Surga – Surga Bawah Air di Taman Nasional Komodo (1)

0
1118

www.marketing.co.id – Bukan hanya terkenal akan reptil purba bernama Komodo saja, tetapi keindahan bawah laut di Taman Nasional Komodo juga sudah tersebar ke seluruh dunia. Banyak fotografer bawah air dunia, sudah pernah menginjakkan kaki dan melihat sendiri surga bawah lautnya.

Pada tulisan sebelumnya ( Menyelami Surga di Kerajaan Para Naga ), penulis sudah menjelaskan secara umum tentang wisata penyelaman di Taman Nasional Komodo. Kali ini, penulis akan menceritakan tentang beberapa titik penyelaman ( dive site ) yang ada di sebelah utara Taman Nasional Komodo, yang konon merupakan dive site terbaik di sini.

1. Batu Bolong (Current City)

Berada di sebelah timur Pulau Komodo. Nama Batu Bolong disematkan sesuai dengan adanya batu berlubang yang berdiri vertikal mirip dengan gerbang pintu, yang berada di deretan bongkahan batu yang muncul di permukaan laut.

Dive site ini menyajikan pemandangan bawah air yang menakjubkan. Terumbu karang di dive site ini jelas sangat sehat. Table coral yang saling bertumpuk, soft coral warna warni dan ribuan ikan – ikan karang seakan dapat menyihir mata kita. Ikan hiu, ikan – ikan pelagis, Napoleon dan penyu pun terlihat di sini.

Kontur dasar laut di dive site ini berupa wall atau dinding pada salah satu sisi dan steep slope ( dasar laut yang mempunyai kemiringan tajam ) pada sisi lainnya. Kita dapat menyelami memutari Batu Bolong ini jika keadaan arus memungkinkan dan bisa memasuki sebuah celah vertikal yang lebar.

Arus pada dive site ini dari lemah hingga sangat kuat. Untuk waktu terbaik penyelaman adalah ketika arus akan berbalik sehingga arus akan semakin melemah hingga akhir penyelaman. Arus seperti ini terjadi ketika waktu akhir pasang naik maupun pasang surut.

2. Castle Rock (Taka Toko Toko)

Berlokasi di arah Timur Laut dari Pulau Komodo. Titik awal menyelam di sini biasanya di arus bagian atas ( up current ) dan penyelam turun dengan teknik Negative Entry. Penyelam langsung menuju dasar laut ( kedalaman maksimal sesuai dengan briefing dari dive guide ) dan mengkaitkan diri di hard coral dengan bantuan reef hook. Biasanya, di bagian atas arus ini lah pertunjukan utama di dive site ini terlihat.

Pertunjukan utama di sini adalah kumpulan ( biasa disebut schooling ) ikan pelagis yang sedang berburu ikan – ikan kecil jenis fusilier seperti ikan tembang, kembung maupun selar.

Formasi berbentuk bola dari sekumpulan ikan kembung yang sering berubah bentuk seiring dengan ikan pemburu menyambar mencari makan akan membuat kita terpesona. Jangan lupakan juga ikan – ikan karang seperti Anthias yang sangat banyak dijumpai di sini. Jika beruntung, kita bisa melihat Lumba-lumba berburu mangsa disini.

Bentuk kontur dive site ini adalah slope di semua sisinya dan berbentuk seperti bukit dengan terumbu karang yang indah. Di bagian paling atas atau paling dangkal, terdapat bongkahan batu di kedalaman 5 meter yang biasa dipakai penyelam untuk melakukan safety stop sebelum menyudahi penyelaman. Waktu terbaik untuk menyelam disini adalah pagi dan sore hari yaitu ketika “waktu makan” ikan.

Masih ingin tahu dive site lain seperti Crystal Rock, Shotgun dan Taka Makasar? Baca artikel lanjutannya di Surga – surga Bawah Air di Taman Nasional Komodo (2) (Gita Dimarsandy @gitadimar).

Previous articlePakai iPod untuk Mengasah Skill Bermusik
Next articleHigh Tech Tapi Humoris
Saya lahir di Malang, hampir 31 tahun silam. Saat ini saya bekerja di sebuah perusahaan internasional yang bergerak di bidang oil & gas sebagai supervisor lapangan. Saya mulai menyelam sejak tahun 2004, kemudian sempet vakum cukup lama. Comeback ke dunia penyelaman di mulai di April 2011 dengan menyelam di Raja Ampat. Sejak itu bisa dikatakan saya cukup aktif di dunia penyelaman dengan 3-4 bulan sekali mengunjungi titik penyelaman yang kebanyakan di daerah timur Indonesia. Saat ini saya sedang menekuni dunia fotografi bawah air dan berharap bisa terjun ke arah yang lebih profesional. Saya juga lebih memilih untuk keliling Indonesia untuk menyelam daripada jalan2 keluar negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.