[Survei] Gen Z Lebih Pilih eWallet Dibanding ATM, Ini Alasannya!

asuransi generali
Marketing.co.id – Berita Financial Services | Hanya 35,4% Generasi Z yang memiliki dan menggunakan ATM bank dalam aktivitas keuangannya. Dalam survei “Perilaku Keuangan Gen Z dan Y” yang dilakukan Zigi bersama Katadata Insight Center (KIC), generasi ini mayoritas menggunakan eWallet (68%). Selain ATM, kepemilikan rekening pada generasi ini juga kalah dari eWallet.
Baca Juga: Cara Terbaik Berinteraksi dengan Generasi G
Manajer Riset Katadata Insight Center (KIC) Vivi Zabkie mengatakan, alasan penggunaan eWallet paling banyak adalah karena mudah digunakan, faktor keamanan, hemat waktu, ada promo dan pembukaan akun yang mudah.  “Alasan kepraktisan ini muncul dalam beberapa riset kami terkait keuangan digital. Apalagi membuka akun eWallet sangat mudah dibanding rekening dan ATM, terutama rekening dan ATM bank konvensional,” ujar Vivi.
Survei terhadap 5.204 responden yang mayoritas dari Generasi Z dan Generasi Y ini juga menemukan jika rekening bank digital mulai banyak dilirik. Dalam survei ini rekening digital digunakan 24,3% responden. Sedang jika dilihat berdasarkan kelompok generasinya, penggunaan atau pembukaan jenis rekening bank pada Gen Z dan Gen Y sedikit berbeda.
Baca Juga: Sederet Keunikan Perilaku Gen Z
Jika pada generasi milenial rekening bank yang banyak dimiliki adalah berasal dari bank konvensional (45,7%) dibanding rekening bank digital (27,5%), maka pada Generasi Z, kepemilikan rekening bank konvensional dan digital nyaris berimbang. Sebanyak 19,6% Gen Z punya rekening bank konvensional, lalu bank digital 18,5%. “Ini menunjukkan bisa jadi di masa mendatang, kepemilikan rekening bank digital adalah hal yang umum atau biasa,” kata Vivi.
Beli Baju dan Pulsa dengan Kredit
Survei Zigi mengenai perilaku keuangan ini juga menggali perilaku keuangan kedua kelompok generasi ini dalam memanfaatkan fasilitas kredit atau paylater. Dalam survei yang dilakukan secara online dengan responden berasal dari 34 propinsi ini, 13,8% responden pernah memanfaatkan fasilitas kredit atau paylater. Pada Generasi Y, paylater digunakan 16,5% responden sedang pada Gen Z, terdapat 9,7% yang menggunakannya.
Baca Juga: [Studi] Sikap Gen Z, Y dan X Terhadap Iklan di Indonesia
Gen Y dan Z memanfaatkan fasilitas kredit saat pembelian barang atau produk ini untuk prioritas berbeda. Pada Generasi milenial, 49% responden mengatakan menggunakan paylater untuk membeli handphone. Lalu, 46,4% menggunakanya untuk membeli produk fashion, pulsa (42,6%), dan elektronik (44%).
Sedangkan Gen Z, menggunakan paylater untuk membeli kebutuhan fashion jauh lebih banyak dibanding generasi sebelumnya. Sebanyak 61% Gen Z mengatakan menggunakan paylater untuk membeli produk fashion seperti baju, celana, sepatu dan lainnya.  Lebih setengah responden Gen Z juga membeli pulsa (56,6%) dengan kredit. Sedang untuk kebutuhan lain seperti membeli gadget dan elektronik hanya dilakukan kurang dari seperempat responden (di bawah 25%).
“Pada Generasi Z selain fashion, tampaknya kebutuhkan komunikasi menjadi prioritas dan paling banyak menyedot keuangan. Ini terlihat dari uraian kebutuhan rutin bulanan generasi ini,” ujar Vivi. Dari 1.692 responden Generasi Z yang ikut dalam survei ini, sebanyak 72,9% menyebut biaya komunikasi (pulsa dan internet) sebagai kebutuhan rutinnya. Diikuti belanja bahan makanan (51,2%), bahan bakar (34,9%) dan membayar tagihan rutin (32,3%).
Sedang pada generasi di atasnya, Gen Y, biaya komunikasi menempati tempat kedua dengan 75,9% menyebut biaya ini sebagai kebutuhan rutinnya. Sedang biaya makanan disebut oleh 77,2% atau kebutuhan rutin pertama.
Survei Perilaku Keuangan Gen Z dan Y oleh Zigi & KIC dilakukan online terhadap 5.204 responden yang tersebar di 34 propinsi. Survei dilakukan pada 6-12 September 2021, dengan uraian 55% responden Generasi Y, Generasi Z (32,5%), Generasi X (12%) dan Baby Boomer (0,5%). Generasi Z  dalam survei ini berusia 15 – 22 tahun dan berjumlah 1.692 responden, sedang Generasi Y berusia 23 – 38 tahun dengan jumlah 2.862.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.