3 Jurus Jitu Menciptakan dan Mengembangkan Bisnis Rumahan

3 Jurus Jitu Menciptakan dan Mengembangkan Bisnis RumahanPendiri Mongki Roti Hendra Septianus sukses membawa produk rotinya hingga ketiga kota di Jawa Timur.

Marketing.co.id – Berita UMKM | Membangun bisnis bukanlah hal yang mudah, ada perencanaan yang matang serta tantangan yang harus dilalui. Terlebih dengan adanya pandemi yang memberikan efek domino pada semua aspek, termasuk pelaku bisnis skala kecil hingga besar.

Situasi saat ini mendorong pemilik bisnis untuk lebih peka serta jeli dalam mengambil keputusan dan mampu beradaptasi di tengah perubahan kebiasaan dan kebutuhan masyarakat. Hal tersebut juga dilakukan Hendra Septianus, Pemilik Mongki Roti, sebuah bisnis rumahan asal Malang yang kini sukses memiliki puluhan varian roti dan kue, hingga tiga gerai di beberapa kota di Jawa Timur.

Mongki Roti dibangun Hendra bersama rekannya pada 2018, dengan pertimbangan dan riset yang matang dalam memilih bisnis yang bisa bertahan lama dan banyak dikonsumsi banyak orang. Selain itu, usaha di bidang food and beverage perputarannya sangat cepat, meskipun memerlukan strategi yang efektif. Roti dipilih karena bisa dinikmati kapanpun dan momen apapun seperti halnya gorengan. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau.

Dengan perencanaan yang matang tersebut, Mongki Roti yang awalnya memiliki satu gerai di Malang, pada tahun 2019 berhasil dikenal luas dan membuka gerai kedua dan ketiga di kota lain di Jawa Timur.

Hendra membagikan tiga jurus jitu menciptakan dan mengembangkan bisnis yang ia percaya dapat diadopsi oleh pemilik usaha kecil dan rumahan:

Lakukan riset untuk mengenali minat konsumen dan pasar

Sejak awal memulai bisnis, Hendra selalu percaya bahwa mengenal minat konsumen dan pasar yang ingin disasar menjadi landasan utama. Dari hasil riset pasar yang mendalam, Hendra mampu menentukan bidang bisnis yang bisa diambil, harga jual yang sesuai dengan pasar, hingga menentukan strategi dan kanal penjualan.

Dengan langkah ini, Mongki Roti bisa terus berkembang dan bertahan dari segala kondisi pasar, seperti khususnya pandemi. Hendra berharap pemilik bisnis juga bisa melakukan langkah ini.

Maksimalkan penjualan dengan jeli melihat momentum penting

Sebagai seorang pebisnis, kita dituntut untuk selalu bisa melihat peluang yang bisa dimanfaatkan untuk mendorong penjualan. Sebagai usaha berbagai olahan roti dan kue, Hendra cukup aktif melihat waktu dan momentum yang ramai acara seperti halnya natal dan tahun baru, ramadan, hingga kenaikan sekolah.

Kecermatan dalam memanfaatkan momentum ini menurut Hendra bisa juga dimanfaatkan para pemilik usaha yang skalanya masih kecil sehingga bisa membantu mendorong perluasan jangkauan bisnis.

Berani berinovasi untuk hadirkan ragam produk yang bervariasi

Untuk mempertahankan eksistensi bisnis, diperlukan sikap yang terbuka terhadap tren yang ada di masyarakat. Selain inovasi pada produk utamanya seperti Roti Oboy, salah satu strategi yang diimplementasikan oleh Mongki Roti adalah menciptakan produk yang seasonal sesuai dengan momen yang ada seperti Hari Raya.

Dengan menyediakan produk yang hanya dapat dinikmati pada momen tertentu, kita bisa mendorong rasa penasaran konsumen untuk mencobanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.