SHOPPERCEPTION: Intip Aktivitas Pelanggan di Rak Penjualan

0
879

Bicara mengenai teknologi memang tidak akan pernah ada habisnya. Seperti yang dilakukan Shopperception misalnya, sebuah perusahaan yang dapat membantu industri ritel.

Shopperception adalah teknologi yang mampu menghasilkan analisa mengenai aktivitas pembeli di depan rak barang pada off-line retail industry. Shopperception menggunakan sensor 3D untuk melacak aktivitas pembeli secara langsung.

Analisis ini kemudian dikirim menggunakan teknologi cloud computing untuk kemudian dibentuk menjadi statistik yang dapat menambah wawasan pebisnis offline retailer. Teknologi ini bahkan dapat dipantau secara langsung, dan ditayangkan dalam bentuk video.

Teknologi Shopperception terbilang cukup simpel, yaitu dengan bantuan MS Kinect sensors. Ya, MS Kinect sensors adalah sensor yang digunakan pada konsol X-box 360 untuk permainan interaktif. Bedanya, sensor ini dibarengi dengan algoritma khusus yang telah dimodifikasi agar mampu diaplikasikan ke dalam dunia bisnis retail.

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=EO1mNA6so70&w=640&h=360]

Contohnya, ketika seorang pembeli memasuki area rak barang, Shopperception akan mendeteksi waktu masuk serta lama waktu kunjungan ke rak tersebut. Sesampainya di rak, sentuhan pembeli pada satu produk juga dapat terdeteksi.

Ketika pembeli memegang permen misalnya, Shopperception dapat mendeteksi permen apa yang diambil. Atau ketika pembeli mengambil permen dari rak, kemudian batal dan menaruhnya kembali, Shopperception mampu merekam lengkap semua kejadian ini.

Analisa dari Shopperception bisa jadi sangat penting bagi para pebisnis ritel atau mungkin pemilik brand yang menjual produknya pada off-line retailer. Catatan-catatan seperti pada hari apa penjualan maksimal, berapa waktu yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan pembelian, rak barang apa yang paling ramai, tentu merupakan hal-hal yang perlu diketahui dalam merencanakan strategi pasar.

Teknologi seperti ini mengurangi durasi yang dibutuhkan untuk melakukan analisa secara manual dengan pengamatan manusia, yang belum tentu akurat pula. Dengan Shopperception semua rak dapat diamati dengan seksama sehingga analisa dapat dilakukan secara menyeluruh.

Kedepannya, semoga saja dengan adanya teknologi semacam ini produsen dan pebisnis off-line retailer semakin mengerti apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh konsumennya.

 

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.