Tips Menjaga Lingkungan Media Sosial yang Positif

0
5
Infographic - Safety Tips media sosial

Marketing.co.id – Berita Digital | Proses penyebaran informasi melalui media sosial sering terganggu oleh banyaknya kasus misinformasi yang masih menghantui masyarakat. Berdasarkan siaran pers yang dibagikan oleh Kementrian Kominfo tahun 2021, terdapat 1.773 isu hoaks yang ditemukan di berbagai platform media sosial di Indonesia sepanjang tahun 2021. Hal ini menunjukkan bagaimana literasi digital dalam bermedia sosial masih perlu ditingkatkan.

Infographic - Safety Tips media sosial

Sebagai platform media sosial terintegrasi, Helo berkolaborasi dengan MAFINDO sejak tahun 2021 untuk terus meningkatkan literasi digital, termasuk mengedukasi bagaimana warga digital bisa menjadi lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Kolaborasi ini bertujuan mendorong pengguna untuk menjaga agar lingkungan media sosialnya tetap aman dan sehat.

Berkut tips untuk menjaga agar lingkungan media sosial Anda tetap positif:

  1. Mengikuti akun yang kredibel untuk melakukan cek fakta

Banyaknya informasi yang beredar di media sosial yang dibagikan secara real time kadang membuat pengguna bingung apakah informasi itu benar dan bisa dibagikan ke pengguna lain. Pengguna pun didorong untuk semakin berhati-hati dalam menyebarkan informasi, khususnya jika informasi tersebut tidak berasal dari sumber yang kredibel dan akurat.

Untuk menghindari hal ini, MAFINDO turut membagikan tips dalam menghadapi berita yang kebenarannya masih perlu dipastikan lebih lanjut. “Menghindari dan menghadapi beredarnya hoaks bisa dilakukan dengan sederhana. Dimulai dengan membaca berita secara menyeluruh, mencari sumber berita, menahan diri untuk menyebarkan berita yang meragukan, serta menelaah manfaat penyebaran informasi tersebut ke orang lain,” tutur Aribowo Sasmito, selaku Co-Founder dan Fast-Checking Specialist MAFINDO.

Cara mudah lainnya adalah dengan memastikan bahwa akun yang kita ikuti untuk mendapatkan informasi adalah akun yang kredibel atau resmi, misalnya akun media massa yang sudah bercentang biru di platform Helo ataupun akun-akun resmi dari pemerintah dan organisasi. Akun-akun ini akan berguna saat kita hendak melakukan cek fakta atau memverifikasi kebenaran informasi yang beredar, sebelum membagikan ke orang lain.

  1. Mengikuti diskusi yang sesuai dengan minat dan keahlian

Memperkaya pengetahuan juga bisa dilakukan dengan ikut serta dalam diskusi bersama orang-orang dengan minat yang sama. Mendapatkan pandangan dari berbagai sisi bisa membantu kita melihat suatu topik dari sudut pandang yang lebih luas, dan bisa menimbulkan lebih banyak ketertarikan terhadap topik tertentu.

Hal ini bisa dilakukan dengan melihat topik yang sedang trending, seperti fitur Tren Helo yang ada di Helo. Di sini, Anda bisa melihat topik-topik yang sedang ramai dibicarakan, dan Anda juga bisa ikut serta untuk membahas topik tersebut. Tapi tentu saja saat ikut berdiskusi bersama orang lain, pastikan informasi atau pendapat yang Anda bagikan itu tetap positif dan memang Anda pahami. Sekarang ini, Anda juga bisa berdiskusi dengan para ahli mengenai berbagai topik di Helo, melalui program #CariSolusiDiHelo, di mana Anda bisa bertemu dan melakukan tanya jawab dengan para ahli, mulai dari topik mengenai parenting, kesehatan mental, hingga psikologi.

  1. Ikut menambah informasi yang akurat dengan berbagi konten positif

Untuk menekan angka misinformasi, Anda pun juga bisa ikut membagikan konten yang Anda anggap bisa bermanfaat bagi orang lain, sesederhana informasi soal kemacetan atau kondisi jalanan, atau bahkan suatu peristiwa khusus yang terjadi di sekitar Anda. Tapi, sebelum Anda bagikan di platform akun media sosial Anda, pastikan dulu keakuratan informasi tersebut sebelum Anda menekan tombol “unggah”.

Kebiasaan ini semakin banyak ditemukan di Helo, di mana pengguna yang mengikuti tantangan #AdaApaHariIni, turut membagikan informasi bermanfaat di sekitar mereka, baik itu informasi tentang restoran dan tempat umum di wilayah mereka, ataupun kegiatan dan acara penting yang sedang berlangsung di sekitarnya. Anda pun juga bisa ikut ambil bagian dalam menyebarkan informasi positif dan bermanfaat ini.

“Sebagai platform digital yang mendorong terjadinya diskusi dan kreasi konten antar pengguna, Helo ingin terus bisa memberikan informasi dan inspirasi yang kredibel, menyampaikan pendapat dan opini dalam komunitas, sekaligus mengajak pengguna untuk tetep bijak dalam berkreasi sambil menciptakan lingkungan media sosial yang cerdas dan sehat,” ujar Country Head of Operations Helo Indonesia, Indira Melik.

Program #AdaApaHariIni kembali hadir untuk mendorong pengguna Helo membagikan informasi dan momen kehidupan terkini secara akurat tapi juga menghibur. Tersedia berbagai hadiah menarik untuk pengguna yang mengikuti program ini, antara lain Xiaomi Redmi 10C, Rice Cooker Philips, dan Huawei Band 6 Smartwatch selama periode event berlangsung di tanggal 16-29 Juni 2022.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.