Spaceship Campus Apple

0
777

 Ide Spaceship Campus pertama kali disampaikan oleh Steve Jobs beberapa bulan sebelum ia meninggal pada 5 Oktober 2011. Pada perjalanannya, ternyata proyek ini harus tertunda beberapa saat dan kemudian mengharuskan perusahaan untuk mengubah jadwal.

  Awalnya pembangunan markas tersebut direncanakan  selesai pada tahun 2015. Tapi ternyata mundur setahun karena Apple terlambat dalam menyampaikan set kedua rencananya.

  Perusahaan berharap untuk memecahkan tanah di kampus tersebut pada akhir tahun 2012 lalu, tapi itu mungkin tidak akan terjadi hingga 2014 karena Apple tidak mengajukan usulan revisi sampai November. Hal tersebutlah yang kemudian membuat rencana pembukaan Spaceship Campus harus ditunda hingga pertengahan 2016.

  Arsitek Foster + Partners bekerja sama dengan ARUP Amerika Utara dan Kier & Wright, — sebuah perusahaan di bidang teknik lingkungan yang telah membuat bangunan untuk sejumlah perusahaan di bidang teknologi, seperti Nvidia dan Cisco, – kini ditunjuk kembali setelah sukses dengan pembangunan kantor Apple yang sebelumnya.

“It’s all curved. We’ve used our experience making retail buildings all over the world now, and we know how to make the biggest pieces of glass in the world for architectural use. And, we want to make the glass specifically for this building here. We can make it curve all the way around the building… It’s pretty cool,” ujar Foster semangat.

  Tanah 2,8 juta m2 bukanlah sebuah daerah yang sempit. Di tanah ini akan dibangun sebuah markas raksasa Apple yang dikondisikan untuk menampung 13.000 pekerja. Markas ini adalah sebuah bangunan melingkar yang seluruhnya terbuat dari kaca melengkung yang akan dikelilingi oleh banyak pohon.

  Penanaman pohon di wilayah bangunan ini bahkan akan menambah jumlah pohon yang awalnya sebanyak 3.400 menjadi 6.000 pohon. Beberapa fasilitas spaceship campus ini, diantaranya:

– Auditorium Perusahaan dengan 1.000 kursi

– Corporate Fitness Center

– Fasilitas penelitian yang  luasnya sekitar 300.000 kaki persegi

– Pabrik di bagian tengah

– Associated Parkir

“It’s a pretty amazing building, It’s a little like a spaceship landed. It’s got this gorgeous courtyard in the middle… It’s a circle,” tutur Steve Jobs kepada Dewan Kota Cupertino. (Karin Annisa Amalia)

( Sumber : www.cultofmac.com, www.usatoday.com dan www.ibtimes.com )

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.