Siapa Penggerak Utama Aktivitas Jual-Beli Online Indonesia?

jual beli onlineMenyambut Hari Kartini, Tokopedia.com merilis hasil riset mengenai kontribusi demografi pengguna situsnya terhadap aktivitas jual-beli online sepanjang kuartal pertama (Q1) 2014.

Sepanjang kuartal pertama tahun 2014 (Januari – Maret 2014), sebanyak 5,3 juta barang terjual di Tokopedia. Menariknya sekitar 66,28% dari produk tersebut dibeli oleh pembeli wanita, dan 55,75% produk tersebut dijual oleh penjual wanita.

Dari transaksi tersebut, kontribusi nominal uang yang dibelanjakan sebanyak 61,1% berasal dari pembeli wanita, sementara kontribusi nominal uang yang didapatkan penjual sebanyak 53,65% diperoleh penjual wanita.

Jika dilihat dari segi usia, pembeli wanita dengan usia 20-29 tahun memiliki kontribusi tertinggi dengan persentase 46,33%. Sisanya sebanyak 39,76% dilakukan oleh wanita berusia 30-39 tahun.

Sementara penjual wanita didominasi 50,66% oleh usia 20-29 tahun, disusul 41,82% oleh usia 30-39 tahun.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aktivitas pembelian maupun penjualan cenderung didominasi oleh wanita. Kategori produk yang mendorong terjadinya tren tersebut antara lain pakaian, fashion & aksesoris, kecantikan, kesehatan, perlengkapan bayi, dan gadget & aksesorisnya.

Sementara dari sisi penjual, kelebihan penjual wanita adalah kedekatan personal. Umumnya penjual wanita memiliki pengetahuan lebih karena mereka pernah menggunakan beberapa produk dalam kebutuhan sehari-hari, sehingga dapat memberikan pengetahuan produk yang lebih personal.

Faktor utama yang mendorong dominasi aktivitas jual-beli yang dilakukan wanita, yaitu belanja online yang saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup.

Dari riset lebih dalam diketahui bahwa para pembeli dan penjual tersebut berasal dari beragam profesi antara lain ibu rumah tangga, mahasiswi, pegawai swasta maupun pegawai negeri, hingga pemilik usaha kecil menengah.

Umumnya selain membeli produk untuk kebutuhan pribadi atau hadiah, sebagian juga membelinya untuk dijual kembali pada platform lain seperti sosial media, serta berbagai platform chat populer.

Tokopedia.com yakin wanita Indonesia sebagai Kartini modern mampu menjadi penggerak roda ekonomi bangsa melalui aktivitas jual-beli online. Setujukah Anda dengan demografi dari Tokopedia.com tersebut?

Editor: Wahid FZ, Sekar Ayu

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.