Tiga Perusahaan Digital Kolaborasi Bentuk Komunitas Pahlawan UKM

0
1689

Sejumlah perusahaan teknologi semakin gencar mendengungkan gerakan UKM Go Online, bahkan Go Digital untuk mendorong UKM bergerak menuju era digital sebagai upaya  meningkatkan bisnis mereka secara signifikan.

Tak mau ketinggalan, tiga perusahaan digital, Moka, Sleekr dan KoinWorks berkolaborasi membentuk komunitas bertajuk “Pahlawan UKM (PUKM)” sebagai wadah edukasi bagi UKM untuk “melek digital”, mulai dari literasi terhadap fitur-fitur operasional bisnis secara daring hingga pemasaran digital.

Ketua Operasional Komunitas Pahlawan UKM sekaligus Head of Community and Event MokaPOS, Achmad Ja’far Al Fakhry, mengatakan, UKM yang tergabung akan diedukasi untuk mengembangkan bisnisnya lewat platform digital.

“Penerapan dari ​platform digital dapat memberikan keuntungan yang variatif bagi UKM, tidak hanya dari cakupan (​reach) tetapi juga ke aktivitas operasional hingga pendanaan,” jelas Achmad.

Menandai peluncuran Komunitas Pahlawan UKM ini, Moka, Sleekr dan KoinWorks menyelenggarakan seminar di Jakarta Creative Hub, Jakarta. Ada pun UKM yang bergabung berjumlah 70 UKM yang  berasal dari beragam latar belakang bisnis mulai dari kuliner, fesyen, ritel, jasa dan lainnya.

“Seminar pertama ini masih fokus melibatkan UKM di Jakarta karena populasi terbanyak di daerah ini. Namun, ke depannya akan diselenggarakan di kota-kota besar lain seperti Surabaya, Bandung. Harapannya komunitas ini memberikan dampak yang signifikan bagi UKM di Indonesia,” ujar Achmad.

Dengan diresmikannya Pahlawan UKM, diharapkan 55,6 juta UKM Indonesia dapat memiliki tambahan akses edukatif untuk mengembangkan usaha mereka melalui penerapan teknologi digital.

“Komunitas Pahlawan  UKM Indonesia memiliki target agar mampu menjadi pondasi penting bagi pertumbuhan pelaku UKM. Sebagai komunitas bisnis yang berfokus pada literasi digital maupun offline, kami hadir sebagai pendukung utama dalam perkembangan bisnis mereka,” imbuh Debby Lufiasita, Head of Communications KoinWorks.

Banyak keuntungan aplikatif yang dapat UKM bagi pengembangan usaha mereka yang dihadirkan ketiga inisiator komunitas ini. Mulai Moka sebagai penyedia layanan ​Point of Sale (POS) berbasis digital yang dipercaya oleh lebih dari 10 ribu outlet UKM yang tersebar di 200 kota dan kabupaten di Indonesia.

Sementara Sleekr sebagai perusahaan penyedia platform bisnis berbasis komputasi awan dalam pengelolaan manajemen akuntansi keuangan dan karyawan (SDM). Sleekr yang menawarkan Software HR dan Akuntansi telah digunakan lebih dari 2.000 organisasi dan 70.000 karyawan.

Selanjutnya KoinWorks sebagai penyedia layanan finansial pinjaman dengan sistem P2P ​Fintech Lending.Saat ini telah menyalurkan pembiayaan ke 2.000 UKM dan 70.000 investor, dengan rata-rata pinjaman Rp50 juta – Rp70 juta.

“Seluruh anggota Pahlawan UKM akan diberikan akses eksklusif terhadap seluruh produk/layanan dari ketiga perusahaan tersebut secara lebih mudah dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis mereka,” beber Diana Octavia, Marketing Manager Sleekr.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.