Meningkatkan Brand Awareness di Ranah Digital

brand 2022Marketing.co.id – Berita Digital | Kemajuan teknologi telah mengarahkan berbagai jenis bisnis untuk melek teknologi digital. Sehingga, tak heran saat ini terdapat divisi marketing digital dalam sebuah perusahaan. Hal ini tentu bertujuan untuk mengenalkan brand dan meningkatkan penjualan dalam bisnis.

Salah satu bagian dari marketing digital adalah teknik Search Engine Optimization (SEO) yang merupakan sebuah teknik bagaimana sebuah konten promosi dapat berada di halaman pertama mesin pencarian, seperti Google, Yahoo, Baidu, dan lain sebagainya.

Lantas, dimanakah letak publisher? Publisher bagian dari marketing digital yang mendistribusikan berbagai konten promosi perusahaan agar dapat dikenal masyarakat. Sebelum membahas seberapa penting peran publisher dalam marketing digital, maka alangkah baiknya jika Anda mengetahui pengertian dari publisher.

Apa Itu Publisher

Dalam digital marketing, publisher menyediakan kapabilitas dan inventaris agar pengiklan dapat menayangkan iklan di aplikasi atau situs website mereka. Dengan kata lain, penerbit dapat berupa situs web atau aplikasi.

Publisher menjual ruang iklan dan sumber daya mereka kepada konsumen (pengembang aplikasi) dan agensi (perusahaan yang menjalankan kampanye iklan untuk pengiklan).

Perbedaan Publisher dan Pengiklan

Pengiklan dapat berupa aplikasi seperti game online atau platform ecommerce atau platform  yang ingin mengirimkan pesan kepada publik. Sedangkan publisher menjadi tempat di mana informasi disajikan kepada audiens yang dapat bekerja yang ingin diubah oleh pengiklan.

Aplikasi dapat menjadi pengiklan dan publisher pada saat bersamaa. Jika aplikasi menyajikan layanan iklannya sendiri sambil mengizinkan iklan, aplikasi tersebut akan menjadi pengiklan dan publisher.

Bagaimana cara marketing digital membeli dan menjual iklan?

Publisher memperoleh pendapatan dari iklan dan penetapan harga berdasarkan empat model penetapan harga, di antaranya:

  1. Cost Per Install (CPI)

Ini adalah cara paling umum untuk membeli atau menjual iklan. Aplikasi yang ingin menambah jumlah pemasangan akan membayar untuk setiap pemasangan baru. Biaya ini akan ditentukan berdasarkan permintaan dan nilai umur yang diharapkan (LTV) dari pengguna baru.

Jaringan akan menerima sebagian dari CPI untuk menemukan publisher terbaik untuk kampanye iklan yang sama dan publisher akan menerima sisanya.

  1. Cost Per Click (CPC)

Dalam model ini, pengiklan membayar sejumlah tertentu untuk setiap klik pada iklan. Model ini tidak sepopuler iklan CPI di kalangan pengiklan karena biaya penyiapan dapat meningkat secara signifikan seiring dengan lebih banyak iklan yang ditempatkan. Namun, model ini akan berguna bagi publisher.

  1. Cost per Action (CPA)

Iklan seperti ini membayar pengiklan setelah pengguna menyelesaikan tugas yang diberikan. Antara lain: berlangganan aplikasi, memainkan game untuk pertama kali atau membeli paket berlangganan.

  1. Cost per mille  (CPM)

Dalam konteks ini, satu mil sama dengan 1.000 iklan. Jika kampanye diarahkan misalnya ke satu brand dan tidak mencoba mendorong pengguna untuk melakukan sesuatu seperti mengunduh aplikasi, mendaftar, atau lainnya, harga per seribu akan dipilih.

Apa Itu Sub-Publisher?

Melalui publisher lain, sub publisher biasanya dapat meningkatkan trafik bagi klien sebagai pihak ketiga. Jika publisher tidak memiliki sumber trafik sendiri, dimana pengiklan bermaksud akan menjalankan kampanye  maka mereka dapat membeli trafik dari publisher lainnya sebagai sub publisher.

Publisher dalam hal ini juga bisa menjadi media placement, dimana pembuatan konten menjadi hal yang sangat penting dalam marketing digital. Layanan posting konten jelas penting karena dapat memberikan banyak manfaat. Alhasil, dalam menerapkan metode di atas diperlukan kerja sama tim yang solid, mumpuni, memiliki skill serta jaringan di media yang luas pada diri publisher.

Salah satu jasa publisher murah  yang memberikan layanan jasa pendistribusian press release, media placement, hingga content writer, dan optimasi SEO TOPublisher. Semua layanan tersebut menjadi indikator untuk meningkatkan SEO sehingga bisa meningkatkan brand awareness.

ToPublisher telah berpengalaman dalam menghandle puluhan klien dalam mempublikasikan press release dan artikel backlink ke media-media online nasional dan daerah dengan Domain Authority (DA) yang tinggi sehingga bisa mendongkrak website atau aplikasi perusahaan.

Keuntungan bekerja sama dengan ToPublisher seperti artikel/konten yang original dapat disediakan sesuai dengan kebutuhan klien. Konsultasi media-media yang akan digunakan oleh klien agar tepat sasaran. Cepat dalam menayangkan artikel/konten klien di media, bahkan dalam hitungan jam sudah tayang.

Kemudian keuntungan lainnya adalah banyaknya referensi pilihan media nasional dan daerah (sekitar 800-an media) yang dimiliki TOPublisher sehingga klien tidak perlu repot-repot mencari. Harga bersaing dan berani memberikan diskon up to 5 persen. Terakhir,  pembayaran after tayang dengan durasi maksimal 14 hari kerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.