Marketing.co.id – Tagline adalah alat pemasaran yang kuat untuk memotivasi pelanggan mendukung sebuah merek.
Tagline yang baik adalah yang dapat langsung dikenali oleh audiens. Tagline merupakan slogan atau frasa yang dibuat para pengiklan dalam bentuk visual maupun verbal yang mengungkapkan betapa pentingnya manfaat dari produk tertentu.
Di tahun 2020, ada lebih dari 100.000 merek yang paten terdaftar di DJKI Indonesia. Oleh karena itu penting bagi para pemilik usaha yang ingin meningkatkan nilai mereknya agar lebih dikenal, menciptakan suatu diferensiasi diantara merek-merek yang sudah ada itu sangat penting. Salah satu diferensiasi yang dapat dilakukan adalah dengan memperkenalkan Tagline untuk mereknya.
Menurut Hartono Yarmantho, Marketing Expert Frontier and Marketing Group, setidaknya ada dua hal yang mesti diperhatikan dalam membuat Tagline untuk merek.
Singkat dan mudah diingat
Tagline baiknya adalah singkat dan mudah diingat sehingga dapat menjadi Top of Mind yang diingat konsumen. Hal mudah yang pertama kali perlu dicari tahu adalah apa keunggulan yang membedakan dan menjadi ciri khas merek Anda dibanding merek lainnya? Setelah itu keunggulan tersebut dapat dikemas menjadi 1 kalimat Tagline yang melekat pada merek anda.
Perhatikan segmen pasar
Hal kedua yang perlu dicari tahu untuk menentukan kalimat Tagline adalah siapa segmen pasar Anda. Masing-masing segmen pasar mempunyai kebiasaan, hobi, dan cara pandang yang berbeda. Siapa segmen pasar Anda akan menentukan kata atau frasa apa yang cocok digunakan agar 1 kalimat Tagline yang sudah terpikirkan oleh Anda itu dapat diingat menjadi Top of Mind di benak konsumen.
Baca juga: Strategi Merek Tetap Top Saat dan Pasca Pandemi
Sebagai contoh, jika target pasar merek Anda adalah anak muda yang suka berpetualang, maka penggunaan kata yang bersifat individual, egoistic, playful, fun, out of the box, dan mungkin liar akan menarik bagi mereka dan dapat menjadi viral di kalangan target market anda. Sementara jika target pasar anda adalah ibu rumah tangga, maka penggunaan kata yang bersifat emosional, family, life, safe, dan empathy akan dapat lebih diterima di benak konsumen anda.
Lebih jauh lagi, jika sebuah Tagline sudah menjadi sangat powerful, Tagline bukan hanya menjadi identitas dari sebuah merek, tetapi bahkan dapat menjadi identitas sebuah kelompok atau komunitas yang mewakili merek tersebut.
Cara membuat slogan
Tagline bisnis yang baik biasanya tidak datang begitu saja. Anda harus menuliskan beberapa ide. Setelah itu, ada baiknya Anda “bermain” dengan ide-ide tersebut di kepala Anda selama seminggu atau lebih.
Baca juga: Brainstorming, Teknik Menghasilkan Ide Radikal & Bermanfaat
Brainstorming adalah cara lain untuk menghasilkan ide-ide kreatif baru. Manfaatkanlah teman, keluarga atau rekan Anda. Jangan merasa frustasi jika Anda tidak segera menemukannya, karena untuk menjadi kreatif membutuhkan waktu. Tapi ingat, setiap orang dapat membuat tagline hebat, yang dibutuhkan adalah ide sederhana untuk memulai.
Cari bantuan untuk membuat tagline sempurna
Carilah perusahaan di luar sana yang dapat membuat tagline yang sesuai dengan perusahaan Anda. Namun, pastikan Anda melakukan pekerjaan rumah terlebih dahulu sebelum memesan sebuah paket.
Hal ini penting untuk memberitahu tagline seperti apa yang diinginkan – serius, lucu, atau lainnya. Anda juga harus memberikan latar belakang singkat mengenai perusahaan atau proyek yang Anda tangani dan apa yang ingin disampaikan dari tagline tersebut.
Semakin banyak informasi yang Anda berikan, perusahaan pengembang tagline akan dapat membuat tagline terbaik yang mudah diingat dan kreatif bagi perusahaan Anda.
Berikut 50 perusahan dengan slogan kreatif dan menarik:
- LG – “Life’s Good”
- Apple – “Think Different”
- Harley Davidson – “American by birth Rebel by Choice”
- Lego – “Play On”
- Panasonic – “Ideas for Life”
- Reebok – “I am what I am”
- Walmart – “Save Money, Live better”
- Red Cross – “The greatest tragedy is Indifference”
- Fortune Magazine – “For the men in charge of change”
- McDonalds – “I’m lovin it”
- Levi – “Quality never goes out of style”
- Nike – “Just Do It”
- Nokia – “Connecting People”
- Sony – “Make Believe”
- Kentucky Fried Chicken – “Finger Lickin good”
- Electronic Art – “Challenge Everything”
- Olympus – “Your Vision. Our Future”
- Burger King – “Have it Your way”
- Visa – “Its Everywhere you want to be”
- Coca-Cola – “Twist Cap to Refreshment”
- Jaguar – “Grace, space, pace”
- Diesel Jeans – “Be Stupid”
- Ebay – “Buy it. Sell it. Love it”
- Energizer – “Keeps going and going and going”
- L’Oreal – “Because you’re worth it”
- Nikon – “At the Heart of the image”
- Google – “Don’t be Evil”
- 3M – “Innovation”
- Canon – “See what we mean”
- Volkswagen – “Think Small”
- Fedex – “When there is no tomorrow”
- IBM – “Solutions for a small planet”
- Disneyland – “The happiest place on earth”
- Adidas – “Impossible is Nothing”
- AT&T – “Reach Out and Touch Someone”
Itulah beberapa slogan menarik dan kreatif dari beberapa perusahaan terkemuka dunia. Jika Anda terus mencarinya, masih banyak slogan-slogan menarik dan kreatif di luar sana.
Marketing.co.id | Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis
Bagaimana cara untuk membuat tagline yang menarik untuk custemer…
Hay Alief, terima kasih telah berkunjung.Untuk membuat tagline yang menarik bagi konsumen terlebih dahulu kamu harus memikirkan audiens. Siapa sajakah mereka? Pelanggan Konstituen, atau Masyarakat pada umumnya. Setelah itu, tentukan sebuah pesan yang ingin disampaikan kepada mereka tentunya yang mencerminkan bagaimana Anda ingin dianggap. Selanjutnya silakan kamu baca kembali artikel di atas 🙂
Pagi pak, apakah ada masukan utk saya jika ingin membuat tagline yang membius untuk web musik? terimakasih
Hey Febry terima kasih telah berkunjung. Begini untuk bikin tagline yang harus diperhatikan pertama adalah siapa target pasarnya (remaja, dewasa). Kedua, seperti apa alirannya (Pop, Jaz, Rock dll). Sebuah tagline minimal harus bisa merepresentasikan dua elemen tersebut. Untuk lebih jelasnya silakan baca artikel di atas 🙂
artikel penjelas dengan contohnya disusun rapi dan jelas.
ini membantu menginspirasi saya mencari tagline produk yang saya rintis. terimakasih 🙂
Hai Mas Sugiono, terima kasih telah berkunjung ya 😀
wah baca artikel ini jadi lebih ada ide buat slogan blog kecil saya, terima kasih sharenya 🙂
Terima kasih telah berkunjung 😀
Terima kasih atas inspirasi dari artikel ini, kebetulan saya sedang membuat tag line untuk toko komputer saya.
Semoga artikel ini bisa menjadi patokan agar tagline yang saya buat lebih powerfull 🙂
Salam Sejahtera,,
Pak ada yang ingin saya tanyakan, apakah tagline itu sama dengan slogan atau motto??
Terima kasih.
Hai Mas Andi, menurut kami hampir sama, bedanya tagline itu harus mencerminkan semangat brand.
kak,, kasih saran dong,, tagline yang cocok buat makanan Nasi Bakar itu gimana..?
Sallam sejahtera.
Setelah membaca artikel ini, saya jadi ragu slogan yg saya buat terlalu banyak kalimatnya sehingga mungkin saja tidak menembus perhatian konsumen, bahkan mungkin malah tidak dibaca.
Mohon sarannya agar saya bisa membuat slogan yg baik dengan tema pelayanan yg ramah dan sopan, serta makanan dan minuman yg sehat.
Terima kasih
Bu Meri, bagaimana dengan, “the first tasty inside”
Pak Bambang, kalau penekanan pada pelayanan, bagaimana dengan, “serve you more”
–namSlog–
Salam sejahtera,
Kak, mohon bantuannya ada ide gak ya kalo tagline untuk perusahaan tour n travel? yg saya ingin fokuskan adalah gampangnya untuk diingat org dan service yg baik. Target marketnya adalah company2 dan pebisnis serta family group..
Mohon infonya..
Terima Kasih
Untuk Ibu Feni,
Bagaimana dengan “All prepared for you”.
Salam,
namSlog
pak tanya, sekarng lag bingung buat tagline produk saya
produk : sepatu safety
Merk : Solpoker
demograpi : Pria, Usia 30 – 40, kelas c (menengah kebawah)
Usp : harga dan servis
bisa dikasih saran atau tagline yg pas buat produk saya ,,
terima kasih
terima kasih masukanya pak untuk menjadi referensi mencari tagline, sangat bermanfaat
Sangat membantu sob,,, awalnya sy gk tau apa itu tag lline,,, setelah membaca artikel ini sy jadi paham,,, thanks sob,,, salam newbie dari ane ,,,
saya jadi mengerti tentang tagline, terima kasih informasinya.
makasih banget infonya, saya baru mau buat gan
Cari artikel tentang membuat tag line yang bagus… seneng dengan tag line nya “energize” keeps going and going and going 🙂
Saya kembali lagi, ingin mengucapkan terima kasih yang kedua kalinya hehe, emang tag line terlihat kurang penting, setelah saya cari-cari apa yg cocok buat blog saya saya coba pasang dengan savve money for life, alhasil, beberapa postingan saya nyantai di halaman 1 google, yaa dengan teknik yg lain juga yang di dapat dri blog sebelah,,,
Sip banget 🙂
Emang TagLine salah satu faktor pendukung kemajuan untuk suatu usaha…..
Bisa di bilang sebagai ciri khas suatu kegiatan usaha 🙂
Mantap artikelnya 🙂
Thanks
Utk tagline kuliner yg menjual nasi goreng pedas danpangsit mie pedas dgn bbrp level apa ya pak ?
Dgn pangsa pasar youth, woman, netizen.
mohon sarannya, trm ksh
sepakat sekali dengan ulasan di atas karena dengan tagline yang tepat akan menjadi brand image atas produk kita, ya kawan ..
thanks info nya..
ijin copas bberapa kalimat sambil ane edit dikit gan
ane cantumin sumber pastinya 🙂
http://banyaklubang.hol.es/
Tlg masukan utk tagline usaha : koperasi simpan pinjam, sasaran : nasabah menengah ke atas,investasi keuangan dan penyaluran kredit utk mikro dan commercial, tks
Selamat sore.. mohon infonya kira2 tagline apa yang cocok untuk art dealer seperti saya. Juga saya menyediakan barang2 memoralibiakasih (seperti mainan th 70an,kamera antik & barang2 djadoel lainnya pengingat masa kecil, mohon masukannya..terima kasih
salam ..
bisa minta masukannya kak,, untuk membuat sebuah tagline dalam usaha catering,, yang lebih menarik dan bedah. terima kasiih 🙂
Apapun makanannya, minumnya . . .?!
Artikel yang mengingatkan masa2 saya kuliah dulu untuk mencari sebuah tagline yang unik dan menarik.
Makasih Pak, semoga berkenan berkunjung ke blog baru saya.
Semangat !
saya menjual aneka jenis hijab dan asesorisnya. kiranya apa yg cocok ya untuk tagline usaha kami agar bisa lebih dikenal dan pembeda dengan toko sejenis. trima kasih sebelumnya
bgaimana cara membuat tagline untuk pemasaran ikan
tagline buat parfum yang bgus apa kira-kira ya gan
Salam pak…klau tagline untuk makanan ringan iaitu keropok ikan bagaimana tagline dia pak ?sasaran pelangan adalah semua golongan…
Keropok ini di buat dari ikan… Hasil dari laut
tagline yang pas akan meningkatkan marketing ya.. salam belalangkriuk.com
sangat membantu sekali kk…Kak, mohon bantuannya ada ide gak ya kalo tagline untuk perusahaan tour n travel? yg saya ingin fokuskan adalah gampangnya untuk diingat org dan service yg baik. Target marketnya adalah company2 dan pebisnis serta family group..
Mohon infonya..trima kasih
Pak,Kan saya baru membuat website, tapi bingung mau kasih tagline apa? Bisa kasih masukan tidak pak buat saya.
ini blognya : Info by : https://www.bukacara.com
terimakasih
Pak..tks info soal tagline. Sy owner perusahaan baju muslim keluarga sdh 15 thn lbh dlm bisnis ini. Saat ini sy sdg mere-branding merk kami, krna 2rhn ini mengalami penurunan omzet bsr2an. Konsumen kami adalah ibu2/keluarga dg anak 1- 12 tahun. Hal yg ingin kami tonjolkan baju kami simple tp selalu nyaman dipakai buat anak maupun dwsa. Ingin jg menggbarkan semangat memberi yg terbaik buat konsumen. Apakah ada ide buat tag line produk kami pak?tks banyak sarannya
Makasi gan . . pas buat motto di tulisan skripsi wkwkwkwk
Bisa buat inspirasi untuk bikin tagline yang bagus, dan mengena… Tapi masih belum nemu, kira2 ada masukan gak pak, untuk usaha toko online saya, bergerak di bidang fashion pakaian sih.
ini pak blog saya : ellavina.. 🙂
Terima kasih telah berbagi ilmu mengenai Tagline yang Menarik dan Kreatif.
terima kasih sudah memberikan banyak ide menarik untuk jadi bahan referensi tagline
Menarik, emang kadang-kadang untuk memilih tagline gabisa sembarangan ya ternyata. makasih infonya mas 🙂
Terima kasih infonya mas. Jadi bisa lebih aware buat bikin konten yang sesuai dengan tagline dan mengandung hook 😀