Sukses Ajak UMKM Panen Omset, SIRCLO Adakan Hari Apresiasi LokaLokaL

0
13

Sukses ajak UMKM panen omset, SIRCLO berkolaborasi dengan Smesco Indonesia dan Digital Hub adakan Hari Apresiasi LokaLokaL

Marketing.co.id – Berita UMKM| Hari apresiasi LokaLokaL resmi menutup serangkaian program pemberdayaan UMKM SIRCLO yang telah sukses dilaksanakan sepanjang tahun 2022, yaitu Panen Omset dan JaLan (Jago Jualan). Selain memberikan penghargaan kepada peserta terpilih dari kedua program tersebut, LokaLokaL juga menjadi wadah promosi produk juara UMKM Indonesia ke masyarakat melalui bazar offline.

Komisaris SIRCLO Group Triawan Munaf mengatakan, memasuki era pasca pandemi kita dapat mengamati stabilisasi tren pemulihan ekonomi dan prospek tahun 2023 dengan optimis. Kondisi ekonomi saat ini dapat dikatakan cukup menguntungkan bagi para pelaku UMKM sebagai salah satu pilar ekonomi yang turut menopang PDB Indonesia dan memegang peran strategis dalam sektor produksi, penciptaan lapangan pekerjaan, pengentasan kemiskinan, inovasi hingga pertumbuhan ekonomi.

Untuk dapat menghadapi ancaman atau perubahan yang tidak dapat diprediksi, lanjutnya, pelaku UMKM perlu memiliki pola pikir yang resilien serta kemampuan mengeksplorasi produk yang menjawab permintaan pasar. Selain itu, diperlukan terobosan inovatif serta sinergi yang apik antara pemerintah dan pelaku UMKM agar dapat menembus pasar global.

“Dalam hal ini, saya melihat SIRCLO dapat mengambil bagian dalam pemberdayaan dan peningkatan daya saing UMKM yang direalisasikan melalui penyelenggaraan LokaLokaL. Dengan diadakannya acara ini, besar harapan saya bahwa para pelaku UMKM bisa mendapatkan pendampingan dan pelatihan secara langsung dari pakar di bidangnya serta meningkatkan performa bisnis dengan memanfaatkan berbagai layanan digital yang ditawarkan SIRCLO, jelasnya.

Pada Juni 2022 lalu, SIRCLO mengumumkan peluncuran program Panen Omset yang berkolaborasi dengan Smesco Indonesia. Panen Omset merupakan rangkaian program edukasi dan pendampingan digitalisasi yang ditujukan untuk pelaku UMKM dari berbagai sektor bisnis. Program ini telah diselenggarakan di 11 kota termasuk Jakarta, Bogor, Depok, Bandung, Cirebon, Tasikmalaya, Yogyakarta, Semarang, Solo, Malang dan Surabaya. Diikuti oleh lebih dari 600 peserta, program ini berhasil mendorong pelaku UMKM untuk meningkatkan skala usaha serta memperluas jangkauan pasar melalui kanal online.

Tidak hanya itu, untuk membantu lebih banyak UMKM go online, melalui program Panen Omset ini, SIRCLO sekaligus secara resmi memperkenalkan Cekatan (Check-Out Satu Halaman), sebuah fitur baru dari layanan pembuatan toko online SIRCLO Store yang memungkinkan pengguna membuat toko online secara singkat hanya dalam 5 menit. Dengan adanya fitur ini, para pelaku UMKM, terutama yang baru menjajaki bisnis dan memiliki sedikit variasi produk, dapat menampilkan katalog produk secara instan tanpa membutuhkan kemampuan coding maupun keahlian mendesain website.

Direktur Smesco Indonesia Leonard Theosabrata mengatakan bahwa kolaborasi perdana Smesco Indonesia dengan SIRCLO sukses menghasilkan pengembangan fitur teknologi yang instan, mudah, dan sederhana.

“Kami sangat mengapresiasi antusiasme dari teman-teman UMKM Smesco yang telah berpartisipasi dalam program ini. Kami harap kedepannya akan ada semakin banyak sarana bagi UMKM untuk naik kelas melalui program serta solusi teknologi terbaik dari SIRCLO yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM untuk meningkatkan bisnis dan omsetnya,” katanya.

Selain program Panen Omset, program JaLan (Jago Jualan) bareng SIRCLO juga menuai kesuksesan serupa. Program ini merupakan acara yang rutin diadakan SIRCLO Store yang bertujuan untuk meningkatkan performa penjualan pelaku usaha serta menghadirkan transformasi digital dengan mudah dan simpel melalui ekosistem SIRCLO Store.

Program JaLan bareng SIRCLO diikuti lebih dari 200 pelaku UMKM yang mayoritas bergerak di bidang Food and Beverage (FnB). Melalui program ini, SIRCLO menginisiasi kolaborasi pertama yang mendukung AMD Indonesia, perusahaan prosesor ternama, melakukan penetrasi pasar ke pelaku UMKM.

Sebagai acara penutup dari program pemberdayaan UMKM SIRCLO, LokaLokaL terbagi menjadi beberapa rangkaian acara termasuk bazar dan sesi penghargaan. Bazar LokaLokaL terdiri dari 15 tenant terbaik yang dikurasi berdasarkan pemenang lomba Panen Omset dan Jalan Bareng SIRCLO, merchant dan partner SIRCLO Store yang berkesempatan untuk mempromosikan produknya. Pada puncak acara, SIRCLO memberikan penghargaan kepada 5 peserta terpilih yang sudah memenuhi dan melampaui kualifikasi standar dari Program Panen Omset dan JaLan Bareng SIRCLO.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.