Tagline yang Menarik dan Kreatif (UPDATED)

42
783192

Marketing.co.id – Tagline adalah alat pemasaran yang kuat untuk memotivasi pelanggan mendukung sebuah merek.

Tagline yang baik adalah yang dapat langsung dikenali oleh audiens. Tagline merupakan slogan atau frasa yang dibuat para pengiklan dalam bentuk visual maupun verbal yang mengungkapkan betapa pentingnya manfaat dari produk tertentu.

Di tahun 2020, ada lebih dari 100.000 merek yang paten terdaftar di DJKI Indonesia. Oleh karena itu penting bagi para pemilik usaha yang ingin meningkatkan nilai mereknya agar lebih dikenal, menciptakan suatu diferensiasi diantara merek-merek yang sudah ada itu sangat penting. Salah satu diferensiasi yang dapat dilakukan adalah dengan memperkenalkan Tagline untuk mereknya.

tagline bagi merek

Menurut Hartono Yarmantho, Marketing Expert Frontier and Marketing Group, setidaknya ada dua hal yang mesti diperhatikan dalam membuat Tagline untuk merek.

Singkat dan mudah diingat

Tagline baiknya adalah singkat dan mudah diingat sehingga dapat menjadi Top of Mind yang diingat konsumen. Hal mudah yang pertama kali perlu dicari tahu adalah apa keunggulan yang membedakan dan menjadi ciri khas merek Anda dibanding merek lainnya? Setelah itu keunggulan tersebut dapat dikemas menjadi 1 kalimat Tagline yang melekat pada merek anda.

Perhatikan segmen pasar

Hal kedua yang perlu dicari tahu untuk menentukan kalimat Tagline adalah siapa segmen pasar Anda. Masing-masing segmen pasar mempunyai kebiasaan, hobi, dan cara pandang yang berbeda. Siapa segmen pasar Anda akan menentukan kata atau frasa apa yang cocok digunakan agar 1 kalimat Tagline yang sudah terpikirkan oleh Anda itu dapat diingat menjadi Top of Mind di benak konsumen.

Baca juga: Strategi Merek Tetap Top Saat dan Pasca Pandemi

Sebagai contoh, jika target pasar merek Anda adalah anak muda yang suka berpetualang, maka penggunaan kata yang bersifat individual, egoistic, playful, fun, out of the box, dan mungkin liar akan menarik bagi mereka dan dapat menjadi viral di kalangan target market anda. Sementara jika target pasar anda adalah ibu rumah tangga, maka penggunaan kata yang bersifat emosional, family, life, safe, dan empathy akan dapat lebih diterima di benak konsumen anda.

Lebih jauh lagi, jika sebuah Tagline sudah menjadi sangat powerful, Tagline bukan hanya menjadi identitas dari sebuah merek, tetapi bahkan dapat menjadi identitas sebuah kelompok atau komunitas yang mewakili merek tersebut.

Cara membuat slogan

Tagline bisnis yang baik biasanya tidak datang begitu saja. Anda harus menuliskan beberapa ide. Setelah itu, ada baiknya Anda “bermain” dengan ide-ide tersebut di kepala Anda selama seminggu atau lebih.

Baca juga: Brainstorming, Teknik Menghasilkan Ide Radikal & Bermanfaat

Brainstorming adalah cara lain untuk menghasilkan ide-ide kreatif baru. Manfaatkanlah teman, keluarga atau rekan Anda. Jangan merasa frustasi jika Anda tidak segera menemukannya, karena untuk menjadi kreatif membutuhkan waktu. Tapi ingat, setiap orang dapat membuat tagline hebat, yang dibutuhkan adalah ide sederhana untuk memulai.

Cari bantuan untuk membuat tagline sempurna

Carilah perusahaan di luar sana yang dapat membuat tagline yang sesuai dengan perusahaan Anda. Namun, pastikan Anda melakukan pekerjaan rumah terlebih dahulu sebelum memesan sebuah paket.

Hal ini penting untuk memberitahu tagline seperti apa yang diinginkan – serius, lucu, atau lainnya. Anda juga harus memberikan latar belakang singkat mengenai perusahaan atau proyek yang Anda tangani dan apa yang ingin disampaikan dari tagline tersebut.

Semakin banyak informasi yang Anda berikan, perusahaan pengembang tagline akan dapat membuat tagline terbaik yang mudah diingat dan kreatif bagi perusahaan Anda.

Berikut 50 perusahan dengan slogan kreatif dan menarik:

  1. LG – “Life’s Good
  2. Apple – “Think Different
  3. Harley Davidson – “American by birth Rebel by Choice
  4. Lego – “Play On
  5. Panasonic – “Ideas for Life
  6. Reebok – “I am what I am
  7. Walmart – “Save Money, Live better
  8. Red Cross – “The greatest tragedy is Indifference
  9. Fortune Magazine – “For the men in charge of change
  10. McDonalds – “I’m lovin it
  11. Levi – “Quality never goes out of style
  12. Nike – “Just Do It
  13. Nokia – “Connecting People
  14. Sony – “Make Believe
  15. Kentucky Fried Chicken – “Finger Lickin good
  16. Electronic Art – “Challenge Everything
  17. Olympus – “Your Vision. Our Future
  18. Burger King – “Have it Your way
  19. Visa – “Its Everywhere you want to be
  20. Coca-Cola – “Twist Cap to Refreshment
  21. Jaguar – “Grace, space, pace
  22. Diesel Jeans – “Be Stupid
  23. Ebay – “Buy it. Sell it. Love it
  24. Energizer – “Keeps going and going and going
  25. L’Oreal – “Because you’re worth it
  26. Nikon – “At the Heart of the image
  27. Google – “Don’t be Evil
  28. 3M – “Innovation
  29. Canon – “See what we mean
  30. Volkswagen – “Think Small
  31. Fedex – “When there is no tomorrow
  32. IBM – “Solutions for a small planet
  33. Disneyland – “The happiest place on earth
  34. Adidas – “Impossible is Nothing
  35. AT&T – “Reach Out and Touch Someone

Itulah beberapa slogan menarik dan kreatif dari beberapa perusahaan terkemuka dunia. Jika Anda terus mencarinya, masih banyak slogan-slogan menarik dan kreatif di luar sana.

Marketing.co.id | Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

42 COMMENTS

    • Hay Alief, terima kasih telah berkunjung.Untuk membuat tagline yang menarik bagi konsumen terlebih dahulu kamu harus memikirkan audiens. Siapa sajakah mereka? Pelanggan Konstituen, atau Masyarakat pada umumnya. Setelah itu, tentukan sebuah pesan yang ingin disampaikan kepada mereka tentunya yang mencerminkan bagaimana Anda ingin dianggap. Selanjutnya silakan kamu baca kembali artikel di atas 🙂

    • Hey Febry terima kasih telah berkunjung. Begini untuk bikin tagline yang harus diperhatikan pertama adalah siapa target pasarnya (remaja, dewasa). Kedua, seperti apa alirannya (Pop, Jaz, Rock dll). Sebuah tagline minimal harus bisa merepresentasikan dua elemen tersebut. Untuk lebih jelasnya silakan baca artikel di atas 🙂

  1. wah baca artikel ini jadi lebih ada ide buat slogan blog kecil saya, terima kasih sharenya 🙂

  2. Sallam sejahtera.
    Setelah membaca artikel ini, saya jadi ragu slogan yg saya buat terlalu banyak kalimatnya sehingga mungkin saja tidak menembus perhatian konsumen, bahkan mungkin malah tidak dibaca.
    Mohon sarannya agar saya bisa membuat slogan yg baik dengan tema pelayanan yg ramah dan sopan, serta makanan dan minuman yg sehat.
    Terima kasih

  3. Salam sejahtera,

    Kak, mohon bantuannya ada ide gak ya kalo tagline untuk perusahaan tour n travel? yg saya ingin fokuskan adalah gampangnya untuk diingat org dan service yg baik. Target marketnya adalah company2 dan pebisnis serta family group..
    Mohon infonya..

    Terima Kasih

  4. pak tanya, sekarng lag bingung buat tagline produk saya
    produk : sepatu safety
    Merk : Solpoker
    demograpi : Pria, Usia 30 – 40, kelas c (menengah kebawah)
    Usp : harga dan servis

    bisa dikasih saran atau tagline yg pas buat produk saya ,,
    terima kasih

  5. Saya kembali lagi, ingin mengucapkan terima kasih yang kedua kalinya hehe, emang tag line terlihat kurang penting, setelah saya cari-cari apa yg cocok buat blog saya saya coba pasang dengan savve money for life, alhasil, beberapa postingan saya nyantai di halaman 1 google, yaa dengan teknik yg lain juga yang di dapat dri blog sebelah,,,

  6. Sip banget 🙂
    Emang TagLine salah satu faktor pendukung kemajuan untuk suatu usaha…..
    Bisa di bilang sebagai ciri khas suatu kegiatan usaha 🙂

    Mantap artikelnya 🙂
    Thanks

  7. Utk tagline kuliner yg menjual nasi goreng pedas danpangsit mie pedas dgn bbrp level apa ya pak ?
    Dgn pangsa pasar youth, woman, netizen.
    mohon sarannya, trm ksh

  8. Tlg masukan utk tagline usaha : koperasi simpan pinjam, sasaran : nasabah menengah ke atas,investasi keuangan dan penyaluran kredit utk mikro dan commercial, tks

  9. Selamat sore.. mohon infonya kira2 tagline apa yang cocok untuk art dealer seperti saya. Juga saya menyediakan barang2 memoralibiakasih (seperti mainan th 70an,kamera antik & barang2 djadoel lainnya pengingat masa kecil, mohon masukannya..terima kasih

  10. salam ..
    bisa minta masukannya kak,, untuk membuat sebuah tagline dalam usaha catering,, yang lebih menarik dan bedah. terima kasiih 🙂

  11. Apapun makanannya, minumnya . . .?!

    Artikel yang mengingatkan masa2 saya kuliah dulu untuk mencari sebuah tagline yang unik dan menarik.
    Makasih Pak, semoga berkenan berkunjung ke blog baru saya.
    Semangat !

  12. saya menjual aneka jenis hijab dan asesorisnya. kiranya apa yg cocok ya untuk tagline usaha kami agar bisa lebih dikenal dan pembeda dengan toko sejenis. trima kasih sebelumnya

  13. sangat membantu sekali kk…Kak, mohon bantuannya ada ide gak ya kalo tagline untuk perusahaan tour n travel? yg saya ingin fokuskan adalah gampangnya untuk diingat org dan service yg baik. Target marketnya adalah company2 dan pebisnis serta family group..
    Mohon infonya..trima kasih

  14. Pak..tks info soal tagline. Sy owner perusahaan baju muslim keluarga sdh 15 thn lbh dlm bisnis ini. Saat ini sy sdg mere-branding merk kami, krna 2rhn ini mengalami penurunan omzet bsr2an. Konsumen kami adalah ibu2/keluarga dg anak 1- 12 tahun. Hal yg ingin kami tonjolkan baju kami simple tp selalu nyaman dipakai buat anak maupun dwsa. Ingin jg menggbarkan semangat memberi yg terbaik buat konsumen. Apakah ada ide buat tag line produk kami pak?tks banyak sarannya

  15. Bisa buat inspirasi untuk bikin tagline yang bagus, dan mengena… Tapi masih belum nemu, kira2 ada masukan gak pak, untuk usaha toko online saya, bergerak di bidang fashion pakaian sih.
    ini pak blog saya : ellavina.. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.