Serba-Serbi Cicilan Ringan 0% Dari Kartu Kredit

0
2181

cicilan 0%Promo cicilan 0% sering kali diumbar oleh kartu kredit. Baik untuk pembelian produk fashion, elektronik hingga tiket pesawat. Program seperti ini berhasil mengundang minat para konsumennya. Apabila sudah menggunakan embel-embel cicilan 0% pasti konsumen tak ragu berbelanja dengan menggesek kartu kredit miliknya. Tapi, tahukah Anda bagaimana sebenarnya cara kerja program cicilan 0% dari kartu kredit? Mari simak pembahasan di bawah ini!

Apa Itu Cicilan Ringan 0%?

Cicilan Ringan merupakan skema cicilan yang memungkinkan Anda menggunakan kartu kredit untuk melakukan transaksi, dan membayar total harga pembelian dengan angsuran selama beberapa bulan bahkan beberapa tahun. Cicilan ringan 0% adalah cicilan yang memungkinkan hal di atas dilakukan tanpa bunga sama sekali selama periode cicilan. Jadi, di sini tidak ada bunga tertagih atas pembelian produk yang menggunakan program cicilan 0%.

Bagaimana Cara Kerja Cicilan Ringan 0%?

  1. Ketika Anda membeli produk yang bisa diangsur dengan promo cicilan ringan 0% maka tagihan Anda akan berubah. Misalnya, Anda membeli barang elektronik seharga Rp 12 juta dengan program cicilan ringan 0% dari kartu kredit yang Anda miliki. Lalu, Anda mau menggunakan periode cicilan selama 12 bulan. Maka, jumlah tagihan tertagih Anda setiap bulan adalah Rp 12 juta/12 bulan = Rp 1 juta setiap bulan. Anda wajib melunasinya selama 12 bulan atau 1 tahun.
  2. Setelah tagihan datang, Anda wajib melunasi cicilan per bulannya tepat waktu. Pastikan jumlah yang dibayar sesuai dengan tagihan tadi. Berarti Rp 1 juta setiap bulan. Bila Anda membayar sejumlah nominal tersebut dan mematuhi seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku maka Anda tidak akan dikenai bunga satu sen pun.
  3. Pastikan bank penerbit kartu kredit bekerja sama dengan toko-toko dan vendor-vendor yang menawarkan program cicilan ringan 0%. Sehingga Anda bisa mengaplikasikan penawaran menarik ini.

Apakah Manfaat Cicilan Ringan 0%?

Ada dua tipe manfaat yang diperoleh konsumen saat menggunakan program ini. Manfaat tersebut meliputi :

Manfaat Langsung

Kemampuan membayar suatu barang yang telah diidam-idamkan tanpa harus dikenai bunga besar selama periode waktu tertentu. Pembayaran yang dilakukan juga menguntungkan konsumen karena terasa ringan.

Manfaat Tidak Langsung

Konsumen bisa meletakkan uang yang tadinya hendak dibelanjakan untuk membayar total pembelian produk kepada instrumen investasi. Sehingga dengan mencicil, konsumen masih memiliki sisa uang dan bisa digunakan sebagai saldo awal deposito atau membeli emas.

Bagaimana Memperoleh Cicilan Ringan 0%?

  1. Carilah tanda atau papan pengumuman di outlet-outlet yang menawarkan cicilan ringan 0% bagi kartu kredit Anda. Alternatifnya, kunjungi situs bank Anda dan carilah daftar outlet yang bekerja sama dengan bank Anda dalam memberikan cicilan ringan 0%.
  2. Sebelum melakukan pembelanjaan, periksa dahulu persyaratan dan ketentuan yang berlaku yang harus dipatuhi dalam program cicilan ringan 0%.Ada syarat-syarat umum yang diajukan oleh pihak bank, antara lain :
    a. Kategori barang yang dapat dibeli dengan menggunakan program cicilan ringan 0%
    b. Ada minimal pembelian yang harus dipenuhi agar memenuhi syarat
    c. Ada pilihan periode angsuran yang ditawarkan untuk program cicilan. Biasanya pihak kartu kredit memberi pilihan selama 3, 6 dan 12 bulan.
    d. Terdapat biaya administrasi atau biaya angsuran tambahan yang dikenakan untuk program cicilan tersebut (tidak semua kartu kredit)
  3. Setelah Anda setuju dengan syarat dan ketentuan yang diajukan oleh pihak kartu kredit maka lakukan pembelian dengan menggunakan kartu kredit seperti biasa. Pastikan Anda sudah mengajukan pada kasir bahwa hendak mengambil program cicilan ringan 0% dan membayar dengan menggunakan cicilan tersebut.
  4. Setelah terjadi kesepakatan antara Anda dan pihak outlet maka transaksi berhasil. Anda sudah sah menggunakan program cicilan ringan 0%. Langkah selanjutnya yakni pastikan Anda langsung membayar jumlah angsuran pada tagihan kartu kredit berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.