Tak Goyah di Pasar Fast Food Anak, Ini Rahasia KFC

KFC
kata Fikri Rahmat, Marketing Manager untuk Divisi anak KFC

Nama KFC memang sudah dikenal sebagai restoran fast food pilihan banyak orang karena ukuran ayamnya yang cukup besar. Di samping itu, ternyata Kentucky Fried Chicken juga digemari oleh anak-anak. Apa kira-kira rahasianya?

Ya, ukuran ayam memang tidak memengaruhi pasar anak, namun ada beberapa hal yang diperhatikan oleh mereka guna lebih dekat dengan anak-anak.

  1. Tahu Keinginan Anak

Meski masih anak-anak, tapi mereka juga punya keinginan sendiri untuk memilih restoran cepat saji mana yang diminati. Hasrat inilah yang kemudian memengaruhi keputusan belanja keluarga. Pasalnya, anak akan rewel jika tidak dituruti, dan itu cukup merepotkan para orang tua.

“Kami terus mencari tahu, mereka (anak-anak) suka makan apa, apa yang men-trigger mereka untuk datang dan mau mengonsumsi poduk kita. Semuanya dari yang basic, karena semakin kita mendekati keinginan dasar mereka, maka kita semakin dekat dengan mereka,” kata Fikri Rahmat, Marketing Manager untuk Divisi anak KFC.

  1. Buat Orang Tua Nyaman

Selain si anak sendiri, orang tua juga menjadi faktor penentu dalam memengaruhi keinginan anaknya. Hal itu kemudian bisa diaplikasikan ke pola belanja. Misalnya ketika orang tua tahu bahwa makanan favorit anak terbuat dari bahan yang tidak baik untuk kesehatan, maka orang tua akan mengendalikan anaknya agar tidak mengonsumsinya lagi.

“Kalau bicara kids kita juga bicara parents. Strateginya, selain kita menyiapkan program-program untuk anak, kita juga menyiapkan untuk orang tuanya. Karena orang tua kan pasti nganter, kami nggak mau buat mereka nganggur. Jadi kami buat mereka nyaman,” papar Fikri.

  1. Lingkungan Sosial Memengaruhi Kebutuhan

Pria berkacamata ini juga menambahkan bahwa menerapkan strategi marketing untuk anak tak ubahnya menerapkan strategi marketing pada umumnya. Kita harus lihat permintaannya, keinginan, kemudian kaitkan dengan bisnis yang Anda jalani. Hanya saja, Anda harus tahu, bahwa lingkungan dan sosial memengaruhi keinginan mereka.

“Secara umum, karakter anak semakin jelas, di kota besar kayak gimana, dan di kota secondary gimana, mulai dari keinginan dan tren-trennya. Apa yang mereka suka, keseharian, apa yang mereka konsumsi, semuanya makin jelas,” tegas pria yang memiliki tubuh agak gempal ini.

Tiap pasar memiliki karakter yang berbeda, untuk itu, Anda harus memiliki treatment yang berbeda. Seperti kids market misalnya, nggak semua pelaku bisnis bisa sukses bermain di pasar ini, tapi KFC dapat melakukannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.