Tips Jitu Mendekati Target Pasar

0
2166

Marketing.co.id – Tak ada barang yang bisa dijual di mana saja. Untuk itu, dibutuhkan sebuah pemasaran yang terarah (target market). Ini penting!

Targeting – dengan sederhana – bisa diartikan melakukan identifikasi calon pembeli dalam lingkup yang lebih kecil sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Juga membuat konsumen itu tetap fokus pada apa yang ditawarkan.

Bila Anda menjual produk atau jasa, Anda harus melakukan penjajakan dan mulai membidik sasaran penjualan, sehingga Anda hanya akan bertemu dengan prospek yang berkualitas.

Selain itu, bangun pemasaran secara luas sesuai dengan kepentingan Anda. Jangan dipusingkan dengan daftar panjang yang mungkin diperoleh dari fasilitas direct mail di internet atau manapun. Ciptakan sendiri! Anda membutuhkan orang-orang yang Anda kenal lebih dulu sebelum memasarkan produk atau jasa, sehingga perusahaan Anda lebih mudah dipercaya.

Bagaimana cara mendekati target pasar? Berikut tiga langkah sederhana membuat daftar sasaran atau penawaran sehingga Anda semakin dekat dengan target pasar:

Langkah 1: Identifikasi para prospek menurut kategorinya

Setelah Anda membuat daftar kategori. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memilih tiga dari empat kategori yang dibuat berdasarkan tipe bisnis yang dapat menggunakan jasa Anda.

Langkah 2: Tambahkan kriteria-kriteria berkualitas di setiap kategori

Identifikasi setiap kategori yang bisa membuat prospek bakal menjadi klien yang ideal Anda. Pertimbangan-pertimbangan yang dibuat secara tipikal, seperti besarnya jenis usaha, lamanya jangka waktu operasi, dan jumlah karyawan yang menjadi sasaran boleh juga dimasukkan dalam kategori yang dibuat.

Langkah 3: Temukan jenis usaha yang cocok dengan setiap kategori dan jumpai pembuat keputusan

Langkah berikutnya adalah menemukan jenis usaha yang cocok dengan setiap kategori dan menemui pembuat keputusan di perusahaan itu. Sumber-sumber terbaik yang bisa Anda dapatkan antara lain dari direktori alamat, majalah-majalah perdagangan, daftar anggota asosiasi, dan internet. Kemudian buatlah daftarnya, lalu hubungi mereka satu-per-satu untuk mendapatkan nama-nama orang yang paling berkompeten dalam menentukan pembelian.

Itulah tiga langkah sederhana membuat daftar sasaran penjualan atau penawaran. Bagaimana Anda mendekati target pasar Anda? Beritahu kami dalam kolom komentar:

Tabloid Marketing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.