yang kita tawarkan tidak sama dengan pemain lainnya. Seasonal selling ini tidak ada kelemahannya, justru seasonal momen ini seperti saatnya kita mengubah semua opportunity menjadi kemenangan.

Menurut Christa, aktifitas seasonal yang dijalankan bisa berjalan sukses kalau kita mengerti kebutuhan konsumen di setiap momennya.

Bobobobo sendiri mengaku sangat siap menghadapi apapun momennya. “Kami sangat siap sekali. Berbagai macam program telah kami siapkan untuk setiap kategori yang dijual,” ungkap Christa percaya diri.

Meski begitu, aktifitas seasonal selling yang dijalankan haruslah dilakukan dengan sangat hati-hati. Hal itu dimaksudkan agar setiap aktifitas yang dijalankan tidak membosankan.

Salah satu cara Bobobobo adalah dengan terus memberikan diferensiasi produk dan tampilan desain yang fresh serta menghindari visualisasi yang mainstream.

“Ketika semua orang memberikan gambar simbolis seperti ketupat dan memilih tone warna hijau, kami berusaha memberikan tampilan yang segar dan berbeda dari stereotip,” jelas Christa.

Christa menjelaskan, agar aktifitas seasonal selling yang dijalankan berjalan sukses, kita perlu memberikan produk yang sesuasi dengan season-nya. Selain itu, harga yang ditawarkan lebih sesuai dengan daya beli masyarakat, menemukan channel yang paling efektif, dan mengusahakan partnership/co-promotion dengan perusahaan lain yang memiliki visi sama guna mendapatkan impact yang lebih bagus.

Bobobobo sendiri sangat konsen dengan setiap season yang ada karena memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap penjualan. “Pengaruh seasonal selling sangat kuat. Di saat biasanya e-commerce atau retail melakukan marketing dengan cara creating demand, seasonal selling justru sudah ada demand-nya, tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkannya dengan baik,” imbuh Christa.

Christa mengakui, setiap kali menjalankan aktifitas seasonal selling omzet penjualan yang didapatkannya bisa mencapai lebih dari dua kali lipat.

Tips memanfaatkan seasonal selling untuk meningkatkan penjualan:

Agar aktifitas seasonal selling bisa berjalan sukses, Christa memberikan beberapa tips untuk Anda. Recanakanlah strategi marketing Anda jauh hari sebelumnya, lihat pattern historical what work and what not dari kompetitor.

Kemudian, buatlah sesuatu yang spesial untuk season tersebut, misalnya spesial product, capsule collection khusus Ramadan, dan jangan menampilkan produk yang sama dengan season sebelumnya karena konsumen pasti akan memperhatikan serta menunggu sesuatu yang baru. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.