Sudah Bekerja Keras Tapi SEO Belum Maksimal? Coba Terapkan Ini

8
1115

Sudah memaksimalkan keyword pada konten dan desain web agar menunjang SEO, tapi SEO masih belum terasa maksimal? Mungkin ada beberapa hal yang belum Anda praktikkan. Ingat, bukan hanya situs Anda yang ingin menjadi nomor satu di mesin pencari, banyak pula web lain yang bahkan lebih bonafit.

SEOLalu bagaimana bila Anda ingin SEO maksimal? Berikut adalah daftar yang perlu Anda perhatikan:

1.       Deskripsi ALT

Gunakan deskripsi ALT pada gambar yang akan Anda tampilkan. Caranya, Anda bisa menambahkannya di ALT text pada kolom properties. Selain memperkuat SEO web, cara ini juga akan membantu pengunjung web Anda memahami apa isi gambar, bahkan bila gambar tersebut tidak bisa tampil.

2.       Anchor text

Buat yang belum tahu, anchor text adalah judul yang Anda buat untuk sebuah hyperlink atau label yang berhubungan dengan artikel Anda. Namun tentunya harus berhubungan dengan link tersebut.

3.       Gunakan bold dan underline

Karena kata yang dimiringkan/tebalkan biasanya dianggap kata penting, maka keyword yang Anda beri efek miring atau tebal juga dinilai lebih berat oleh mesin pencari karena penting, ketimbang bila hanya menampilkan keyword dengan huruf yang normal.

4.       Jangan gunakan flash

Memberi tambahan flash pada halaman web Anda mungkin tidak bermasalah, tapi jangan sekali–kali menggunakannya pada elemen navigasi. Elemen navigasi lebih baik menggunakan teks saja. Ini akan mudah dilihat oleh mesin pencari ketimbang penggunaan animasi flash.

5.       H1 tag

Sebisa mungkin, buatlah agar satu halaman web Anda hanya memiliki satu keyword. Ingat, hanya satu.

6.       H2 dan H3 tags

Gunakan ini untuk teks anak judul. Ini merupakan subjudul tag yang kaya akan keyword.

7.       Judul gambar

Meski Anda mencari gambar dari Google atau manapun, usahakan untuk mengubah judul gambar yang sesuai dengan keyword Anda.

8.       Internal link

Membuat internal link yang sesuai dengan keyword akan membuat SEO Anda semakin kuat. Tak hanya itu, ini juga akan membantu pembaca untuk menelusuri tautan yang bersangkutan. Jadi rating web Anda pun semakin meningkat karena jumlah kunjungan ke web Anda.

Hanya dua hal yang dapat membuat rating web Anda terus melonjak, pertama, membuat tulisan yang bermutu, yang lainnya adalah memaksimalkan SEO.

 

Sumber: Ragan.com

8 COMMENTS

    • Selain SEO, sebenarnya bisa juga dengan beriklan di Google atau Facebook, tapi itu membutuhkan biaya. Sedangkan SEO, bisa gratis kalau kita sudah memahaminya. 🙂

  1. Cara diatas adalah dasar dasar SEO sangat mampu membuat robot search engine memahami isi Website tersebut. Bila tingkat persaingan sangat sulit, sebaiknya pemilik situs diskusi dengan ahli SEO, agar hasilnya lebih maksimal dan untuk menghindari salah optimasi yang dapat berakibat fatal.

    • Yup, benar sekali, atau dengan beriklan agar lebih efektif. Di atas hanya garis besar yang sekiranya bisa memberi gambaran. Selengkapnya tentang SEO bisa dengan membaca majalah digital Youth Marketers bertema SEO, atau mungkin ada yang ingin berbagi pengalaman? Kami akan sangat berterima kasih sekali.

  2. saya mau tanya apakah fokus kata kunci yang kita inginkan menjadi kompetisi dengan web lainnya.
    jika memang benar ada, adakah cara untuk menganalisanya.

    mohon pencerahannya.

    • Kata kunci yang ampuh itu biasanya yang sesuai dengan tren, atau yang paling banyak dicari di google. Sebelumnya Anda bisa memantau itu di google trend. Lainnya, Anda bisa mengira-ngira, keyword seperti apa yang sekiranya sering diketik oleh mereka yang mencari sesuatu di google biar lebih efektif.

      Contoh: Mobil Murah, Cara Memikat Wanita, atau lain sebagainya sesuai dengan pembahasan Anda.

      Terima kasih. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.