Tak Hanya Retail, Program Loyalitas Juga Bermanfaat Bagi Komunitas

program loyalitas bali unitedMarketing.co.id – Berita Marketing | Program loyalitas masih kerap dinantikan oleh para konsumen di negara emerging market seperti Indonesia. Hal ini karena mereka menginginkan benefit lebih untuk setiap transaksi yang dilakukan pada brand tertentu. Baik itu berupa potongan harga, point rewardscashbackstamp dan lainnya.

Kondisi ini akan sering kita jumpai pada brand-brand retail. Tetapi, bagaimana dengan program loyalitas yang diimplementasikan pada sebuah komunitas?

Salah satu komunitas di Indonesia yang sudah menggunakan program loyalitas adalah Bali United. Klub bola asal Pulau Dewata ini baru saja meningkatkan  program point rewards baru melalui kerjasamanya dengan OttoPoint. Melalui langkah ini, mereka menginginkan anggota komunitasnya tetap terkoneksi dengan klub favoritnya dan merasakan manfaat secara berkelanjutan.

“Klub bola tentunya memiliki kebutuhan untuk membuat komunitas bolanya tetap antusias dalam mendukung tim mereka. Untuk itu, Bali United melalui aplikasinya, sudah menerapkan sistem point rewards yang diimplementasikan untuk setiap pembelian tiket pertandingan,” ujar James Hamdani, CEO OttoPoint.

Dia juga mengatakan bahwa saat sistem loyalitas yang digunakan Bali United sudah terintegrasi dengan katalog rewards. Sehingga, mereka tidak repot untuk mengkurasi rewards dari awal dan anggotanya juga bisa segera menikmati beragam voucher rewards yang menarik seperti voucher pulsa, belanja, uang elektronik, makan, listrik dan masih banyak lagi.

Selain pembelian tiket pertandingan, komunitas dari Bali United juga bisa mendapatkan poin dari penggunaan kode referral. Baik pemilik maupun pengguna kode berkesempatan mendapatkan poin. Disamping itu, poin dapat bertambah saat berhasil melengkapi data diri melalui aplikasi. Hal ini diharapkan oleh Bali United dapat meningkatkan keterikatan dengan komunitasnya, memberi manfaat lebih bagi anggota dan tentunya memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan.

Berdasarkan studi Callminer, 91% orang akan tetap setia pada brand atau organisasi tertentu jika terdapat layanan yang memuaskan dan baik. Nah, dalam hal ini ‘layanan’ untuk sebuah komunitas bisa direpresentasikan dalam bentuk program loyalitas. Ketika komunitas Bali United merasa senang dan puas, maka mereka akan terus mengikuti perkembangan dari tim bola kesayangan mereka.

James memaparkan pula bahwa selain Bali United, sebenarnya sudah ada beberapa perusahaan lain yang mengintegrasikan layanan point rewards OttoPoint, antara lain BPD Jambi, OttoPay, HelloBill, Benerin Motor dan Pede. “Dalam kurun waktu 9 bulan saja, mitra kami berhasil mengalami peningkatan frekuensi transaksi sebanyak 6 kali. Jadi kami melihat potensi ini juga bisa dirasakan oleh Bali United,” tutupnya.

Selain layanan point rewards, OttoPoint juga memiliki layanan program loyalitas berbentuk stamp digital yang dapat membantu untuk meningkatkan transaksi harian. Solusi ini sangat cocok sekali terutama bagi jenis bisnis ritel dan F&B. Ada pula OttoGifts yang dapat menjadi one-stop solutions untuk kebutuhan voucher rewards dari perusahaan. Layanan ini berguna bagi perusahaan yang ingin memberikan insentif kepada pelanggan baru, sebagai employee benefit  atau memperkaya program loyalitas yang sedang berjalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.