Tentang Anak: Pola Asuh Zaman Dulu vs Zaman Sekarang 

0
608
Aplikasi Monkey meningkatkan literasi anak-anak Stories, Solusi Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak.

pola asuh anak, zaman dulu vs zaman sekarang Aplikasi Monkey Stories, Solusi Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak.Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Seringkali menjadi pertanyaan, apakah pola asuh anak seperti zaman dahulu masih relevan diterapkan orang tua di zaman sekarang dan bagaimana mereka menyikapi hal tersebut serta beradaptasi dengan zaman yang sudah berubah seperti sekarang?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Tentang Anak, ekosistem parenting dan tumbuh kembang anak, mengundang Opa H. Faisal dan Oma Dewi Zuhriati dan Psikolog Anak dan Remaja Grace E. Sameve M.A, M.Psi, Psikolog Anak dan Remaja dalam webinar mingguannya beberapa waktu lalu.
“Melalui webinar ini kami berharap dapat menjawab berbagai pertanyaan orang tua zaman sekarang sehingga dapat menerapkan pola asuh yang sesuai ke anak-anaknya di rumah, guna menciptakan suasana pengasuhan di rumah yang lebih nyaman untuk semua keluarga dan lingkungan,” ujar Founder Tentang Anak Official dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A.
Selama sesi webinar, Grace memaparkan bahwa pola asuh zaman dulu dan zaman sekarang mengalami perubahan karena adanya berbagai faktor, di antaranya seperti perubahan teknologi, stereotipe, dan mitos yang beredar di kalangan masyarakat.
Ada berbagai saran dan tips yang bisa diterapkan orang tua di rumah agar tidak bingung mengenai pola pengasuhan yang baik di zaman sekarang, seperti: (1) orang tua harus ingat bahwa mengasuh anak merupakan proses belajar terus menerus, (2) sehingga orang tua juga harus beradaptasi, terbuka dan kritis. (3) Tujuan dari pola asuh anak juga bukan selalu untuk mengadaptasi pola asuh yang ‘kekinian’, namun lebih fokus untuk menemukan formula yang sesuai dan (4) belajar untuk seimbang serta berempati dengan anak.
Pola Asuh Zaman Dahulu vs Zaman Sekarang versi Opa H. Faisal dan Oma Dewi
Seperti yang kita ketahui, Opa H. Faisal dan Oma Dewi Zuhriati kini kembali berperan menjadi orang tua bagi cucu satu-satunya, Gala Sky Andriansyah, yang merupakan anak dari mendiang Febri Andriansyah dan Vanessa Angel.
Pada kesempatan ini, Opa H. Faisal dan Oma Dewi Zuhriati membagikan apa perbedaan yang dirasakan ketika merawat ke-4 anaknya di zaman dahulu dengan sekarang saat merawat Gala.

  • Ketika mendidik ke-4 anaknya sejak kecil, penting untuk menanamkan kegigihan di setiap individu anak-anaknya. Sehingga anaknya bisa tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab, terutama bagi keluarga.
  • Selalu memantau tumbuh kembang anak-anaknya dari kecil hingga besar, sehingga anak-anaknya tidak lupa dengan berbagai kewajiban mereka sebagai seorang anak.
  • Kesulitan dan membutuhkan waktu yang lama dalam menyaring informasi dan mitos yang beredar pada zaman dahulu. Karena sulitnya mengakses dan memvalidasi kebenaran dari sebuah informasi dengan teknologi yang belum maju seperti sekarang.
  • Sedangkan untuk saat ini, dalam mengasuh Gala yang masih batita, Opa H. Faisal dan Oma Dewi Zuhriati mengaku lebih fokus untuk memenuhi kebutuhan gizi harian Gala, dengan harapan Gala dapat bertumbuh secara optimal sesuai dengan pertumbuhan usianya.
  • Terbuka dan kritis dengan informasi terbaru, salah satunya melalui aplikasi Tentang Anak untuk mengakses berbagai informasi pola asuh terbaru di zaman sekarang, seperti resep makanan bernutrisi, artikel parenting dari berbagai ahli yang tentunya memiliki sumber yang kredibel dan tidak perlu diragukan lagi.

Opa H. Faisal menambahkan, “Opa dan Oma berusaha untuk selalu beradaptasi dengan teknologi dan zaman yang sudah berubah seperti sekarang, terutama dalam menerapkan pola asuh yang relevan untuk cucu kami. Kami bersyukur saat ini dapat mengakses informasi yang valid langsung dari ahlinya melalui aplikasi Tentang Anak,” ujar Opa H. Faisal.
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.