Teknik Manajemen Waktu Bagi Para Pengusaha Muda

manajemen waktuWaktu memang menjadi poin penting bagi kehidupan kita, begitu pula untuk para pengusaha. Mereka yang bisa memanfaatkan waktu dengan baik, maka kegiatannya akan efektif, dan itulah yang membuatnya menjadi seorang pengusaha sukses.

Pernah mendengar peribahasa ‘time is money’? Jadi ketika Anda menghabiskan beberapa waktu untuk hal yang tidak penting, sama halnya dengan membuang uang dengan percuma. Maka dari itu, manajemen waktu penting untuk diterapkan oleh para pengusaha muda.

Nah, berikut adalah hal yang penting Anda perhatikan dalam manajemen waktu:

1.      Buat Daftar

Anda tidak bisa selamanya mengandalkan otak Anda untuk mengingat berbagai hal penting. Jadi, buatlah daftar seperti;

–          Jadwal Anda dari hari ke hari.

–          Apa yang perlu Anda lakukan untuk menunjang bisnis (dengan urutan berdasarkan prioritas).

–          Daftar orang penting yang akan Anda hubungi (susun berdasarkan abjad).

–          Perencanaan konferensi. Penting bagi Anda membuat sebuah konferensi untuk memperkenalkan siapa Anda dan merek Anda.

Buatlah semua daftar ini dengan sangat rapi dan teratur.

2.      Meminimalisir Meeting

Banyak orang yang selalu melakukan rapat, padahal itu sudah menjadi pembahasan yang tak kunjung usai. Ini menjadi tidak efektif. Bukankah lebih baik jika karyawan Anda bekerja ketimbang menghabiskan waktu untuk meeting.

Tapi bukan berarti bahwa meeting itu tidak berguna. Jadi tetaplah meeting ketika ada persoalan yang memang harus dibahas bersama. Atur kapan saat penting untuk memulai rapat demi menjaga manajemen waktu Anda.

3.      Buat File Pengingat

Sekarang smartphone sudah banyak didesain dengan berbagai fitur, seperti jadwal pengingat. Dengan memanfaatkan ini, Anda bisa membuat daftar yang akan mengingatkan Anda ketika ada janji pada bulan ini, bulan depan, atau bulan setelahnya. Dengan demikian, manajemen waktu Anda akan menjadi lebih baik.

Namun jika Anda memang benar-benar tidak memiliki ponsel yang bisa mengingatkan Anda, Anda bisa membawa sebuah buku yang berisi kertas warna-warni. Misalnya kertas merah untuk bulan ini, biru untuk bulan depan, dan hijau untuk bulan setelahnya, dan seterusnya. Ini akan memudahkan Anda dalam mencatat kegiatan Anda.

Kunci manajemen waktu yang baik adalah dengan menghemat waktu tapi tetap fokus pada bisnis yang akan dijalankan.

 

Sumber: Entrepreneur | Foto: Thornton Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.