Telkomsel Siap Menyambut Momen NARU

Marketing.co.id – Berita Digital & Techno | Mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama momen Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (NARU kali ini), Telkomsel mengambil langkah antisipatif dengan melakukan optimalisasi jaringan, khususnya untuk kenyamanan konektivitas broadband 4G/LTE di 471 Point of Interest (POI) yang tersebar di seluruh Indonesia.

POI tersebut mencakup 124 area residensial, 266 area spesial (alun-alun dan pusat perbelanjaan), 5 rumah sakit utama penanganan COVID-19, 6 tempat ibadah, serta 70 titik strategis utama lainnya di tiap provinsi (meliputi titik jalur distribusi logistik seperti bandara, pelabuhan, stasiun, jalan raya utama, rest area, serta fasilitas umum lainnya).

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, Telkomsel sebagai society enabler konsisten untuk #BukaSemuaPeluang melalui optimalisasi infrastruktur jaringan broadband agar semua orang bisa tetap terhubung pengalaman digital yang maksimal walau dalam keterbatasan mobilitas.

“Kami juga telah melakukan peningkatan layanan pelanggan, serta menghadirkan program berbagi kebaikan dengan semangat #YangKitaBisa kepada masyarakat membutuhkan, melalui program tanggung jawab perusahaan di momen Natal 2021. Kami ingin terus dapat membuka lebih banyak harapan dalam menyambut Tahun Baru 2022 dengan mendorong komitmen #TerusNyalakanSemangat dalam mendukung pelanggan dalam menyongsong optimisme kebangkitan di tahun depan,” papar Nugroho.

Baca juga: Tips Bagi Bisnis di Indonesia Agar Siap Melaju di 2022 

Sepanjang momen NARU kali ini, dibandingkan hari biasa, Telkomsel memproyeksikan trafik layanan data (payload) pada momen perayaan Natal 2021 akan mengalami peningkatan sebesar 8,38% dan malam Tahun Baru 2022 akan melonjak hingga 15,08%, dengan total payload diprediksi mencapai 45.877 TB.

Prediksi tersebut juga didorong pada tren perubahan perilaku pelanggan selama masa pandemi sepanjang tahun ini, di mana terjadi pergeseran pemanfaatan akses layanan berbasis digital untuk kebutuhan mendukung aktivitas keseharian, seperti akses layanan media sosial yang diprediksi tumbuh sekira 23,42%, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 27,83%, layanan streaming video meningkat sekira 27.44%, layanan mobile gaming melonjak hingga 18,17%, akses browsing naik 27,92%, serta akses layanan e-commerce yang juga tumbuh sekira 67,29%. Sedangkan untuk trafik pada layanan SMS, Telkomsel memprediksi akan terjadi pertumbuhan sebesar 3,25%, dan layanan panggilan suara diproyeksi akan turun 4,5%.

Nugroho menjelaskan, guna memastikan pelanggan bisa mendapatkan pengalaman menelepon yang lebih baik dan jernih sambil mengakses jaringan broadband, baik itu browsing, gaming, chatting maupun video streaming secara bersamaan, cakupan jaringan VoLTE Telkomsel kini telah dapat dinikmati pelanggan di 320 kabupaten/kota yang tersebar di wilayah Indonesia.

NARU Telkomsel
Telkomsel melakukan uji kecepatan terhadap jaringan 4G dan 5G, di sela-sela agenda drive test jaringan Telkomsel di periode Natal dan Tahun Baru 2021.

Guna memastikan pelanggan tetap nyaman dalam menikmati pelayanan yang prima, Telkomsel telah mengoptimalkan seluruh channel layanan digital untuk pelanggan. Pelayanan digital tersebut dapat diakses melalui saluran komunikasi di akun media sosial Twitter @Telkomsel, layanan email customer care, layanan asisten virtual seperti melalui di aplikasi MyTelkomsel dan situs www.telkomsel.com, instant messaging, serta layanan call center yang beroperasi 24 jam. Aplikasi MyTelkomsel sendiri kini telah dilengkapi sejumlah tambahan fitur unggulan, di antaranya kemudahan bagi pelanggan dalam pembelian pulsa ataupun paket layanan telekomunikasi lainnya menggunakan ragam opsi pembayaran elektronik seperti LinkAja, GoPay, OVO, Dana dan Kredivo.

Pada momen NARU ini Telkomsel juga menggelar rangkaian program CSR. Program CSR difokuskan untuk memberikan bantuan modal, paket sembako dan suplemen, serta donasi kepada  anak negeri yang terdiri dari anak yatim piatu yang terdampak pandemi, masyarakat kurang mampu dalam kondisi sakit, pemilik usaha kecil terdampak pandemi, tenaga kesehatan, serta pengelola tempat ibadah dan yayasan.

Baca juga: Program CSR Sharp Mapan Panen 49 Ton Gabah Beras

“Semangat berbagi yang terus diimplementasikan oleh Telkomsel merupakan bentuk upaya kami dalam menjaga semangat, harapan, dan optimisme seluruh masyarakat yang telah berjuang dalam melewati situasi yang masih menantang di tahun ini. Sebagai bagian dari bangsa ini, kami akan terus mengajak masyarakat untuk tetap menghadirkan semangat kebangkitan, bergotong royong, serta terus bergerak maju bersama-sama menyongsong masa depan dengan membuka peluang kemajuan menjadi lebih baik,” pungkas Nugroho.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.