Tips menggunakan kode QR untuk bisnis kecil

2
1469

Marketing.co.id- Anda mungkin telah melihat Quick Response code (kode QR) pada potongan direct mail atau iklan. Dengan terus berkembangnya smartphone, kini banyak perusahaan yang memasukan kode QR pada strategi pemasaran dan komunikasi mereka.

Tapi bagaimana cara terbaik untuk menggunakannya dalam bisnis kecil? Russell Berry dari AppCreatives.co.uk menjelaskan kode QR adalah kode dua dimensi yang dapat dipindai oleh kamera smartphone untuk secara otomatis menarik teks, foto, video, musik dan URL. Kode-kode ini telah menjadi cara yang mobile-friendly untuk menampilkan teks, informasi kontak, terhubung ke jaringan nirkabel atau membuka web di telepon browser Anda.

Bagaimana mendapatkan kode QR

Ada banyak situs yang memungkinkan Anda untuk membuat kode QR secara gratis. Anda hanya perlu menyediakan sebuah URL yang ingin Anda kirimkan ke orang, pesan yang ingin dibagi, atau informasi apapun yang ingin Anda masukkan ke dalam kode QR.

Cara menggunakan kode QR

Salah satu penggunaan kode QR yang paling efektif adalah melalui video. Kuncinya adalah membuat video singkat (kurang dari tiga menit) tentang produk, layanan, atau apapun informasi yang berguna, kemudian posting ke website, You Tube, dan Facebook Anda. nantinya, link kode QR tersebutlah yang akan membawa pengunjung ke video.

Setelah Anda tahu klien potensial Anda, langkah berikutnya adalah mempromosikannya.

Bagaimana cara mengintegrasikan kode QR ke dalam aktivitas pemasaran Anda yang lain?

Apakah kode QR Anda muncul di Facebook, website, media cetak, kartu bisnis dan lainnya? Anda harus mengintegrasikan mereka untuk mengarahkan pengguna ke halaman yang diarahkan. Atau Anda mengunakan kode QR yang berbeda untuk setiap informasi  dan melacak pengunjung untuk menemukan mana yang paling efektif untuk jenis pemasaran.

Menawarkan gratisan

Jika Anda ingin orang-orang memperhatikan kode QR Anda, mengapa tidak menggunakannya ketika Anda menawarkan diskon atau promosi.

Sebagai contoh, katakanlah Anda memasang kode QR di depan toko Anda, mengapa Anda tidak menghargai mereka yang telah memindainya dengan memberikan diskon 10 persen misalnya atau memberinya kue gratis? Berikan mereka sesuatu sebagai ungkapan terima kasih atas dukungan mereka.

Mengapa Anda menggunakan kode QR

Mobilitas itu jawabannya. Orang-orang saat ini sangat mobile. Mereka juga bergegas. Dengan kode QR, orang-orang hanya cukup memindai sesuatu yang mereka minati kemudian mengkonsumsinya secara rinci. Sedikit sekali orang yang mau berhenti hanya untuk menulis alamat website atau nomor telepon dari sebuah iklan yang mereka lihat di depan umum.

Ada banyak generator kode QR yang bisa Anda pilih, dan sebagian besar gratis. Anda hanya perlu melakukan pencarian di Google dan men-download sebuah aplikasi kode QR untuk merek Anda.

Memang, saat ini banyak bisnis yang mulai mengasosiasikan kode QR ke dalam aktivitas bisnis mereka, tapi mereka tidak pernah memberitahu pelanggan apa yang harus mereka lakukan dengan kode QR tersebut. Buatlah titik untuk menguraikan cara memindai kode QR dan membantu mengintruksikan pelanggan dimana mereka bisa ambil aplikasi pemindai.

Gimana, masih enggan membawa kode QR ke dalam aktivitas pemasaran anda?

2 COMMENTS

  1. Sebagai tambahan, potensi QR code di Indonesia akan sangat signifikan karena beberapa alasan. Salah satu alasan utama adalah pertumbuhan pesat smartphone, seperti contoh penjualan smartphone akan bertumbuh dari 1.2jt di tahun 2009 ke 18.7 jt di tahun 2015 (peningkatan sebanyak 58%).

    Penggunaan QR code, seperti yag dijabarkan di artikel anda, sebagai “link” adalah pemakaian yang paling mendasar. Di masa depan, aplikasi sebagai “enabler” atau “platform” akan memainkan peranan yang sangat penting. QR code tidak akan lagi terbatas dalam bentuk “page linking”, tetapi dapat menjadi sebuah media transportasi data. QR code dapat menyimpan data mencapai 3Kb, maka dari itu, kita dapat membuat aplikasi mobile yang unik seperti program loyalti (perusahaan kami membuat http://www.onepouch.com di Indonesia, program loyalti menggunakan QR code).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.