Telkomsel Mitra Inovasi Pimpin Pendanaan Pre-Series B EdenFarm

Marketing.co.id  –  Berita Digital Techno | EdenFarm, startup Tanah Air yang berfokus dalam memperkuat ekosistem pangan di Indonesia berhasil memperoleh US$ 13,5 juta pada putaran pendanaan Pra-Series B terbarunya yang dipimpin oleh Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) sebagai unit modal ventura Telkomsel.

Pendanaan tersebut dilakukan TMI bersama Appworks dan AC Ventures, serta didukung oleh perusahaan venture lainnya seperti Decart Ventures, Fubon Capital, Trihill Capital, OCBC NISP Ventura, Nakhla dan Capria Ventures.

Aksi korporasi ini merupakan upaya kongkret Telkomsel dan TMI dalam mendorong pemberdayaan startup digital potensial Tanah Air dan sektor pertanian Indonesia untuk dapat lebih maju dan berkembang melalui pemanfaatan dan pengoptimalan teknologi digital terdepan dan berkelanjutan.

EdenFarm, startup pionir yang berfokus pada layanan pangan untuk segmen B2B, memulai bisnisnya pada tahun 2017 dengan visi menyederhanakan rantai distribusi pangan B2B di Indonesia, serta memperkuat ekosistem pangan untuk meningkatkan kesejahteraan petani, pelaku usaha makanan melalui konsistensi permintaan yang akurat, serta menghadirkan berbagai pelatihan dan dukungan teknologi yang tepat.

Baca juga: Startup Teknologi Pangan Terpadu Ini Baru Saja Raih Pendanaan Pre-seed

EdenFarm saat ini telah melayani lebih dari 50.000 pelanggan di segmen B2B, mulai dari pasar sekunder, pelaku UKM di bidang kuliner, HOREKA (hotel, restoran, & kafé), hingga mitra startup.

EdenFarm berhasil memperoleh pendanaan US$ 34,5 juta di sepanjang putaran pendanaannya sejak didirikan pada 2017. Investasi yang telah didapat tersebut akan menjadi modal bagi EdenFarm untuk memperkuat penetrasi dalam menjaring lebih banyak mitra petani di seluruh Indonesia, serta meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menghadirkan solusi berbasis teknologi yang dapat mengatasi permasalahan efisiensi pada distribusi guna mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia.

CEO Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) Mia Melinda mengatakan, TMI percaya pentingnya penggunaan “tech for good” dengan tujuan dan dedikasi untuk mendukung pemberdayaan entrepreneur maupun UKM yang dapat berdampak positif bagi perekonomian Indonesia.

Dia juga mengatakan, jaringan B2B food supply chain EdenFarm yang kuat dari hulu ke hilir telah berhasil mendorong pemberdayaan petani lokal untuk memperoleh pendapatan yang lebih baik sekaligus memberikan dampak positif di pedesaan.

TMI – EdenFarm
Telkomsel dan TMI mendorong pemberdayaan startup digital potensial Tanah Air dan sektor pertanian Indonesia melalui EdenFarm dengan jumlah US$ 13,5 juta pada putaran pendanaan Pra-Series B. Telkomsel mempertegas komitmen melalui TMI dalam upaya memperkuat ekosistem digital nasional yang berdampak dan berkelanjutan.

“Oleh karena itu, kami sangat bersemangat untuk mendukung ekosistem pangan EdenFarm melalui pendanaan dan kolaborasi jangka panjang dengan Telkomsel Digital Food Ecosystem (DFE) yang merupakan salah satu inisiatif Telkomsel untuk mendukung digitalisasi sektor pertanian, serta kerja sama strategis lainnya guna memperkuat platform EdenFarm untuk menjangkau seluruh wilayah Indonesia sebagai langkah tepat mengamankan ketahanan pangan jangka panjang di Indonesia,” ungkap Mia.

Founder dan CEO EdenFarm David Setyadi Gunawan menyampaikan, pendanaan terbaru ini akan memperkuat posisi EdenFarm sebagai pemain teknologi terbesar di sektor pertanian dan jasa pangan. “Kami yakin kemitraan dengan Telkomsel ini akan memberikan manfaat yang signifikan bagi platform kami,” tandasnya.

Baca juga: Syngenta Perkenalkan Ekosistem Pertanian CENTRIGO™ di Indonesia

EdenFarm telah mengalami pertumbuhan hampir 60 kali lipat dalam 40 bulan terakhir. Hal ini, kata David, telah memperkuat fondasi perusahaan untuk tetap menguntungkan di jalurnya dan menjadikannya sebagai pemimpin di antara pemain lainnya yang justru mengalami kerugian.

“Hal tersebut menandakan bahwa EdenFarm saat ini merupakan pemimpin pasar dalam teknologi pertanian di Indonesia. Kami bertujuan untuk meningkatkan laba dalam 12 bulan ke depan, seiring dengan pertumbuhan 3,5-4 kali secara YoY. Dari situ, kami akan fokus dalam berekspansi ke pasar yang baru,” jelas David.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.