Strategi Scotch-Brite™ Menantang Konsumen

Scotch_AlfiaMarketing.co.id – Ada banyak pemain di kategori produk alat kebersihan rumah. Untuk memenangkan pasar, Scotch-Brite™ pun menggelar program kampanye yang bersifat experience. Hasilnya?

Tak bisa dipungkiri, aktivitas keseharian kaum urban semakin padat dan beragam, ditambah lagi dengan lamanya waktu yang dihabiskan di jalan karena tingginya tingkat kemacetan—terutama di kota besar. Pada akhirnya, rumah pun tidak terawat kebersihannya. Padahal, sejatinya rumah tak hanya sebagai tempat untuk beristirahat, tapi juga untuk berkumpul dan bercengkrama bersama keluarga.

Rumah yang bersih dan terawat adalah rumah yang bebas debu dan tampak baru sehingga terlihat bersinar, higienis; memiliki ventilasi baik sehingga sirkulasi udara lancar; dan pengaturan perabotannya tepat sehingga tampak rapi. Untuk itu, Scotch-Brite™ pun gencar mengedukasi masyarakat terkait hal tersebut melalui program “Tantang Donna Ciptakan Rumah Bersih Terawat!”.

“Setelah sukses diselenggarakan tahun lalu, kami melanjutkan kembali kampanye ‘Rumah Bersih Terawat’. Program ini akan diselenggarakan pada 1 April hingga 31 Agustus 2013, dengan mengajak keluarga Indonesia membiasakan membersihkan rumah menggunakan alat pembersih yang tepat sehingga memberikan hasil bersih,” kata Alfia Wardah, Division Head Home Care Division Consumer Business PT 3M Indonesia.

Serangkaian aktivitas dilakukan sebagai bagian dari program “Tantang Donna Ciptakan Rumah Bersih Terawat!”. Konsumen dapat mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya dengan mengirimkan kemasan produk Scotch-Brite™. Pemenang utama yang mendapatkan poin terbanyak berhak mendapatkan hadiah umroh gratis dan kunjungan Donna Agnesia untuk membersihkan rumah.

Untuk sosialisasi pengumpulan poin kampanye “Tantang Donna Ciptakan Rumah Bersih Terawat!”, Scotch-Brite™ mengadakan roadshow edukasi konsumen di enam kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Medan. Roadshow tersebut akan diisi dengan banyak acara seperti talkshow interaktif, kegiatan memasak bersama Chef Ken (MasterChef Indonesia), dan kompetisi mewarnai untuk anak.

“Kami melakukan roadshow tersebut di pusat perbelanjaan modern seperti mal, dengan tujuan konsumen bisa melihat dan mencoba produk-produk Scotch-Brite™. Selain menempatkan agen representatif, penjualan dengan harga diskon, dan promo pun dilakukan, misal beli satu set sapu mendapatkan satu sapu nilon. Jadi, kami memberikan experience kepada konsumen untuk mencoba produk-produk keluaran Scotch-Brite™,” kata Alfia.

Sementara itu, experience lain yang ditawarkan Scotch-Brite™ adalah mengunjungi area residensial di beberapa kota besar di Indonesia. Sama seperti roadshow di mal, Scotch-Brite™ pun menggelar beragam acara—termasuk senam pagi dan bazar. Tujuannya tak hanya mengedukasi masyarakat, tapi juga meningkatkan brand awareness.

Tentunya, cara tersebut efektif mengingat ada banyak kompetitor yang merangsek di pasar ini. Scotch-Brite™ tidak hanya bersaing dengan merek lokal, tapi juga dengan produk non-branded. Scotch-Brite™ sendiri berada dalam naungan PT 3M Indonesia yang beroperasi sejak tahun 1975. Saat ini, sudah beroperasi di 65 negara dan melayani lebih dari 200 negara.

Sebagai produk alat kebersihan rumah, Scotch-Brite™ kerap dianggap memiliki harga premium dibanding kompetitor. Alfia pun menegaskan, Scotch-Brite™ menyasar semua kalangan yang memang membutuhkan produk pembersih berkualitas. Dilihat dari sisi harga, Scotch-Brite™ memang lebih tinggi dibanding produk sejenis, namun Alfia mengklaim bahwa masa pakai Scotch-Brite™ lebih panjang.

“Sebenarnya, jika dihitung antara harga yang kami tawarkan dengan masa pakai produk, semisal sabut hijau Scotch-Brite™, itu sangat terjangkau. Kami juga menawarkan rangkaian produk kebersihan rumah tangga lengkap yang praktis dan inovatif untuk seluruh ruangan di rumah,” ujar dia.

Untuk itu, Scotch-Brite™ pun tak henti melakukan kegiatan komunikasi. Selain meluncurkan tayangan TVC dengan bintang iklan Donna Agnesia, media komunikasi lain pun digunakan seperti print ad, brosur, dan sebagainya. Terlihat sekali Scotch-Brite™ menggempur pasar dan membangun awareness masyarakat dari semua lini—baik above the line maupun below the line.

“Tentunya, kami mengharapkan bahwa kegiatan membersihkan rumah dapat dilakukan oleh seluruh anggota keluarga. Jika perlu, pembagian tugas dapat ditentukan dengan melihat tingkat kesulitan, prioritas, ataupun urgensi. Sementara itu, kami sudah menyiapkan produk-produk yang dapat membersihkan rumah secara efektif, cepat, dan aman,” ujar Alfia.

Lambat laun, program yang digelar Scotch-Brite™ bisa jadi memberikan hasil signifikan dari sisi pertumbuhan sales. Semakin banyak masyarakat yang mengikuti program “Tantang Donna Ciptakan Rumah Bersih Terawat!”, potensi penjualan pun semakin besar.

FOTO: Asep Toni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.