Tips Mengatur Pola Keuangan Supaya Sehat

0
1132

Tips Mengatur Pola Keuangan Supaya SehatBukan hanya tubuh saja yang perlu dirawat dan dijaga supaya tetap sehat. Keuangan kita pun demikian. Ibarat tubuh yang bisa terkena penyakit apabila kita tidak menjaganya dengan baik, keuangan juga sama. Seandainya, Anda terlalu boros dan mengabaikan kondisi keuangan maka akibatnya bisa saja Anda terlilit utang demi memenuhi kebutuhan. Nah, supaya pola keuangan Anda tetap sehat dan berfungsi baik ikuti tips-tips di bawah ini.

1. Buat Anggaran Keuangan

Apakah Anda sering mengalami dana pengeluaran lebih besar daripada pemasukan? Ingat seandainya itu terjadi pada keuangan Anda maka segera buat anggaran keuangan. Setiap menerima gaji, Anda langsung membuat perincian terhadap biaya-biaya kebutuhan. Ingat, hanya biaya untuk kebutuhan yang perlu dicatat. Misalnya, belanja bulanan, membayar cicilan mobil, uang makan, membeli bahan bakar kendaraan, dan lainnya yang termasuk dalam kebutuhan sehari-hari.

2. Dahulukan Kebutuhan

Setelah Anda selesai membuat anggaran bulanan, terapkan hal tersebut dalam keseharian Anda. Mulailah untuk mengeluarkan uang untuk biaya kebutuhan, seperti uang makan sehari-hari, membeli bahan bakar kendaraan atau ongkos bus. Dan jaga kantong Anda agar tidak jebol dengan membeli sepasang sepatu baru yang jelas-jelas tidak masuk dalam anggaran bulanan. Bila sepatu Anda masih layak pakai tentu tidak perlu membeli yang baru bukan?

3. Hindari Kartu Debit dan Kartu Kredit

Saat sedang mengatur pola keuangan yang sehat ada baiknya Anda bermusuhan dahulu dengan kartu debit dan kartu kredit. Memang susah awalnya apalagi jika setiap melakukan pembayaran, Anda selalu mengandalkan dua kartu ini. Mulailah untuk membawa uang tunai ke mana pun Anda pergi. Bila perlu Anda memberi jatah mingguan pada diri sendiri seperti yang pernah dilakukan orang tua Anda saat memberi uang jajan waktu zaman sekolah. Selain terbebas dari utang, menghindari kartu debit dan kartu kredit akan membuat Anda terbiasa berhemat.

4. Menghemat Pengeluaran

Dalam sebulan pasti Anda mengeluarkan sejumlah biaya. Supaya pola keuangan yang sehat tetap berjalan maka pastikan tidak ada kebocoran dalam anggaran. Lakukan juga penghematan seperti mengganti biaya makan di luar dengan membawa bekal ke kantor. Lalu kurangi makan malam di luar untuk menghindari pemborosan. Hindari juga pergi ke pusat perbelanjaan saat sedang mengatur pola keuangan yang sehat. Apalagi jika hanya sekadar melakukan cuci mata, biasanya ajang cuci mata itu justru membuahkan kantong belanjaan. Coba lakukan pola ini dalam sebulan, dijamin kantong keuangan Anda senantiasa sehat.

5. Memonitor Keuangan

Anda sudah menerapkan hal-hal di atas maka saatnya memonitor keuangan Anda. Apakah pengeluaran Anda sudah lebih kecil daripada pemasukan? Apakah Anda sudah mulai terbebas dari utang-utang kartu kredit? Jika begitu, lanjutkan kebiasaan ini agar pola keuangan Anda tetap sehat. Monitor keuangan Anda dengan cara cek kembali biaya-biaya apa saja yang telah dikeluarkan setelah melakukan aktivitas seharian. Catat setiap uang yang dibelanjakan. Lalu monitor apakah biaya yang dikeluarkan termasuk dalam kebutuhan atau keinginan.

Nah, jika tips-tips di atas berhasil dipraktikkan maka pundi-pundi Anda akan tetap sehat. Siapa tahu Anda malah bisa memiliki modal berbisnis dengan mengatur pola keuangan yang baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.