Tips Menyehatkan Tabungan di Masa-Masa Pelik

0
35
Investasi tabungan

Marketing.co.id – Artikel Financial Services | Belakangan ini kita sedang dihadapi dengan desas-desus yang mengatakan bahwa kondisi ekonomi yang menunggu di depan tidak terlihat baik-baik saja. Di tengah kebingungan ini mungkin ada ketakutan yang muncul terutama mengenai hal-hal yang berkaitan dengan uang yang kita miliki sekarang. Namun, kita gak perlu takut! Kita bisa tetap menjaga dan meningkatkan kesehatan tabungan di masa-masa yang bisa dibilang kurang fit ini.

investasi

Belakangan ini, kita sedang diterpa berbagai rumor yang mengatakan bahwa prospek ekonomi di masa depan tidak terlihat baik. Dalam kebingungan ini, mungkin ada kekhawatiran yang muncul terutama mengenai hal-hal yang berkaitan dengan uang yang kita miliki sekarang. Namun, kita tidak perlu takut! Kita masih bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan tabungan kita di masa-masa yang mungkin tidak sejahtera ini.

Ada beberapa hal yang bisa kita persiapkan sejak dini sebagai antisipasi untuk menghadapi situasi mendatang yang mungkin saja memang kurang baik.

Pentingnya Investasi untuk Menyehatkan Tabunganmu

Isu-isu mengenai situasi ekonomi kita yang bisa dikatakan akan “pelik” di tahun mendatang memang penting untuk kita sadari apalagi di tengah situasi sekarang yang juga masih mencoba pulih dari pandemi COVID-19.

Namun, dari riset yang dilakukan oleh Bank OCBC NISP melalui survei OCBC NISP Financial Fitness Index 2022, ditemukan bahwa 78% masyarakat mengatakan mereka tidak paham dengan ketentuan produk investasi.

Meski pada riset ini dihasilkan skor finansial Indonesia di tahun 2022 naik menjadi 40,06 tetapi awareness masyarakat yang masih sangat rendah terhadap produk investasi patut untuk dikhawatirkan.

Apalagi mengingat bahwa investasi bisa menjadi salah satu “vitamin” untuk menjaga kesehatan tabungan yang kita miliki di tengah dunia yang mungkin sedang “sakit”.

Tips untuk Menyehatkan Tabunganmu

Adanya pandemi COVID-19 memang menyebabkan situasi sekitar kita, terutama situasi ekonomi berada di titik yang tidak baik. Dampak nyatapun terlihat dari banyaknya kasus PHK dan juga usaha-usaha yang terpaksa menggulung tikarnya.

Terjadinya situasi yang tidak normal ini membuat banyak dari kita bingung bagaimana kita bisa menjaga dana yang kita pegang untuk tetap sehat. Maka dari itu, berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantumu lebih lagi untuk terus meningkatkan kesehatan dana yang ada dalam tabunganmu.

  1. Hindari Hutang Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit pastinya digemari karena kemudahannya serta berbagai manfaat yang biasanya menyertai penggunaannya sebagai alat pembayaran. Namun, perlu hati-hati dan bijaksana jangan sampai keasikan menggesek kartu sampai tabunganmu yang kritis.

Saat menghadapi situasi yang sedang tidak sehat, Anda lebih baik segera menyelesaikan seluruh hutang yang mungkin belum Anda selesaikan untuk membebaskan tabunganmu dari ikatan bunga hutang yang bisa saja tiba-tiba membesar nantinya.

  1. Manfaatkan Keuntungan Obligasi

Dana yang Anda miliki bisa Anda manfaatkan untuk membeli obligasi dan investasi ini bisa Anda gunakan juga untuk menjadi asset yang mendukung kestabilan keuanganmu. Selain itu, nilai obligasi juga terhitung selalu berada di atas suku bunga acuan karena angka inflasi yang rendah.

  1. Siap Cadangan Dana Darurat

Dana darurat sesuai dengan namanya bisa menjadi sosok penyelamat saat tabunganmu utamamu mengalami krisis loh. Maka dari itu, ada baiknya Anda sudah menyisihkan uangmu untuk menumpuk dana darurat sejak dini. Menyiapkan dana darurat bisa Anda mulai dengan misal menyisihkan sebagian gaji pokok maupun penghasilan tambahan atau passive income.

Demikian beberapa tips yang bisa membantu Anda untuk menghadapi situasi tidak menentu. Apapun situasi yang menanti, jangan lupa untuk terus memperhatikan kesehatan tabungan yang Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.