Sensasi Mobil Balap

Marketing – Ferrari 488 Pista menawarkan performa layaknya sebuah mobil balap, baik saat dikendarai di jalan raya maupun di sirkuit, bahkan saat dikendarai oleh pengendara nonprofesional. 

Ferrari siap menggebrak pasar Indonesia dengan memboyong unit pertama Ferrari 488 Pista. Sesuai namanya, “Pista” yang bermakna “Sirkuit”, mobil supermewah ini mengusung desain sporty dan dibekali teknologi yang diadopsi dari ajang balapan.

Ferrari 488 Pista

“Ferrari 488 Pista adalah sebuah produk yang sangat ditunggu-tunggu oleh klien-klien Ferrari di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia,” kata Indraguna Sutowo, CEO Ferrari Jakarta.

Pengembangan performa mesin, aspek dinamika dan aerodinamis dari Ferrari 488 Pista sendiri terinspirasi pengalaman mobil balap Ferrari dalam motor-sport, yakni Ferrari 488 GTE dan 488 Challenge. Namun, jika dibandingkan dengan 488 GTB, model teranyar ini lebih ringan 90 kg (1.280 kg bobot kering).

Melongok ke dapur pacu, sebagai penerus seri spesial Ferrari, seri 488 Pista menggunakan mesin V8 yang memiliki reputasi dalam hal performa dan handling. Mesin ini menghasilkan daya 720 CV yang merupakan tenaga terbesar di kelasnya (185 hp/l).

Torsi yang lebih tinggi daripada 488 GTB pada semua tingkat putaran mesin, memberikan akselerasi yang bertenaga namun halus serta waktu respons turbo lebih cepat meski terjadi peningkatan daya. Kualitas suara dan intensitasnya lebih tinggi daripada 488 GTB di semua tingkat perpindahan gigi dan pada semua tingkat putaran mesin seiring dengan peningkatan daya yang progresif.

Performa tertinggi dalam berkendara dengan Ferrari 488 Pista dapat mudah dicapai dan dikendalikan dengan adanya sinergi antara pengembangan sisi mekanis dan kontrol dinamis elektronik yang diintegrasikan ke dalam sistem Side-Slip Angle Control versi 6.

SSC 6.0 menggabungkan semua sistem meliputi E-Diff3, F1-Trac, suspensi Magnetorheological (SCM), termasuk Ferrari Dynamic Enhancer (FDE) yang memiliki fitur-fitur pertama di dunia, seperti menggunakan perangkat lunak Ferrari untuk menyesuaikan tekanan rem pada kaliper.

Tambahan tingkat pengendalian ini lebih menyempurnakan kinerja 488 Pista dalam melewati tikungan dan membuat pengendalian mobil menjadi lebih mudah, intuitif, dan mudah ditebak. Alhasil, pengemudi dapat menyatu sepenuhnya dengan mobil dan menghadirkan kombinasi performa ekstrem serta pengalaman berkendara yang sensasional.

Desain Aerodinamis

Desain 488 Pista difokuskan pada konsep aerodinamis fungsional, sementara kokpit dirombak ulang sesuai dengan tema sporty. Solusi balap yang diadopsi adalah S-Duct yang terinspirasi F1, dan desain diffuser depan dengan sudut miring yang dioptimalkan untuk 488 GTE guna menciptakan daya hisap kuat untuk meningkatkan downforce.

S-Duct aerodinamis di bagian depan memberikan kesan visual bagian hidung yang lebih pendek dan menciptakan efek sayap mengambang. Skema warna-warna balap merupakan bagian integral dari desain mobil dan caranya menyatu dengan S-Duct menonjolkan bentuk Berlinetta yang ringkas namun berkesan. Sisi yang kontras pada elemen aerodinamis seperti bemper dan struktur penguat tambahan pada desain.

Generator vortex di bawah bodi mobil juga telah didesain ulang, dan diffuser belakang menggunakan dudukan ganda seperti pada 488 GTE untuk meningkatkan ekstraksi udara dan menghasilkan downforce dibandingkan dengan diffuser tradisional.

Selain itu, spoiler belakang juga dibuat lebih tinggi dan lebih panjang serta bentuknya lebih optimal. Hasil akhir dari semua intervensi ini adalah kenaikan yang mengesankan dalam hal downforce sebesar 20%.

Konsep bagian depan juga tercermin pada spoiler belakang berbentuk ekor lumba-lumba yang disanggah untuk memberi kesan ringan dan efisien, sementara volume bagian belakang menambah kesan bertenaga.

 

Moh. Agus Mahribi

MM.06.2019/W

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.