Tawarkan Saham Perdana, PT Sepeda Bersama Indonesia Siap Melantai di BEI

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Memiliki pengalaman lebih dari 25 tahun, akhirnya PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk (SBI) akan melakukan penawaran umum saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) menggunakan kode saham BIKE di Bursa Efek Indonesia. Menawarkan sebanyaknya 323.334.000 saham atau 25% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Dengan harga penawaran awal berada di kisaran Rp 160 – Rp 170 per saham, perusahaan berpotensi memperoleh dana sebesar Rp 51,73 miliarRp 54,96 miliar.  
United-Bike
Perseroan bergerak dalam bidang perdagangan besar sepeda dan saat ini bekerjasama dengan 319 toko sepeda yang tersebar secara nasional. Dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum Saham Perdana akan digunakan untuk modal kerja, berupa pembelian persediaan barang. 
Winston Mulyadi, Direktur PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk mengemukakan bahwa terkait dengan strategi tahun 2022 ini, merupakan saat yang tepat untuk menguatkan area distribusi terutama di kota-kota besar yang lebih agresif dengan varian produk baru. Berdasarkan pengalaman, ketika ada satu genre yang tren-nya sedang menurun, maka akan ada genre atau tipe sepeda lain yang meningkat penjualannya sehingga penjualan tetap bisa stabil. Dengan distribusi beberapa brand dengan banyak variasi tipe dan harga yang mengikuti kebutuhan tren, maka Perseroan dapat mengisi kebutuhan pasar mulai dari kelas entry-level hingga middle-up.
Mengutip prospektus di laman e-IPO, total ekuitas perseroan mengalami peningkatan sebesar Rp 20,27 miliar atau 69% yaitu dari Rp 29, 49 miliar pada Desember 2020 menjadi Rp 49,77 miliar pada September 2021. Peningkatan ini terutama disebabkan oleh penambahan modal dan peningkatan laba periode tahun berjalan. PT Sepeda Bersama Indonesia (SBI) akan melakukan masa penawaran umum calon emiten dengan kode saham BIKE ini yang akan dijalankan pada tanggal 2-8 Maret 2022. Sedangkan tanggal pencatatan di Bursa Efek Indonesia adalah 10 Maret 2022.
“SBI merupakan distributor sepeda merek United dan Avand serta pemegang merek Genio dimana ketiga brand tersebut memiliki segmentasi pasar yang berbeda.  Saat ini sepeda bukan lagi hanya sebagai alat transportasi, tapi juga menjadi bagian dari gaya hidup sebagai alat olahraga, rekreasi, hobi bahkan fashion. Itu mengapa, demand dari pasar stabil setiap tahun sehingga SBI memiliki prospek jangka panjang yang positif”, tutup Wiston Mulyadi. 
Marketing.co.id: Portal berita Marketing & Bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.