Portal Lengkap Dunia Marketing

PR Hype

Tips Membangun Jurnalisme Merek

Laptop.LowResPada tahun 2012 lalu, brand journalism (jurnalisme merek) diperkenalkan oleh CEO sekaligus pendiri Ragan.com dan PR Daily, Mark Ragan. Dengan mengombinasikan skill jurnalisme dan brand, ide ini kemudian menjadi tren di antara para pebisnis dalam memperkenalkan merek mereka.

Salah satu yang mempraktikkannya di Indonesia adalah BlackXperience.com. Dengan mengombinasikan jurnalisme otomotif, merek Djarum ‘Black’ menjadi ikon di berbagai komunitas motor maupun mobil.

Kendati begitu, bukan berarti bahwa setelah Anda membuat situs jurnalisme merek, brand Anda akan langsung digemari dan web jurnalisme merek Anda memiliki banyak pengunjung. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Ini dia beberapa hal yang menurut Mark Ragan perlu diperhatikan ketika membangun situs jurnalisme merek:

1. Memulai dengan konten yang tepat

Tentu saja Anda harus memikirkan terlebih dahulu, konten seperti apa yang sesuai dengan brand Anda. Situs disarankan untuk merambah komunitas dan konten beritanya berkaitan dengan merek Anda.

Setelah itu, Mark menyarankan untuk mempekerjakan mantan jurnalis. Ini akan lebih mudah ketimbang Anda harus melatih seseorang untuk menjadi jurnalis. Namun sebenarnya para PR sekarang juga sudah memiliki bekal ilmu jurnalistik yang cukup.

2. Keterampilan menulis itu penting

Para jurnalis untuk situs brand Anda juga harus memiliki berbagai keterampilan menulis, terutama dalam membuat judul, angle, serta gaya bercerita yang baik. Menulis adalah keterampilan utama, karena Anda harus menjaga para pembaca untuk tetap mengunjungi situs Anda.

3. Tidak perlu melibatkan terlalu banyak orang

Pada jurnalisme merek, Anda tidak membutuhkan orang terlalu banyak layaknya media murni. Anda bisa berprofesi sebagai kurator yang menyeleksi tulisan, apakah sudah sesuai dengan konten. Karena Andalah yang paling mengerti dengan konten situs merek Anda.

4. Bukan kegiatan marketing

Meskipun situs Anda berperan sebagai ajang memperkenalkan merek yang bertarget pada penjualan, tapi kenyataan itu tetap tak boleh terkuak. Anda harus tetap membuat penulis situs Anda sebagai jurnalis, meski berbagai konten tulisan tetap disuguhkan oleh merek.

5. Mampu mendorong kunjungan

Sepintas ini hanyalah sebuah media yang dibiayai oleh merek, tapi kenyataannya, ini sangat berpengaruh. Loyalitas, kredibilitas, lead generation, akan didapatkan oleh merek yang sukses menjalankan jurnalisme mereknya.

Cirinya adalah, bila website Anda dikunjungi tiap hari dan dapat mempengaruhi orang, maka itu adalah tambang emas.

Selamat mencoba!

 

Sumber: Vocus.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top