Tingkatkan Taraf Hidup Petani Lewat Aplikasi

0
1937
sobattani

SobatTani menjadi solusi problema informasi bagi para petani. Seperti apa keistimewaan aplikasi ini?

Potensi Indonesia sebagai sumber ketahanan pangan tidak diragukan lagi. Lahan dan kekayaan sumber daya alam yang melimpah menjadi faktor pendukungnya. Akan tetapi, faktanya beberapa bahan pangan yang pokok justru masih diimpor dari negara lain.

sobattani

Menurut data dari Aliansi Desa Sejahtera (ADS), Tanah Air kita memiliki 77 jenis sumber karbohidrat, 26 jenis kacang-kacangan, dan lebih dari 380 jenis buah-buahan, 75 jenis sumber lemak, dan 273 jenis sayuran. Namun sayangnya, berbagai polemik di ranah ini menyebabkan ketahanan pangan Indonesia terancam.

Salah satunya adalah informasi. Kondisi pertanian kerap dipengaruhi oleh banyak aspek, mulai dari perubahan iklim, kualitas bibit, teknik bertani, sampai tata niaga distribusi pangan. Informasi ini dapat berupa pengetahuan budidaya, solusi pengendalian hama penyakit, informasi cuaca, harga komoditi, asuransi pertanian, dan akses langsung ke konsumen. Segala informasi tersebut belum diterima secara merata oleh para petani.

Padahal petani jelas-jelas merupakan tulang punggung kesinambungan pangan Indonesia. Kerisauan inilah yang melatarbelakangi Rio Reyno Elia, Yogie Setiafriawan, dan Daniel Fanny Judika merumuskan sebuah solusi teknologi yang menjadi jembatan antara para petani dan informasi. Adalah “SobatTani”, sebuah aplikasi berbasis Android yang membantu para petani untuk memperoleh informasi mengenai kegiatan bertani mereka.

sobattani“Tujuan besar kami didasari keinginan untuk meningkatkan taraf hidup petani Indonesia. Aplikasi ini bertujuan untuk mencari, menghubungkan, dan mempercepat pertukaran informasi antar petani, pemerintah, retailer, dan juga pihak swasta secara digital,“ ujar Yogie, CMO dan CO Founder SobatTani.

Aplikasi ini menyasar pihak-pihak yang secara intens berinteraksi dengan petani dan signifikan dalam penyebaran informasi, antara lain petani itu sendiri, penyuluh pertanian, perusahaan yang bergerak di bidang pertanian, akademisi, serta masyarakat umum sebagai konsumen. Fitur-fitur yang disajikan adalah Cari Sobat, Tanya Sobat, Pasar Sobat, Peta Sebaran Penyakit Tanaman, Informasi Cuaca Setempat, serta Push Notification. Cari Sobat, Yogie menjelaskan, merupakan fitur yang memberi informasi tentang permasalahan budidaya tanaman.

Tanya Sobat adalah forum diskusi dengan topik terkait masalah pertanian. Sementara Pasar Sobat merupakan wadah sarana petani untuk mempromosikan serta menjual hasil komoditinya, baik sebagai pihak toko ataupun agronomis. Yogie menambahkan, melalui fitur Peta Sebaran (OPT) Penyakit Tanaman, user dapat mengetahui permasalahan yang sedang dialami oleh petani di sekelilingnya, misalnya hama. Sedangkan fitur Informasi Cuaca memberikan kondisi cuaca saat ini dan esok hari, sehingga petani dapat mengantisipasi dan mengoptimalkan budidaya tanamannya. Terakhir, Push Notification Services merupakan sarana promosi produk pertanian atau informasi pertanian kepada para user.

“Melalui fitur Forum Jual-Beli, petani dan pihak swasta lainnya dapat membuka peluang bisnis pertanian dengan jalur yang sangat cepat. Selain itu, informasi yang diperoleh pun akurat dan terpercaya karena pengguna aplikasi dapat berkomunikasi langsung dengan pihak terkait mulai dari soal ketersediaan, kualitas, harga, dan distribusi produk,” terang Yogie.

Aplikasi yang diluncurkan sejak Juni 2016 ini kini telah diunduh sekitar 1.000 kali. Sejauh ini SobatTani masih murni berkonsep sosial. Belum ada pihak yang diajak menjalin kerja sama oleh Yogie. Dirinya tengah fokus pada edukasi aplikasi ini kepada para petani.

”Kami ingin merevolusi cara petani mendapatkan informasi dari setiap pihak dengan cepat, tepat, dan relevan. Sehingga SobatTani menjadi media untuk mendapatkan akses ke informasi dan semua pihak yang terkait dengan dunia pertanian,” paparnya.

Meski aplikasi di dunia pertanian masih terbilang sedikit, Yogie dan kedua rekannya optimistis mampu membawa SobatTani sebagai media untuk ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani Nusantara.

“Sesuai tujuan awal kami sebagai penghubung dunia pertanian Indonesia, kami ingin menjadi aplikasi nomor satu, terbesar, dan paling disukai oleh penggiat pertanian Indonesia. Informasi melalui SobatTani akan sangat bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat dengan pertanian, eksistensi secara digital dari kita, oleh kita, untuk kita, sehingga meningkatkan produktivitas lingkungan pertanian, ketersediaan pangan terjaga, serta meningkatkan kesejahteraan manusia yang berkelanjutan,” pungkas Yogie.

Angelina Merlyana Ladjar

 MM102016/W

Kami ingin merevolusi cara petani mendapatkan informasi dari setiap pihak dengan cepat, tepat, dan relevan. Sehingga SobatTani menjadi media untuk mendapatkan akses ke informasi dan semua pihak yang terkait dengan dunia pertanian.”

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.