Sekolah Ekspor dan Bhinneka.Com Hadirkan Galeri Sekolah Ekspor

Marketing.co.id – Berita Digital | Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) dengan Sekolah Ekspor dan Bhinneka.Com selaku business super ecosystem (B2B) mempersiapkan 1.000 UKM siap ekspor (UKM Indonesia Go Global). Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman, yang turut disaksikan oleh Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

Bhinneka.Com

Chief of Commercial and Omni Channel Bhinneka.Com, Vensia Tjhin mengatakan, bahwa Bhinneka.Com bangga menjadi bagian dari inisiatif ini, bersama Sekolah Ekspor dan APRINDO mempersiapkan serta mendampingi UKM Indonesia hingga siap ekspor. Untuk mencapai tujuan ini, memang diperlukan kerja bersama semua pihak. Secara konkret, program ini mengumpulkan, memberikan bimbingan dan langkah-langkah pengembangan, hingga mengantarkan UKM Indonesia agar terus tumbuh, hingga berkemampuan untuk memasarkan produknya ke luar negeri.

Baca juga: Upaya Bhinneka.Com, Akseleran, dan Avantee Bantu UMKM Naik Kelas

UKM yang ikut serta akan mengikuti proses berjenjang, diawali dengan memperluas pasar secara online lewat Galeri Sekolah Ekspor yang turut diluncurkan, sampai pada akhirnya memiliki kapasitas yang cukup untuk bermain di level global. “Untuk melihat berbagai produk UKM dalam Galeri Sekolah Ekspor, dapat diakses melalui situs Bhinneka.com dengan para Merchant dan keragaman komoditas yang akan bertambah secara berkala,” ujar Vensia .

Ditambahkan Ketua Komite Tetap Pengembangan Ekspor KADIN Indonesia dan Kepala Sekolah Ekspor, Dr. Handito Joewono, adapun tantangan yang dihadapi para pelaku UKM Indonesia cukup beragam. Mulai dari kualitas produk, sustainability untuk kelangsungan bisnis, scalability atau peningkatan ukuran bisnisnya, sampai keterampilan pengelolaan sumber daya dalam memenuhi permintaan dalam maupun luar negeri. Sehingga program ini diharapkan bisa menjadi salah satu modul bagi para pelaku UKM yang siap maju.

“Melalui kerja sama dengan Bhinneka.Com ini para calon eksportir baru dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dari pembelajaran Sekolah Ekspor di awal, kemudian dapat mempersiapkan produk dengan harga dan konten marketing yang baik. Lalu dengan menjadi Merchant di Bhinneka.Com juga memperoleh akses untuk bantuan permodalan bisnis, logistik, dan sebagainya,” ujar dia.

Baca juga: Dukung Physical Distancing, Bhinneka Store Luncurkan #BisaNego

Sekolah Ekspor menggagas program akselerasi ekspor UKM dan UKM Kampus melalui program “6A6A” yaitu 6 (enam) Program Akselerasi dan 6 (enam) langkah strategis atau Arrows. Adapun 6 (enam) Program Akselerasi mulai dari Go Innovative Product, Go International Standard Product, Go Retail, Go Digital, Go Global, dan Go Competitive. Sedangkan 6 (enam) langkah strategis atau Arrows yakni Understanding, Planning, Product Preparation, Promotion and Transaction, Shipment and Documentation, dan Reviewing and Continuous Improvement.

“Tercatat sejauh ini, lebih dari 2.700 UKM dan UKM Kampus dari dalam negeri dan mancanegara yang mengikuti Sekolah Ekspor, dan sebagian di antaranya telah lulus Elementary Level, serta mampu melaju mengembangkan bisnisnya lebih jauh,” tambah Kepala Sekolah Ekspor Dr. Handito Joewono. Dalam kiprahnya sendiri, Sekolah Ekspor memberikan pendampingan mulai dari pemilihan produk, formulasi branding, hingga kurasi komoditas yang dinyatakan layak jual di Galeri Sekolah Ekspor @ Bhinneka.Com.

Pasalnya, industri ekonomi digital dan e-commerce terbukti mampu meningkat drastis terlebih selama pandemi ini. Sebagai gambaran, jumlah Merchant Bhinneka.Com terus meningkat hingga mencapai 30%, padahal mengingat Bhinneka.Com yang fokus ke business-to-business (B2B) dan memungkinkan para pelaku UKM untuk melayani pasar korporasi dan pemerintah yang lebih luas.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.