Terus Berinovasi, SOHO Sukses di Pasar Obat Natural

0
1176
Dok. SOHO

Dok. SOHO

marketing.ci.id, Jakarta –Sebagai Perusahaan Farmasi yang Menjadi Pelopor dalam Memproduksi dan Memasarkan Obat-Obatan Natural. SOHO Group berhasil mengukir prestasi diakhir tahun 2011 dengan  meraih penghargaan Rekor Bisnis (ReBi).

Sukses yang diraih  SOHO Group  bukan tanpa pengorbanan.  Saat krisis moneter melanda Bumi Per­tiwi pada 1998, banyak perusahaan farmasi terutama PMDN kembang-kem­pis. Di tengah kondisi seperti itu, SO­HO Group berpikir ulang untuk terus maju dalam kan­cah persaingan obat branded generics. Maka setelah krisis, SOHO Group  menjalankan strategi baru dengan meng­ubah haluan bisnisnya. SOHO Group memutuskan untuk menggarap pasar baru yakni pengembangan obat yang berasal dari ba­han natural.

“Seperti yang dikatakan oleh Jack Trout dalam bukunya yang berjudul: Dif­fe­rentiate or Die, Survival in Our Era of Kil­ler Competiton, maka  SOHO Group mela­ku­kan Dif­ferentiate to Stand Out from Competition. Jadilah SOHO Group mela­ku­kan diferensiasi yakni selain memproduksi produk mee too yang berbasis ki­mia, juga berdedikasi penuh memproduksi dan me­masarkan obat berbasis natural di pasar re­sep maupun OTC. Langkah ini membuat SOHO menjadi satu-satunya perusaha­an farmasi yang memiliki positioning ber­be­da dengan perusahaan farmasi lain,” ujar dr. Hindrianto Lukas.

Pria yang kini tengah menjabat sebagai Managing Director SOHO Group Pharma ini mengatakan, sebenarnya sebelum krisis, SOHO Group telah mempunyai produk yang berasal dari alam seperti Curcuma® ta­blet, Curcuma Plus® sirup, dan Matovit®. Ke­tiga obat ini dipasarkan melalui dokter atau diresepkan. Namun menjelang ta­hun 2000, SOHO Group sepakat akan fokus pada produk obat berbahan alami ini se­lain bahan bakunya murah dan harga­nya stabil karena berasal dari dalam ne­ge­ri, saat itu pemain di bidang ini juga ma­sih sangat jarang. Dan SOHO Group perusahaan farmasi swasta pertama dan satu-satunya yang merambah pa­sar resep obat alami,” jelas Hindrianto.

Strategi dan langkah yang di­tempuh SOHO Group sangat jitu untuk me­ning­katkan performa perusahaan. Stra­te­gi ini tak hanya mampu membuat SO­HO Group melompat lebih tinggi, tapi juga bisa menancapkan ‘taring’nya di pasar resep dan mengulang kembali masa suksesnya, seperti pada era 1970-an. Ini terlihat dari hasil badan riset pasar bebas internasio­nal (IMS survey) yang menunjukkan, SO­HO Group merupakan perusahaan farma­si yang memiliki pertumbuhan tercepat di­an­tara  perusahaan besar farmasi lainnya di Indonesia, sejak tahun 2000 hingga se­karang.

Meskipun saat ini persaingan dan kom­­petisi obat alami mulai ramai, namun SOHO Group tetap percaya diri dan malah me­rasa diuntungkan. Untuk tetap me­nang, SOHO Group tak berhenti berinovasi. Berbagai produk baru telah dikembang­kan. Misalnya saja, Imboost Effer­ves­cent, satu-satunya formula effervercent echinaceae yang ada di Asia. Selain itu, baru-baru ini SOHO Group juga telah meluncurkan produk obat alami teranyar mereka yaitu Asthin® Force. Asthin® Force mengandung astaxanthin yang merupa­kan antioksidan terkuat dan teraman ka­re­na tidak memiliki efek prooksidan.

Untuk bisa melahirkan produk-produk unggulan tersebut, selain memiliki bagian R&D, SOHO Group juga tak segan-segan bekerja sama dengan lem­baga penelitian dan universitas terkemuka, baik di Tanah air maupun luar ne­ge­­ri.

Kedepannya, sebagai Perusahaan Farmasi yang Menjadi Pelopor dalam Memproduksi dan Memasarkan Obat-Obatan Natural, membuktikan bahwa SOHO Group akan selalu berkomitmen untuk terus berinovasi dalam memproduksi dan memasarkan obat-obatan natural, pungkas Hindianto.

Cecep Supriadi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.