Tips Memberikan Customer Experience Ala Branson

1
1468
Tips Memberikan Customer Experience Ala Branson
Sumber: Telegraph.co.uk

Sir Richard Branson, CEO Virgin, terkenal dengan kesuksesan bisnisnya. Yang belum banyak diketahui adalah pendekatannya yang unik dalam memberikan customer experience (pengalaman pelanggan) yang luar biasa.

Tips Memberikan Customer Experience Ala Branson
Sumber gambar: Telegraph.co.uk

Seperti kita ketahui, Branson memiliki lebih dari empat ratus perusahaan, diperkirakan bernilai 4,2 miliar dolar Amerika. Bisnisnya sangat beragam, mulai dari maskapai penerbangan, telekomunikasi, Formula One, kosmetik dan lainnya.

Dengan keuntungan miliaran dolar serta bisnis yang membentang hampir ke dalam setiap aspek, sangat jelas terlihat bahwa Richard Branson tahu betul bagaimana meraih kesuksesan.

Berikut tips pengalaman pelanggan ala Branson:

  • Di customer experience, mengatakan Ya adalah Fun

Branson tak akan mencapai keberhasilan seperti sekarang seandainya dulu selalu berkata “tidak” pada setiap kesempatan untuk mecoba hal-hal baru. Justru Branson berani melakukan pendekatan baru dan memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Terlalu sering kita memperlakukan tim yang berinteraksi dengan pelanggan hanya sebagai penjaga gerbang. Padahal, kita harus membantu mereka menjadi concierge (yang pertama dan terakhir yang memberikan pelayanan) kepada pelanggan, membantu dan merawat kebutuhan pelanggan.

Dia memenangkan pelanggan dengan cara membuat layanan pelanggan, value, dan pengalaman yang fokus pada perusahaannya.

Kemudian dia menentapkan standar pemilaian yang tinggi, lebih tinggi dari apa yang orang lain lakukan. Layanan pelanggan bukan hanya untuk perusahaan telekomunikasi, perbankan, internet, atau TV. Apapun jenis bisnis Anda, layanan pelanggan yang luar biasa merupakan kesempatan untuk membedakan diri dari perusahaan lain.

  • Fun dalam menyampaikan pengalaman pelanggan

Seperti kebanyakan individu yang sukses, Branson sering diminta “rahasia” kesuksesannya. Jawabannya adalah tidak ada rahasia. Kerja keras, kerja cerdas, dan di atas segalanya adalah have fun ketika bekerja di layanan pelanggan.

Branson pernah mengatakan bahwa jika Anda have fun, bekerja keras, uang yang pada akhirnya akan datang.

  • Selalu mengambil risiko – menghitung risiko customer experience

Branson dikenal sebagai visioner yang selalu berusaha melawan batas. Satu keberhasilannya adalah menghubungkan waktu dengan keberuntungan. Beberapa keberhasilannya datang dari melakukan evaluasi risiko, kemudian menempatkan semua energi untuk membuat visi. Sukses besar tidak datang tanpa mengambil risiko. Kuncinya adalah mengambil risiko yang tepat.

  • Hidup untuk setiap momen layanan

Layanan pelanggan yang hebat adalah yang menghasilkan koneksi personal. Mendorong orang untuk bersenang-senang, menjadi diri mereka sendiri. Membuat hubungan secara personal mengharuskan kita untuk menjadi personal. Apa cara terbaik untuk berhubungan dengan pelanggan selain belajar mengenai mereka, apa yang mereka sukai, apa yang mereka lakukan, cari persamaannya dan mulailah membangun berdasarkan hal itu.

  • Selalu berikan penghargaan ke customer service

Pelajaran awal dari Branson dalam bisnis adalah setiap orang menghargai/menghormati perintah. Setiap orang bisa menjadi pelanggan potensial atau mitra di masa depan. Cara Anda memperlakukan mereka dapat memengaruhi masa depan bisnis. Berikan mereka rasa hormat dan reputasi sebagai tanda terima kasih.

  • Berikan kembali kepada pelanggan

Sukses dalam bisnis berarti uang. Tapi, kepuasan bukan berasal dari uang, untuk merasakan kepuasan tertinggi dari pekerjaan yang dilakukan membutuhkan lebih dari sekadar uang.

Anda harus memiliki hubungan emosional yang positif dengan apa yang Anda lakukan. Berikan kembali kepada pelanggan. Ingatlah tidak peduli apa yang telah dicapai, kita semua menerima bantuan dalam perjalanannya.

Dalam bukunya yang berjudul “Screw it, Let’s Do It: Lessons in Life and Business,” Branson berbagi pengalaman hidupnya yang memperlihatkan sikap dan keberanian untuk mencoba ketika orang lain hanya menerima status quo adalah kunci untuk mencapai kesuksesan.

Apa yang akan terjadi jika semua tim layanan pelanggan Anda menjadi berani mencoba pendekatan baru, dan terhubung dengan cara yang berbeda? Bagaimana pendapat Anda dengan layanan pelanggan menurut Richard branson ini?

Editor: Wahid FZ

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.