Teknologi Contactless Jadi Standar Baru Tren Pembayaran

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Visa bersama Traveloka mengadakan talk show interaktif berjudul ”Tren Traveling Lintas Negara untuk Healing Anti-Ribet: a Contactless Journey,” memberikan insights kepada masyarakat bahwa traveling yang anti-ribet – termasuk pembayaran contactless sebagai standar baru tren pembayaran lintas-negara di dalamnya – sudah semakin menjadi pilihan masyarakat global termasuk di Indonesia yang mengedepankan low-touch journey.

Visa

Berdasarkan studi Global Travel Intentions Visa yang dilakukan pada bulan Maret – Juli 2022, terjadi peningkatan sebanyak 420% masyarakat yang ingin menjadi smart traveler. Dimana, mereka ingin merencanakan perjalanan untuk pengalaman liburan yang lebih baik lagi dan tentunya anti repot.

Beberapa temuan lain dari studi ini juga menunjukkan, bahwa masyarakat semakin mencari fleksibilitas perjalanan yang memungkinkan mereka untuk mencari refundable ticket (48%) dan lebih memilih mencari metode pembayaran dengan kartu kredit, termasuk contactless (81%).

Handikin Setiawan, Head of Strategy and Business Planning Visa Indonesia, mengatakan, “Pembayaran dengan kartu contactless tidak hanya menawarkan pengalaman membayar yang aman, mudah, nyaman, dan inovatif, tetapi sebagai metode pembayaran yang sudah menjadi pilihan utama di berbagai belahan dunia. Pembayaran contactless memudahkan masyarakat yang bepergian lintas negara untuk bertransaksi dengan cukup sekali tap di jutaan pilihan merchants.”

Selain studi Visa, database Traveloka juga menunjukan tren baru di tengah masyarakat ketika mereka hendak traveling seperti untuk staycation, workcation, bleisure (perjalanan bisnis dan berlibur), dan sport tourism.

Head of Corporate Partnership Traveloka, Stevens Hendrajaya mengatakan, “Kami sangat antusias dan optimis namun tetap berhati-hati (cautiously optimistic) dengan pemulihan industri pariwisata yang perlahan-lahan mulai bangkit, seiring dengan berbagai program pemulihan sektor pariwisata yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.”

Data internal Traveloka pada kuartal III/2022 juga menunjukkan, terdapat peningkatan pemesanan hingga 5x lipat untuk perjalanan destinasi internasional, dan lebih dari 30% peningkatan pemesanan pada perjalanan destinasi domestik, jika dibandingkan dengan awal tahun 2022. Secara keseluruhan, pemesanan tiket pesawat juga meningkat hingga 4x dibanding pada periode yang sama tahun sebelumnya.

“Traveloka terus berkomitmen untuk beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen yang dinamis. Dengan pendekatan yang customer-centric, kami berupaya untuk selalu fokus dan memahami beragam kebutuhan konsumen sehingga produk dan layanan yang kami kembangkan dapat menjadi solusi yang relevan bagi konsumen. Kemitraan dengan VISA semakin melengkapi komitmen kami dalam menghadirkan pengalaman perencanaan perjalanan konsumen yang mudah dan seamless,” tambah Stevens Hendrajaya, Head of Corporate Partnership Traveloka.

Travel influencer Chiki Fawzi yang memiliki berbagai pengalaman traveling dalam maupun luar negeri juga mengatakan, bagaimana teknologi contactless Visa telah memberikan berbagai macam manfaat, mulai dari kemudahannya, kenyamanan, dan penerimaannya yang sangat luas hingga sampai ke luar negeri sekalipun.

“Dari pengalaman traveling ke luar negeri, punya metode pembayaran yang digital dan cashless memang wajib. Saya selalu membawa kartu berlogo Visa karena sudah diterima di banyak negara. Selain itu, bisa contactless sehingga lebih nyaman dan higienis,” kata Chiki.

Visa sebagai pemimpin pembayaran digital dunia yang memiliki teknologi contactless memberikan pengalaman transaksi dan pembayaran yang cepat, mudah, aman dan higienis, bersama Traveloka sebagai platform travel se-Asia Tenggara yang mempermudah akses untuk segala bentuk akomodasi dari awal hingga akhir, seperti untuk kebutuhan booking hotel, tiket transport, atraksi lokal, kuliner, dan bahkan untuk kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.