Tingkatkan Efektivitas Marketing Anda

0
748

Banyak perusahaan besar melakukan pendekatan dibawah ini untuk memangkas anggaran marketing mereka.

Mampukah pendekatan ini bekerja bagi Anda?

Berikut pendekatan-pendekatan yang diambil untuk meningkatkan efektivitas kampanye marketing Anda:

Buat penawaran yang tak dapat ditolak

Menyesuaikan produk atau membuat satu produk spesifik untuk konsumen bisa jadi tidak murah, tapi dampaknya pun bisa jadi sepadan. Memahami pola pembelian dan juga tahap kehidupan konsumen secara lebih baik,  dapat membantu kita untuk untuk berada selangkah di depan.

Sebagai marketer, kita seharusnya memperlakukan konsumen sebagai satu pasar spesifik bukan hanya satu kriteria saja. Konsumen harus dipandang sebagai individu dengan kebutuhan dan perlakuan yang berbeda.

Langkah selanjutnya adalah menawarkan produk yang sudah dibuat secara spesifik kepada pasar yang spesifik menggunakan strategi 4P (Product, Place, Price, Promotion). Dengan membentuk satu pasar yang spesifik, tujuannya tentu menjadi lebih jelas, sehingga tidak membuang-buang waktu.

Jual saat mereka siap membeli

Dengan produk tepat, harga yang tepat, serta promosi yang sesuai untuk pasar spesifik tersebut, marketer harus mampu mencapai potential buyer di waktu yang tepat pula.

Jika marketer tak mampu menjualnya saat waktu tersebut, prospek tersebut kemungkinan akan hilang. Konsumen akan cenderung memilih penawaran lain yang lebih kompetitif, atau mungkin memutuskan untuk tidak jadi membeli.

Marketer harus diarahkan untuk membuat kesan berulang kepada konsumen spesifik tadi. Dengan hanya fokus terhadap high potential customer, marketer akan mampu bekerja lebih spesifik. Selanjutnya, kampanye marketing Anda akan lebih efektif dan efisien tanpa membuat pengeluaran kantor membludak.

Eksperimen dan belajar

Kemampuan untuk memprediksi “kematangan” dari keinginan membeli konsumen dapat ditingkatkan dengan melakukan eksperimen pendekatan pasar. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti misalnya berbagi info melalui satu organisasi mengenai perilaku konsumen, atau analisis data secara mendalam untuk memetik satu pembelajaran.

Pendekatan ini memang kedengarannya lebih mudah dikatakan dari dilakukan, namun pendekatan semacam ini bisa jadi satu kunci bagi efektivitas marketing. Dengan mencoba melakukan pendekatan ini,  marketer dapat memangkas pengeluaran dan meningkatkan dampak positif dari suatu kampanye marketing.

(Sumber: inc.com)

 

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.