Tes Kesehatan Mental: 7 Tanda Kesehatan Mental Anda Terganggu

0
10
allianz indonesia peduli nakes
Allianz Indonesia, melalui Yayasan Allianz Peduli, dan PION Clinician menyelenggarakan Program Peduli Nakes berupa rangkaian kegiatan yang dapat menunjang kesehatan mental, untuk para tenaga kesehatan yang berada di garda depan penanganan COVID-19, serta keluarga mereka. Program Peduli Nakes ini terdiri dari tiga kegiatan, yaitu Layanan Konseling Daring, Webinar: Relaksasi untuk Nakes serta Layanan via Youtube dan Podcast, yang kesemuanya diharapkan dapat membantu para nakes dan keluarga memahami masalah-masalah psikologis.

Merasa putus asa dan keinginan untuk mati? Pertimbangkan Tes Kesehatan Mental di SehatQ

Tes Kesehatan Mental: 7 Tanda atau Gejala Mental Anda Terganggu.

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Tak jarang kesehatan mental yang buruk dapat mengacaukan kehidupan kita. Oleh karena itu, menjadi sangat penting untuk melakukan tes kesehatan jika mendapati kondisi-kondisi yang mengarah ke ketidakstabilan emosi ataupun gejala lain yang menunjukkan kondisi mental yang terganggu.

Ada banyak cara yang bisa Anda tempuh untuk melakukan tes kesehatan mental. Pergi ke psikolog untuk melakukan tes ini mungkin terdengat sedikit menyeramkan dan membuat Anda enggan melakukannya karena khawatir pandangan orang lain. Pilihan lainnya adalah melakukan tes kesehatan mental di SehatQ yang membuat Anda merasa lebih terlindungi dari segi privasi karena kemungkinan orang lain mengetahui tes yang Anda jalani sangat minim. 

Mulai sekarang, jangan ragu atau menunda menjalankan tes kesehatan mental jika memiliki kecurigaan terkait kondis mental Anda. Khususnya apabila Anda merasakan gejala-gejala di bawah ini, sebaiknya segera log in di SehatQ untuk bisa melakukan tes kesehatan mental dasar yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk tes selanjutnya jika diperlukan. 

Gampang Takut dan Gelisah 

Tanda-tanda kesehatan mental yang kurang baik dapat dilihat dari seberapa mampu Anda mengelola rasa takut. Ketika Anda menjadi lebih gampang takut dan selalu gelisah terhadap berbagai kondisi yang sebenarnya tidak membahayakan, lebih baik segera melakukan tes kesehatan mental guna memastikan kondisi mental Anda. 

Menjadi Anti Sosial 

Dulu Anda adalah orang yang senang berkumpul dan berinteraksi dengan orang lain. Namun entah mengapa, belakangan menjadi menarik diri dari orang-orang dan terkesan menjadi anti sosial. Jika sudah demikian, tidak ada alasan untuk tidak melakukan tes kesehatan mental. Perubahan sosialisasi seseorang pada kenyataannya sangat dipengaruhi oleh kondisi mentalnya. 

Kurang Tidur atau Justu Berlebihan 

Kesehatan mental seseorang sangat mudah ditangkap dari pola tidurnya. Jika Anda merasa tiba-tiba menjadi sulit tidur bahkan insomnia, waspadai hal ini sebagai sinyal adanya masalah mental. Anda juga patut curiga jika tiba-tiba memiliki kebiasaan tidur berlebihan sepanjang hari. Cobalah untuk segera melakukan tes kesehatan mental karena bisa jadi ada gangguan mental yang Anda alami. 

Pola Makan Berantakan 

Pola makan Anda juga bisa menunjukkan kondisi mental! Hati-hati jika pola makan Anda sudah berantakan karena bisa jadi ada masalah mental yang belum ada sadari. Umumnya, orang-orang yang memiliki masalah kesehatan mental memiliki kebiasaan makan berlebihan atau justru sangat kurang dengan waktu yang tidak menentu. 

Mudah Marah dan Bertikai 

Kesehatan mental yang terganggu akan membuat penderitanya menjadi sulit mengendalikan dan mengontrol emosi. Hal inilah yang pada akhirnya membuat seseorang dengan masalah mental menjadi lebih mudah marah dan bertikai dengan orang lain. Anda patut curiga jika akhir-akhir ini menjadi sosok yang lebih pemarah dan gampang bermasalah dengan orang lain. Keputusan melakukan tes kesehatan mental perlu Anda pilih guna memastikan kondisi mental yang sedang Anda hadapi. 

Mudah Lupa dan Linglung 

Anda menjadi sangat pelupa dan terkesan linglung bukan melulu disebakan oleh kondisi otak yang mengalami gangguan. Kondisi mudah lupa dan linglung juga bisa dipicu oleh kesehatan mental yang buruk. Jika akhir-akhir ini Anda mendadak menjadi lebih mudah lupa dan gampang bingung, tidak ada salahnya memeriksakan tes kesehatan mental di SehatQ ataupun psikolog secara langsung. 

Sering Sakit dan Nyeri 

Rasa sakit dan nyeri lumrah terjadi ketika Anda menderita suatu penyakit ataupun sehabis mengalami cedera. Namun, jika Anda terlalu sering mengalami nyeri dan sakit tanpa alasan yang jelas, cobalah melakukan tes kesehatan mental dan konsultasi ke psikolog. Tidak jarang masalah mental berdampak pada fisik, yang salah satunya menimbulkan rasa nyeri dan sakit tanpa alasan yang jelas. 

Gejala dari masalah kesehatan mental di atas barulah tahap awal yang membuat Anda mesti melakukan tes kesehatan mental. Lebih waspadai jika Anda memiliki rasa putus asa dan keinginan untuk mati. Cara terbaik yang bisa Anda lakukan ketika merasa hal tersebut adalah meminta bantuasn support system Anda dan pergilah ke psikolog maupun psikiater guna mendapatkan penanganan yang tepat. 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.