Tetap Eksis Ditengah Dominasi Asing

0
704

Marketing.co.id- Kebijakan pemerintah mengenai konversi minyak tanah ke gas pada 2007 silam membuat industri kompor gas makin menggeliat.

Meski industri ini didominasi oleh merek asing. Namun, ada satu brand lokal yang justru mencuat di tengah persaingan, Quantum.

Meski terbilang baru, perusahaan ini mampu mengukir prestasi penjualan yang cemerlang di dua dekade terakhir. Apa yang membuatnya Sukses?

Dari sisi produk, kompor gas Quantum memiliki tiga keunggulan yakni, efisiensi dalam arti irit gas, inovasi dari segi desain,  serta pemantik elektronik yang diklaim perusahaan sebagai yang pertama di Indonesia.

Selain itu, kesuksesan Quantum juga juga didorong oleh pengoptimalan empat saluran yakni, penjualan langsung ke konsumen (direct selling), distribusi ke pasar tradisional dan pasar modern, serta pengembangan jalur ekspor.

Menjual kompor tidak sekedar menjual begitu saja, yang terpenting harus memiliki jaringan distribusi yang baik supaya produk bisa menyebar dan mencapai konsumen, ungkap Ruwono Sosrodimulyo, Persiden Direktur Aditec Cakrawiyasa kepada wartawan majalah Marketing.

Untuk komunikasi brand, perusahaan mempercayakannya kepada aktivitas below the line seperti sponsorship acara kuliner dan demo masak.

Berbekal sukses di 16 tahun perjalanannya, kini perusahaan menargetkan penjualan hingga Rp 1 triliun. Untuk mendukung ambisinya, perusahaan akan terus menjaga kualitas, terus memperbaiki hubungan dengan para distributor, dan meningkatkan jaringan layanan purna jual. (M)

Artkel mendalam dapat Anda baca di majalah MARKETING edisi 02/2012

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.