Menjadi Pebisnis Sukses dengan Menerapkan Manajemen Waktu yang Baik

1
1012

www.marketing.co.id Tidak sedikit orang yang membuang waktu hidupnya dengan percuma atau sia-sia. Padahal jika dipahami, waktu adalah sesuatu yang sangat berharga untuk setiap detiknya, menit, hingga jam. Karena waktu tersebut tidak bisa diulang seperti dulu kala.

Ada pepatah bisnis mengatakan bahwa waktu adalah ’uang’, ini membuktikan bahwa waktu begitu penting sampai di ukur dengan uang. Dan ada juga orang bijak yang mengatakan bahwa waktu ada ‘pedang’ ini mengungkapkan bahwa jika manusia tidak bisa me-manage waktu maka akan tergilas oleh pedang tersebut.

Di samping itu mungkin Anda pernah membaca buku karya Promod Brata (2002) tentang  Born to Win, ada salah satu kutipannya mengatakan, jika manusia diberi Sang Khalik hidup hingga 70 tahun, kira-kira pembagian waktunya seperti ini.

Menurut Promod pembagian waktunya:

  • 25 tahun untuk tidur
  • 8 tahun untuk studi dan pendidikan
  • 6 tahun untuk istirahat dan sakit
  • 7 tahun untuk liburan dan rekreasi
  • 5 tahun untuk komunikasi
  • 4 tahun untuk makan
  • 3 tahun untuk transisi kegiatan
  • waktu tersisa efektif 12 tahun untuk bekerja.

Nah bagaimana waktu yang 12 tahun itu bisa seefektif mungkin agar bisa bermanfaat tanpa terbuang percuma. Kita menyadari bahwa manusia hanya memiliki waktu 24 jam per hari, dan bagaimana pembagiannnya biar kita meraih sukses tanpa membuang waktu.

Orang yang sukses memiliki 24 jam sehari, kita juga memiliki 24 jam sehari, tiada beda jumlah waktunya tetapi yang membedakannya adalah bagaimana kita mengatur waktu itu. Itulah pentingnya aspek manajemen waktu, sehingga muncul istilah yang terkenal, waktu adalah emas.

Berikut ini kiat-kiat alami pebisnis sukses dalam me-manage waktu:

  1. Harus disiplin dalam mengerjakan rencana yang sudah ada prioritasnya. Tidak tergoda untuk mengerjakan hal-hal yang kecil tetapi menyita waktu.
  2. Gunakan alat bantu manajemen waktu, seperti PDA, IPad, tabletPC. Gunakan alat-alat tersebut, jangan ragu untuk menggunakannya karena alat-alat tersebut sangat membantu kita mengatur waktu.
  3. Prediksi berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas.
    Ketika kita akan mengerjakan sesuatu atau ketika merencakan sesuatu  kita harus mengetahui kira-kira seberapa lama waktu yang diperlukan, sesuaikan dengan kemampuan kita dalam menyelesaikan tugas tersebut, jangan membuat prediksi yang tidak sesuai dengan kemampuan kita karena hal ini malah dapat menimbulkan masalah lain.
  4. Mengetahui dateline dari tugas tersebut. Seperti pada point pertama, kita mengerjakan sesuai prioritas, kita harus mengetahui kapan suatu tugas harus diselesaikan dan mana tugas yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan mana yang bisa di tunda. Sediakan waktu untuk menyusun kembali rencana di pagi hari dan disiplinlah sesuai rencana-rencana tersebut.
  5. Kita selalu fokus dalam mengerjakan sesuatu . Kita tidak akan bisa mengerjakan dua atau lebih tugas sekaligus dengan tingkat perhatian yang sama, yang mungkin bisa dikerjakan adalah “multitasking” tetapi kita tetap mengerjakan satu hal pada satu waktu. Multitasking sebenarnya adalah suatu seni didalam melakukan delegasi wewenang dan tugas.
  6. Hindarkan untuk terpaku pada lama waktu yang telah kita rencanakan. Ketika kita merencakan untuk menyelesaikan suatu tugas didalam waktu tiga jam (contoh 3 jam), hindarkan kita untuk selalu berpaku pada waktu 3 jam itu untuk menyelesaikannya, jika kita bisa menyelesaikannya dalam waktu 2 jam, akan lebih baik. Sehingga kita bisa melanjutkan untuk tugas selanjutnya.
  7. Selalu bersikap efisien. Jangan melakukan sesuatu yang bisa membuat rumit/susah  yang malah menghabiskan waktu. Jika suatu tugas dapat dibuat sederhana mengapa harus dibuat sulit, mudahkan maka kita akan menemukan waktu yang lebih banyak.

Semoga kiat-kiat sukses tersebut bisa menginspirasi Anda untuk menghargai waktu. Sehingga waktu yang selama ini dijalankan tidak terbuang dengan sia-sia. (HN)

 

 

 

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.