Strategi Memaksimalkan Momen Spesial untuk Lebarkan Sayap Bisnis

Seasonal Marketing: 3 Strategi Jitu Maksimalkan Momen Spesial untuk Lebarkan Sayap Bisnis

Marketing.co.id – Berita UMKM | ShopeePay Talk kembali hadir secara spesial menyambut bulan Ramadan 2022 dan mengajak para pelaku bisnis untuk memaksimalkan momen spesial dalam membangun kedekatan dengan konsumen.

Mengangkat tema ‘Sambut Momentum, Bisnis Makin Untung’, ShopeePay Talk kali ini dihadiri Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay, Vico Lomar, CEO & Co-Founder Fore Coffee, Renny Rantika, CEO & Co-Founder Ayam Keprabon Express dan Septian Bramandita, Entrepreneur & Digital Marketing Strategist, yang ikut berbagi wawasan mengenai strategi dan perencanaan dalam mengoptimalkan berbagai momen spesial yang dapat diterapkan oleh para pelaku bisnis.

Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay mengatakan, sederet momen spesial yang ada di sepanjang tahun kerap diantisipasi dan menjadi daya tarik bagi masyarakat. Hal ini tentunya merupakan peluang yang dapat dimaksimalkan oleh bisnis untuk semakin mempererat hubungan dengan konsumen.

“Memahami hal ini, ShopeePay berusaha mengakomodasi mitra merchant dalam memaksimalkan momentum tersebut melalui rangkaian program dan kampanye khusus, salah satunya kampanye ShopeePay Big Ramadan Deals. Dengan berbagai penawaran menarik di momen spesial, kami harap ShopeePay dapat terus mendukung merchant untuk melebarkan sayap bisnisnya, sekaligus memberikan kepuasan dan lebih banyak kemeriahan bagi konsumen di tanah air,” ujarnya.

Menilik lebih jauh, berikut sejumlah tips inspiratif yang dapat dilakukan pelaku bisnis dalam memaksimalkan momen spesial.

Baca peluang dan rencanakan program yang relevan untuk sambut momen spesial

Memetakan momen spesial sepanjang tahun memang menjadi kunci utama yang umum dilakukan. Meski demikian, bisnis juga perlu menyadari bahwa pola pikir fleksibel dan terbuka juga perlu diterapkan, terlebih di tengah perkembangan tren konsumen yang dinamis.

Renny Rantika, CEO & Co-Founder Ayam Keprabon Express menuturkan, meski menu andalannya adalah ayam geprek, namun ia selalu berusaha berinovasi agar tetap relevan di mata masyarakat. Untuk itu, walau telah membuat perencanaan sejak awal tahun, Ayam Keprabon Express selalu berusaha jeli melihat peluang momen spesial yang bisa dimanfaatkan.

“Dalam pelaksanaannya, kami pun berusaha selalu fleksibel memahami bahwa setiap kota memiliki karakteristik dan tren konsumen yang berbeda. Tidak hanya melalui media sosial, kami juga melakukan pendekatan lain seperti gimmick di gerai offline, kolaborasi dengan brand lain, hingga menghadirkan kemasan spesial. Di Ramadan 2022, kami pun melihat kampanye ShopeePay Big Ramadan Deals sebagai peluang bagi kami untuk semakin memeriahkan momen spesial Ramadan bersama konsumen,” ujarnya.

Konsisten usung brand value dan berani gagaskan ide momen spesial 

Di tengah maraknya program promosi yang dilakukan saat perayaan momen spesial, penting bagi bisnis untuk tetap tampil berbeda agar menarik perhatian konsumen. Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan agar tetap stand out adalah dengan mengombinasikan karakteristik serta value yang diusung bisnis dengan segmentasi konsumen yang hendak disasar. Pendekatan ini bukan hanya memperkuat persona bisnis yang konsisten, namun juga membangun kedekatan emosional serta loyalitas konsumen terhadap bisnis.

Vico Lomar, CEO & Co-Founder Fore Coffee menjelaskan, “Dalam merencanakan kampanye momen spesial, Fore Coffee senantiasa berpegang teguh pada value yang kami miliki, sehingga karakter kami sebagai brand pun akan tercermin dalam kampanye yang terlaksana. Melalui nilai-nilai tersebut, kami berhasil menghimpun basis konsumen loyal dan akhirnya Fore Coffee dapat menciptakan sendiri momen-momen spesial yang bisa dirayakan bersama. Contohnya, saat perayaan hari jadi Fore Coffee, kami meluncurkan inovasi produk spesial limited edition dan aktivitas engagement yang berkolaborasi bersama figur publik. Respon positif konsumen yang di luar ekspektasi mendorong kami untuk terus memegang teguh value dan karakter yang kami miliki. Pendekatan tersebut juga kami tuangkan dalam menyambut bulan Ramadan tahun ini melalui peluncuran menu minuman spesial Ramadan dan rangkaian koleksi hampers.”

Maksimalkan kolaborasi untuk promosi yang makin efektif

Kolaborasi dapat menjadi salah satu solusi bagi bisnis yang ingin memperluas visibilitas di tengah perayaan momen spesial, terutama bagi pelaku UMKM yang memiliki sumber daya terbatas. Melalui kerja sama dengan pihak lain yang kredibel, pebisnis dapat menjangkau pasar yang lebih luas dengan upaya yang lebih sederhana.

Menutup sesi diskusi ShopeePay Talk Spesial Ramadan: Sambut Momentum, Bisnis Makin Untung, Septian Bramandita, Entrepreneur & Digital Marketing Strategist menegaskan, “Tidak bisa dipungkiri bahwa strategi marketing di momen spesial kadang membutuhkan effort lebih, baik modal maupun tenaga serta waktu. Di tengah industri yang semakin terbuka saat ini, pelaku bisnis dapat mengeksplorasi peluang kolaborasi bersama pihak lain yang telah memiliki basis pasar, misalnya figur publik yang relevan atau pun brand seperti ShopeePay yang kerap menyelenggarakan kampanye di momen-momen spesial. Dengan begitu, bisnis dan UMKM dapat mengakselerasi bisnis dan membangun loyalitas konsumen, serta tetap eksis di berbagai kesempatan.”

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.