Terjebak nostalgia, Agate Studio Hadirkan Game “Pancasila 5 Dasar”

1
1398

Agate Studia luncurkan Game Pancasila 5 DasarIndonesia kaya akan kearifan lokal, salah satunya adalah permainan tradisional. Salah satu permainan tradisional yang sangat populer pada zamannya adalah “Pancasila 5 Dasar”.

Permainan ini dikenal dengan nama yang berbeda-beda sesuai dengan daerah masing-masing, beberapa nama yang terkenal adalah “Pancasila Ada 5”, “Sobyong”, “Garuda 45”, “Gagarudaan”, dan banyak nama lainnya, dengan cara permainannya yang kurang lebih sama.

Keunggulan utama dari permainan ini adalah cara bermainnya yang tergolong mudah, cukup lakukan hom-pim-pah, dan tunjukkan jari dalam jumlah berapapun yang diinginkan, dan hitung jumlahnya sesuai dengan urutan alfabet.

Setelahnya tinggal menggunakan alfabet tersebut sebagai huruf depan nama buah, kota, binatang, atau apapun yang telah disepakati sebelumnya.

Menebaknya secara bergantian atau adu cepat, yang gagal atau terakhir menyebut akan kalah dan biasanya terkena hukuman.

Di era digital di mana permainan tradisional mulai terkesan ketinggalan jaman, tentunya permainan “Pancasila 5 Dasar” ini pun sudah semakin dilupakan.

Bahkan mungkin banyak anak muda yang belum pernah merasakan keseruan permainan ini. Hal inilah yang mendorong Agate Studio untuk membuat game “Kuis Pancasila 5 Dasar”.

“Kami ingin mempopulerkan kembali permainan tradisional ini di kalangan generasi muda sehingga bisa tetap dilestarikan, salah satu cara yang menurut kami cukup efektif adalah dengan membawanya ke platform yang sering mereka akses, yaitu smartphone,” ungkap Dave Fabrian, salah satu kru Agate Studio yang terlibat dalam pengembangan game ini.

“Harapan kami melalui game ini, pemain dapat merasakan pengalaman bermain game tradisional yang menyenangkan dan ketika nanti berkumpul bersama keluarga dan teman-teman, kalian bisa mencoba memainkannya secara langsung bersama mereka tanpa melalui smartphone,” tambahnya.

Permainan ini juga dapat memberikan nuansa nostalgia pada orang-orang dewasa yang sewaktu kecil memainkan permainan tradisional ini dan ingin menikmatinya lagi bersama keluarga dan teman masa kecil yang mungkin sudah terpisah jarak dan waktu.

Hadirnya fitur sosial memungkinkan pemain untuk memberikan tantangan kepada teman melalui media sosial seperti Facebook. pemain juga dapat bermain melawan orang lain secara acak dan membuktikan siapakah yang paling luas pengetahuannya.

Permainan ini dirilis untuk perangkat berbasis Android dengan target market utama anak muda. Secara umum, cara bermain dna peraturannya sama dengan versi tradisionalnya, hanya di versi mobile setiap pemain akan diberikan batasan untuk menjawab pada gilirannya.

Setiap pemain akan daoat memunculkan jari secara digital, yang nantinya akan dihitung bersama dengan jumlah dari pemain lain.

Pilihan kategori nama-nama yang dapat digunakan dalam permainan pun bervariasi, mulai dari nama negara, buah, binatang, ibukota, dan banyak lagi. Game Pancasila 5 Dasar ini dapat diunduh secara gratis di Google Play.

 

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.