Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Tiga Langkah Hadapi Masalah ala Nabiel Makarim

www.marketing.co.id – Sabtu, 31 Agustus 2013 pada jam 10:50 s.d. 10:55, saya mendapatkan panggilan dan berbicara melalui telepon dengan seorang tokoh nasional, Bapak Nabiel Makarim. Beliau mengundang saya untuk datang dan berbincang mengenai banyak hal di rumahnya.

pic source: Wikipedia; Nabiel MakarimBagi para pembaca yang belum mengetahui Bapak Nabiel Makarim, beliau adalah mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup tahun 2001 – 2004. Beliau juga putra bangsa lulusan Harvard dan MIT Sloan yang notabene terkenal sebagai jajaran universitas terbaik di dunia. Mau tau lebih jauh? Silahkan telusuri nama beliau di internet.

Pada pertemuan di rumahnya selama sekitar tiga jam, saya mendapatkan begitu banyak ilmu berharga yang tidak mungkin saya bagi semuanya dalam artikel pendek ini. Jadi, saya akan fokus menyampaikan langkah-langkah yang diajarkan Pak Nabiel setiap kali kita menghadapi mesalah.

Pak Nabiel Makarim mengajarkan bahwa cukup lakukan tiga langkah saat menghadapi masalah. Tiga langkah tersebut antara lain:

1.       Focus – Fokus

Fokuslah pada masalah. Definisikan masalah sebaik dan sejernih mungkin. Ingat bahwa masalah adalah pertanyaan yang harus dipertimbangkan dan dicari solusi atau jawabannya. Jika Anda sudah berhasil mendefinisikan masalah dengan jernih, mencari jawabannya akan jauh lebih mudah.

2.       Simplify – Sederhanakan

Simpel – sederhana berbeda dengan gampang. Sangat banyak manusia berpikir bahwa simpel sama dengan gampang. Akibatnya, tindakan mereka mengikuti pikiran mereka dan menimbulkan permasalahan yang lebih besar lagi, alih-alih menyelesaikan masalah.

Pengertian simpel dan sederhana di sini adalah memikirkan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikan atau menjawab pertanyaan yang telah kita tetapkan di langkah pertama. Setiap masalah tentunya memberikan langkah-langkah penyelesaian yang berbeda. Buatlah langkah-langkah tersebut secara terukur agar mempermudah kita dalam bekerja dan mengelola kehidupan.

3.       Enforce – Laksanakan!

Anda sudah mendefinisikan masalah, Anda juga sudah memikirkan langkah-langkah sebagai jawaban atas masalah yang Anda hadapi. Kini, cukup bismillah dan laksanakan langkah-langkah yang sudah Anda rencanakan!

Jangan berpikir njlimet – susah. Dunia ini sudah penuh dengan orang yang berpikir njlimet serta menggampangkan masalah, bukannya menyimpelkan masalah. Cukup bismillah dan nawaitu – niat (saya berniat). Terima kasih banyak untuk Bapak Nabiel Makarim atas ilmu-ilmu dan pengalaman hidup yang telah Anda ajarkan kepada saya. Semoga saya dapat kembali memberikannya kepada orang-orang di sekitar saya. (Andika Priyandana – Chief Editor Marketing.co.id)

 

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top