TinyCheck, Tool Gratis dan Open Source untuk Deteksi Stalkerware dan Spyware

0
4
TinyCheck, Tool Gratis dan Open Source untuk Deteksi Stalkerware dan Spyware

Marketing.co.id – Berita Digital | TinyCheck adalah tool unik dan inovatif yang didesain untuk mendeteksi stalkeware di perangkat mobile. Belum lama ini Kaspersky mengungkap hub baru yang didedikasikan untuk TinyCheck, yang menekankan perkembangan terbaru dan perubahan tentang bagaimana cara menggunakan TinyCheck. Situs ini juga akan membantu menyatukan komunitas pemangku kepentingan yang terlibat dalam pengembangan tool ini dan usaha-usaha melawan stalkerware dan spyware.

TinyCheck, Tool Gratis dan Open Source untuk Deteksi Stalkerware dan SpywareTinyCheck dibuat pada 2019 sebagai hasil dari diskusi antara Kaspersky dan sebuah organisasi perlindungan perempuan di Perancis. Organisasi ini mendukung para korban stalkerware yang jumlahnya terus meningkat, tetapi mereka tidak tahu bagaimana melawannya dari sisi teknologi. Mereka membutuhkan solusi yang tidak bisa dilacak, mudah digunakan, dan bisa membantu mengumpulkan bukti. Para peneliti Kaspersky kemudian bergerak untuk mencari solusinya.

TinyCheck dikembangkan sebagai tool gratis dan open source sehingga semua orang bisa mengunduh dan berkontribusi mengembangkan software ini. TinyCheck tidak diinstal ke smartphone namun menggunakan perangkat eksternal terpisah, mikro komputer Raspberry Pi.

TinyCheck bertujuan memfasilitasi pendeteksian stalkerware di perangkat korban secara mudah, cepat, dan tidak mengganggu. TinyCheck bisa dijalankan di OS apapun tanpa memberi peringatan kepada pelaku stalkerware. TinyCheck aman digunakan dan tidak membaca konten komunikasi penggunanya (SMS, email, dan lain-lain), dan hanya berinteraksi dengan server online/IP yang digunakan sebagai jalur komunikasi smartphone.

Dengan kata lain, TinyCheck tidak akan tahu pengguna sedang berbicara dengan siapa, atau pun isi pembicaraannya. Tangkapan jaringan dari perangkat yang dianalisis tidak dibagi dengan siapapun, termasuk Kaspersky atau pihak lain yang menerima data ini. Seluruh analisis dilakukan secara lokal.

Baru-baru ini TinyCheck menarik perhatian institusi, wartawan, dan perusahaan di Eropa. Badan penegak hukum dan peradilan Eropa saat ini sedang menguji TinyCheck agar bisa memberi dukungan yang lebih baik kepada para korban dalam proses deposisi atau penyelidikan.

Hub TinyCheck adalah situs yang perlu dikunjungi untuk mengetahui lebih jauh tentang software ini, bagaimana menggunakannya, dan bagaimana cara berkontribusi dalam mengembangkannya. Kaspersky selalu mencari mitra baru untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya mengetahui tentang stalkerware dan spyware, dan mencari cara baru untuk membantu para korban.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.