Tips Berhemat Menjelang Liburan

0
822

shutterstock_193937636Libur telah tiba! Semakin mendekati hari libur, semakin banyak persiapan untuk menyambut liburan. Pasalnya, biaya untuk berlibur kerap meningkat. Sama halnya seperti biaya pendidikan.

Sebagian besar orang tua bahkan mengantisipasi biaya liburan dengan mengandalkan promo kartu kredit. Menjaga agar anak tetap terhibur semasa liburan tidaklah murah. Sebuah keluarga yang beranggotakan tiga orang yang berkunjung ke taman hiburan dengan mudah bisa menghabiskan sekitar Rp 1.500.000 untuk membeli tiket masuk, membayar biaya transportasi, dan makanan.

Ini baru biaya liburan di dalam kota dan menjelajahi taman hiburan, bagaimana jika bepergian ke luar kota atau luar negeri? Kami punya tips dan trik cara menghemat biaya untuk liburan.

1. Berburu promo dari situs-situs belanja
Ada beberapa alternatif untuk menghemat biaya liburan, misalnya dengan sering berburu tiket-tiket promo dari situs-situs belanja online. Saat ini sudah tersedia banyak situs yang memberikan potongan harga, baik untuk fasilitas liburan seperti hotel, tiket masuk taman rekreasi, restoran, dan lainnya. Potongan yang diberikan pun tak tanggung-tanggung, bisanya mencapai 50 persen. Anda bisa gunakan cara ini untuk menghemat biaya liburan bersama pasangan, keluarga, atau teman-teman.

2. Pemesanan tiket, hotel, dan transportasi jauh-jauh hari
Sedia payung sebelum hujan. Istilah tersebut benar adanya. Hal ini pun berlaku di kala Anda mempersiapkan liburan. Sebaiknya dalam merencanakan dan melakukan pemesanan dilakukan jauh-jauh hari sebelum bepergian, misalnya 2-3 bulan sebelum pergi. Hal ini untuk mencegah ada pengeluaran mendadak saat berlibur. Anda tentu tak mau dipusingkan dengan pengeluaran tambahan yang tidak termasuk dalam anggaran liburan bukan? Tips untuk memesan tiket pesawat misalnya, Anda bisa mencari tiket dengan harga termurah dan jika ada harga promo sebaiknya segera dipesan. Karena harga tiket pesawat selalu berubah setiap menit, bahkan detik. Bila sudah mendekati hari-H, harga tiket pesawat akan melonjak tinggi.

3. Kartu Kredit Citibank
Beberapa promo menarik diberikan oleh kartu kredit Citibank, seperti cash back hingga 5% untuk segala transaksi di merchant pilihan. Serta Bonus cash back di partner yang berpartisipasi. Transaksi < Rp. 6 juta/periode maka Cash back 1%, transaksi Rp 6 -12 juta maka cash back 3% , dan selebihnya 5%. Untuk penggemar maskapai Garuda Airlines, tersedia kartu kredit Citibank Garuda Card yang memberikan promo-promo menarik, antara lain gratis bagasi 20 kg, akses eksklusif di Citibank Airport Lounge, poin double GFF Miles. Selain itu Citibank juga menyediakan Citibank PremierMiles Card. Fasilitas yang dimiliki ialah gratis akses ke 600 lounge bandara di 325 bandara seluruh dunia, miles privilege tanpa ada batasan tanggal kadaluarsa, fleksibilitas menukarkan miles Anda di 50 domestik dan international airline.

4. Kartu Kredit HSBC
Bila Anda tidak memiliki kartu kredit Citibank, jangan khawatir. Ada lagi kartu kredit yang menawarkan kemudahan untuk traveling, yaitu HSBC. Bagi pemegang HSBC, setiap pembelanjaan 1 juta mendapat point yang bisa ditukarkan 212 Garuda Frequent Flyer / Asia miles / Kris Flyer (4x), akses Executive Lounge di 9 kota besar di Indonesia, 2 rewards point untuk setiap transaksi Rp. 2.500,- dan kelipatannya dan 8 rewards point untuk pembelian tiket penerbangan, hotel, atau akomodasi lainnya dan transaksi melalui agen perjalanan baik itu domestik maupun luar negeri (termasuk transaksi online).

5. Kartu Kredit Standard Chartered
Selain dua kartu di atas, Standard Chartered memiliki jenis kartu kredit untuk penggila traveling. MasterCard WorldMiles namanya. Fasilitas yang ditawarkan antara lain dengan pembelanjaan 1 juta mendapat point reward untuk ditukarkan ke 266 Garuda Frequent Flyer / Kris Flyer / AsiaMiles / BIG dan 0,67 Mileage untuk setiap transaksi di luar negeri sejumlah Rp. 2.500,- dan kelipatannya (0,33 untuk transaksi dalam negeri). Dalam soal kuliner dan hiburan , pemegang kartu mendapatkan 0,33 Mileage untuk setiap transaksi sejumlah Rp. 2.500,- dan kelipatannya dan 2x lipat untuk Mileage jika transaksi di luar negeri.

Jika Anda hendak menggunakan kartu kredit saat bepergian, pakailah dengan bijak agar terhindar dari meledaknya pengeluaran. Cermatlah dalam memilih kartu yang menawarkan bunga rendah hingga nol selama periode perkenalan, juga cash back.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.