Telkomsel Luncurkan Layanan ‘Big Data’

Telkomsel memperkuat visinya sebagai Digital Company dengan meluncurkan layanan terbarunya, ‘Big Data’ kemarin (7/8 ). Big Data merupakan layanan informasi dan analisa data perilaku sehari-hari konsumen secara kolektif.

Vice President Digital Advertising Telkomsel, Haryati Lawidjaja saat memberikan pemaparan mengenai layanan terbaru dari Telkomsel “Big Data”, di Jakarta, Jum’at (7/11)
Vice President Digital Advertising Telkomsel, Haryati Lawidjaja saat memberikan pemaparan mengenai layanan terbaru dari Telkomsel “Big Data”, di Jakarta, Jum’at (7/11)

Layanan ini akan sangat berguna bagi pemasar untuk mengetahui perilaku konsumen yang berkaitan dengan produknya, sehingga dapat merancang strategi bisnis yang lebih terarah kepada kelompok konsumen yang tepat, di saat yang tepat, lokasi yang tepat, dan dengan komunikasi yang tepat pula.

Big data dipercaya akan memberikan berbagai manfaat kepada pelanggan korporat, seperti menyajikan informasi yang mendekati real-time, sehingga pelanggan korporat dapat mengambil keputusan bisnis yang lebih cepat, mengelola consumer experience, dan meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.

Vice President Digital Advertising, Haryati Lawidjaja mengatakan, layanan Big Data Telkomsel akan membantu pelanggan korporat untuk mengolah kumpulan data mentah dalam jumlah besar untuk menjadi suatu informasi yang spesifik, seperti segmentasi dan analisa lokasi.

“Sehingga dapat membantu pengambilan keputusan yang strategis seperti membuat strategi iklan yang lebih akurat, dengan jangkauan yang lebih terarah dan tepat sasaran”, jelas Haryati.

Dia mengatakan bahwa layanan Big Data dari operator selular merupakan yang pertama kalinya di Indonesia. Layanan ini katanya akan memperkaya ekosistem digital di tanah air dan diharapkan dapat membantu perkembangan Indonesia di berbagai sektor.

Layanan Big Data Telkomsel menggabungkan data secara agregat lebih dari 139 juta pelanggannya dengan mengutamakan privasi pelanggan. Data pelanggan dikelola secara anonim, agregat, dan efisien yang dibuat menjadi informasi dan insight yang dikelola dari waktu ke waktu. “Dalam layanan ini tidak ada data pelanggan yang dijual, yang dijual insight nya ,” tegasnya.

Beberapa aplikasi bisnis dari informasi Big Data di antaranya digunakan untuk memantau perubahan jumlah trafik pengunjung pusat; segmentasi konsumen berdasarkan profil tertentu; mengetahui perilaku digital konsumen, pola pergerakan konsumen antar lokasi, dan perilaku konsumen terhadap produk dan servis.

Dengan tidak menyebut angka pastinya, investasi yang dibenamkan Telkomsel di layanan Big Data angkanya cukup besar. Saat ini sudah ada tiga perusahaan yang dalam proses negosiasi menjadi klien layanan Big Data Telkomsel, salah satunya maskapai penerbangan.

Tony Burhanudin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.