Tips Sukses Berwirausaha dari 10 Entrepreneur Muda di Dunia

0
2296

Business-People-Team-With-World-MapMenjadi seorang pengusaha atau entrepreneur harus memiliki jiwa bisnis kuat dan semangat yang tinggi. Memulai usaha dari usia muda bukanlah hal mustahil. Sudah banyak entrepreneur pemula yang mengawali karir dengan membuka bisnis sendiri. Dan banyak pula yang sudah sukses. Anda pun bisa menjadi seperti Mark Zuckerberg, sang pendiri Facebook yang kekayaannya mencapai $13,3 miliar di usianya yang baru 28 tahun. Menggapai sukses sebagai entrepreneur muda bukan perkara sulit. Ikuti 10 tips sukses ala entrepreneur muda dunia berikut.

1. Mark Zuckerberg

Sang pendiri Facebook ini mengungkapkan bahwa rahasia kesuksesan menjadi entrepreneur ini ialah semangat dan keyakinan yang kuat atas apa yang dilakukannya. Dengan menerapkan kedua hal tersebut membuat Zuckerberg mampu membangun Facebook hingga sebesar sekarang dan mengantongi kekayaan $13.3 miliar di usianya yang baru 28 tahun.

2. Kevin Systrom

Bila Anda sedang berniat mendirikan usaha bersama rekan terdekat Anda cobalah untuk mengambil tips dari pendiri Instagram, Kevin Systrom. Bersama partnernya, Mike Krieger mereka bekerja sama membangun aplikasi untuk berbagi foto dan video hingga ke belahan dunia. Kunci sukses mereka ialah mempertahankan partnership yang sukses dan sehat sehingga bisa membuat keputusan penting yang bisa berpengaruh pada karir ke depannya.

3. David Karp

Untuk menjadikan bisnis Anda sukses, terkadang harus meninggalkan gaya hidup glamour dan melakukan banyak hal dengan modal sedikit. Itulah kutipan sukses dari David Karp, sang pendiri Tumblr. Hasil kerja kerasnya berbuah hasil saat di tahun 2013 Yahoo mengakuisisi Tumblr dengan nilai $1.1 miliar.

4. Evan Sharp

Anda tergabung dalam berbagai komunitas dan forum bisnis? Bila Anda aktif berdiskusi dan berbagi pengalaman bersama teman-teman komunitas maka ini bisa memicu Anda untuk meraih sukses. Pengalaman tersebut berhasil diterapkan oleh Evan Sharp, pendiri Pinterest. Bersama Ben Silbermann, dan Paul Sciarra, ia membangun sebuah photo-sharing website yang berisikan koleksi foto-foto yang dimasukkan ke dalam board sesuai dengan kategorinya seperti orang, pemandangan, hobi, dan fashion.

5. Dustin Moskovitz

Jiwa entrepreneur yang tinggi sudah melekat dan mendarah daging pada diri Anda. Meskipun dalam keluarga, tidak ada yang memiliki usaha sendiri. Anda bisa menjadi sukses dengan mengoptimalkan kemampuan entrepreneur yang dimiliki. Contohnya, Dustin Moskovitz yang dulunya merupakan salah satu pendiri Facebook. Jiwa entrepeneurnya membawanya untuk merintis usaha sendiri melalui www.asana.com dan ia juga memiliki investasi di Path. Berkat keahlian yang dimilikinya, ia mampu mengantongi kekayaan berkisar $3.8 miliar.

6. Blake Ross

Tips sukses yang dibeberkan oleh Blake Ross adalah mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang berenergi positif dan kreatif karena mustahil untuk memulai sesuatu yang hebat hanya dengan diri sendiri. Berkat upayanya tersebut, ia berhasil membuat software developer yang dikenal melalui browser Mozilla Firefox.

7. Matthew Mullenweg

Pendiri WordPress ini merangkum kesuksesannya berkat open-source yang memungkinkan orang lain berkontribusinya di dalamnya dan meyakini bahwa teknologi yang bagus berasal dari kerja sama tim. Hingga kini wordpress menjadi salah satu blog yang banyak digemari orang untuk menulis informasi, pengalaman, cerita pribadi sampai berbagi foto-foto.

8. Gurbaksh Chahal

CEO RadiumOne mengungkap kiat suksesnya adalah mempunyai jiwa kerja keras, ketekunan, dan keyakinan yang tinggi. Meski tingkat pendidikan adalah hal yang penting tapi dari situ belum bisa menjamin orang menjadi sukses. Gurbaksh sendiri adalah lulusan SMA dan ia memulai kerja kerasnya semenjak berusia 17 tahun. Kerja kerasnya berbuah kekayaan yang diperkirakan senilai $100 juta.

9. Naveen Selvadurai

Menggapai sukses sebagai entrepreneur dimulai dari semangat tinggi yang membawa seseorang untuk menciptakan aturan mereka sendiri dan memperagakan konsep hebat ke dalam platform yang sebenarnya. Itulah yang dikatakan Naveen Selvadurai, pendiri Foursquare. Semangat tinggi tersebut memacunya untuk mewujudkan membuat aplikasi jaringan sosial yang berdasar pada lokasi.

10. Nick D’aloisio

Remaja berusia 17 tahun ini sudah mampu menjual perusahaan yang ia buat senilai $30 juta kepada Yahoo. Ia menciptakan program bernama Summly, sebuah teknologi Artificial Intellegence yang dikembangkan bersama SRI International. Kiat sukses darinya ialah berani mewujudkan ide dan mimpi yang dimiliki sebagai seorang entrepreneur. Jangan ragu untuk mengembangkan dan meluncurkan bisnis Anda karena percayalah di luar sana bertebaran para investor yang siap berinvestasi di usaha Anda.

Demi menggapai sukses, Anda bisa mengikuti tips dari para ahli di atas. Pada intinya Anda harus tetap konsisten terhadap bisnis yang sedang digeluti saat ini. Dan percaya diri terhadap kemampuan bisnis Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.