Siasati Belanja Pintar saat Menjalani Normal Baru

Marketing.co.id – Berdasarkan data Bank Indonesia, transaksi menggunakan instrumen pembayaran digital selama Maret 2020 meningkat 67,9% atau sebesar Rp 15,03 triliun dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu, yakni Rp 8,95 triliun. Hal ini diiringi dengan sikap masyarakat yang menjadi lebih kritis terhadap pengeluaran belanja pribadi maupun rumah tangga. Untuk itu, PermataBank mengajak masyarakat untuk tetap logis dan bijak dalam berbelanja dengan memanfaatkan PermataKartuKredit sebagai alat smart shopping di tengah masa yang terbatas.

PermataKartuKredit
PermataBank mengajak masyarakat Indonesia terapkan smart shopping untuk menjaga sehatnya cashflow di masa normal baru.

Bank Indonesia merilis data bahwa sepanjang bulan Maret 2020 pertumbuhan transaksi pada e-commerce meningkat sebesar 18,1% yakni sebanyak 98,3 juta transaksi. Salah satu instrumen perbankan yang praktis dan
dapat menunjang aktivitas berbelanja secara daring adalah fasilitas kartu kredit. Tak hanya dapat diakses setiap saat, pengguna juga dapat memaksimalkan keunggulan yang dimiliki oleh kartu kredit seperti keuntungan tambahan saat bertransaksi, fungsi dana darurat, serta kemudahan mengelola pengeluaran dan anggaran belanja.

Baca Juga: 4 Tips Menghindari Pencurian Data Pribadi Via Kartu Kredit

Djumariah Tenteram, Direktur Retail Banking PermataBank memaparkan, mudahnya proses berbelanja non-tunai yang ditawarkan oleh sistem pembayaran digital membuat masyarakat perlu lebih cerdas dalam mengatur pengeluaran. Salah satunya adalah berbelanja secara lebih logis dengan menentukan skala prioritas.

“PermataKartuKredit mendukung smart spending dengan memberikan beragam opsi bagi nasabah untuk dapat berbelanja dengan harga yang paling sesuai dan keuntungan lain yang dapat dimaksimalkan. Hal ini merupakan
bentuk komitmen PermataBank untuk membantu masyarakat agar tetap dapat memenuhi kebutuhan pokok bulanan dengan di masa new normal,” papar dia.

Berikut ini beberapa tips dan trik agar dapat berbelanja secara pintar dengan PermataKartuKredit sebagai alat bantu smart shopping di masa new normal:

1. Menyusun Anggaran dan Skala Prioritas Belanja
Sebelum berbelanja, susun anggaran sesuai dengan pendapatan bulanan dan tentukan skala prioritas. Pastikan daftar belanja yang telah disusun berisi kebutuhan pokok dan perlengkapan yang benar-benar dibutuhkan dan cukup untuk digunakan untuk satu bulan. Hal ini membantu kita terhindar dari membeli barang-barang yang tidak diperlukan atau impulsive buying.

2. Memaksimalkan Keuntungan dalam Kartu Kredit
Salah satu keunggulan kartu kredit yaitu memberikan beragam keuntungan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dalam berbelanja. Tiap jenis PermataKartuKredit memiliki keunggulannya masing-masing.

3. Memberikan Keamanan Transaksi
Maraknya penyalahgunaan transaksi online menjadi pertimbangan utama dalam memilih alternatif pembayaran ketika berbelanja. Mulai 1 Juli 2020, berdasarkan peraturan Bank Indonesia transaksi Kartu Kredit
wajib menggunakan PIN. Tanpa PIN transaksi akan ditolak.

Baca Juga: AKKI dan Visa Gencarkan Aktivasi PIN Kartu Kredit

4. Mengontrol Pengeluaran Belanja
Mengatur cashflow dalam berbelanja merupakan salah satu kunci penting dalam menerapkan smart shopping. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan fitur cicilan dengan jangka waktu tertentu. Tentunya, ini dapat memenuhi kebutuhan segera tapi pembayaran tidak perlu dilakukan sekaligus di depan.

5. Disiplin Membayar Tagihan
Khusus di PermataKartuKredit memberikan layanan Bills to Pay untuk memudahkan pembayaran tagihan bulanan seperti Telkom, PLN, PAM, dan sebagainya dimana pembayarannya sudah otomatis masuk ke tagihan PermataKartuKredit sehingga tidak perlu khawatir lagi lupa bayar dan akhirnya bisa dikenakan biaya keterlambatan pembayaran dari provider.

Selain itu, tagihan bulanan dapat dibayarkan dengan mudah melalui aplikasi PermataMobile X, tidak harus datang ke cabang atau ATM. Di aplikasi ini juga dapat mengajukan cicilan 0% hingga 12 bulan, mengajukan dana tunai untuk kebutuhan darurat, serta pengajuan kartu tambahan untuk keluarga.

Marketing.co.id | Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.