Sony Vaio Seri T Bidik Pebisnis

MARKETING – Jakarta – Beberapa waktu lalu Presiden Direktur Sony Indonesia Satoru Arai mengatakan ada tiga produk Sony yang memberikan kontribusi besar bagi pendapatan PT Sony Indonesia.

Tiga produk itu adalah notebook Vaio, kamera digital CyberShot, dan televisi Bravia.

Menurut Arai, Sony mendapat keuntungan terbesar dari penjualan perangkat Vaio. Lini notebook ini mengalami peningkatan hingga 70 persen pada 2011 dibandingkan penjualan pada 2010 lalu. Sayangnya, Arai tidak membeberkan secara lebih rinci kontribusi penjualan kamera CyberShot dan televisi Bravia.

Mengenai produk Vaio sendiri, belum lama ini PT Sony Indonesia meluncurkan produk Sony VAIO seri T yang menyasar segmen konsumen pebisnis. Menurut Leo, segmen konsumen bisnis netbook mengutamakan kepraktisan dalam bekerja yang berupa kelengkapan fitur koneksi dibanding produk komputer jinjing tipis.

“VAIO seri T memang tidak setipis Ultrabook karena produk ini memang tidak mengorbankan konektivitas ke perangkat lain seperti ethernet, monitor meja, ataupun proyektor,” kata Pemimpin Penjualan VAIO dan Tablet Sony Indonesia, Leo Marathon, di Jakarta.

Sementara itu, penjualan notebook Vaio pada semester 1 tahun 2012 meningkat 50 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. “Pertumbuhan Vaio ini karena produk sudah tumbuh di kota-kota kecil, seperti Malang, Balikpapan. Tahun lalu kami turun di kota pertama, sekarang kami sasar kota kedua,” ujarnya.

Ia berharap penjualan produk Vaio tahun ini dapat melejit lebih dari 50 persen. “Kami mengharapkan pertumbuhan penjualan VAIO melampaui pertumbuhan pasar netbook secara umum,” imbuh Leo.

Dipasaran, VAIO seri T, ditawarkan pada kisaran harga Rp9 juta hingga Rp11 juta dengan variasi ukuran 13,3 inci dan 11,6 inci.

Dalam hal spesifikasi produk, fitur konektivitas pada VAIO T antara lain VGA, USB 3.0, USB 2.0, High-Definition Multimedia Interface (HDMI), dan lubang kartu secure digital (SD). Sony VAIO seri T berlayar 13,3 inci mempunyai ketebalan 0,71 inci, panjang 12,72 inci, dan lebar 8,90 inci yang dilengkapi baterai berkapasitas 4050 miliampere-hour (mAh).

Adapun produk dengan desain kemasan menyerupai MacBook Apple ini, ditawarkan dengan dua pilihan prosesor, Intel Core i5 dan Intel Core i7 dan lima pilihan kapasitas ruang penyimpanan–320 GB HDD, 500 GB HDD, 128 GB SSD, 256 GB SSD, dan 512 SSD. (Harry Tanoso/Majalah MARKETING)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.