Tips Membuat Deskripsi Pengalaman Kerja yang Informatif dan Singkat

0
5047
Tips Sukses Melamar Kerja

Ketika membuat profil karier atau menulis resume, luangkan lebih banyak waktu untuk menulis tentang keterampilan dan pengalaman kerja dengan proporsi yang lebih dari bagian lainnya.

Keterampilan serta latar belakang pekerjaan berperan banyak dalam keputusan perekrut memanggil Anda untuk wawancara dan akhirnya diterima.  Namun, ada satu hal penting yang sebagian besar para pencari kerja cenderung abaikan, yakni saat membuat profil online-bagian deskripsi pengalaman kerja.

Tips Sukses Melamar KerjaDeskripsi pengalaman kerja lebih berharga dari pada apa yang dipikirkan para kandidat. Ketika membuat profil online (di situs pencari kerja) ada kemungkinan besar bahwa Anda melewatkan atau mengabaikan kotak yang bertuliskan “Pengalaman Kerja”.

Kadang- kadang, sangatlah membosankan menulis pengalaman kerja ketika hanya menuliskan posisi jabatan. Lagi pula, tidak ada yang membaca deskripsi pengalaman kerja bukan? Anda salah!

Ketika menulis resume, salah satu bagian yang paling sulit adalah menyusun deskripsi pekerjaan, pekerjaan yang bersifat sukarela, proyek, atau pengalaman kerja lain yang masih berhubungan. Itulah sebabnya para kandidat cenderung mengabaikan langkah ini saat membuat profil online.

Apa yang kebanyakan tidak disadari oleh kandidat adalah tentang pendeskripsian pengalaman kerja. Padahal itu adalah bagian yang sangat penting sebagai bahan pertimbangan perekrut.

Memilah pengalaman kerja, dan hanya menuliskan posisi Anda dulu tidak akan menyakinkan atasan untuk mengundang Anda wawancara dan akhirnya merekrut. Namun jika Anda punya deskripsi kerja walaupun singkat, namun dideskripsikan dengan baik tentu akan membantu.

Bagaimana bisa? Merinci pengalaman kerja sebelumnya menunjukkan kepada perekrut bagaimana Anda membedakan dengan atasan sebelumnya dan juga bisa menjadi kesempatan yang sempurna untuk memperlihatkan kualifikasi Anda untuk pekerjaan yang diinginkan.

Di dunia ini, dimana ratusan atau bahkan ribuan kandidat berkompetisi untuk mendapatkan posisi yang sama, deskripsi kerja yang baik dapat membantu membedakan Anda dengan yang lain.

Menulis deskripsi pengalaman kerja

Deskripsi kerja harus jelas dan ringkas dan tentu saja bersifat deskriptif. Setelah membacanya, perekrut harus tahu dengan benar apa tanggung jawab pekerjaan Anda, keterampilan kerja apa yang sudah Anda kembangkan, dimana letak kelebihan Anda, apa yang sudah Anda berikan dan yang sudah Anda capai.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda membuat deskripsi pengalaman kerja yang informatif dan singkat:

  • Mulailah dengan menyebutkan nama pekerjaan, nama perusahaan, lokasi dan lamanya pekerjaan. Buatlah daftar pengalaman kerja Anda dalam urutan kronologis dimulai dengan pengalaman yang paling baru.
  • Jelaskan tanggung jawab Anda dalam pernyataan yang singkat dan menggunakan kata- kata yang kuat seperti “mengembangkan”, “menyusun”, “mengatur”, dan “mengatasi”. Fokuslah pada keterampilan- keterampilan dan kelebihan- kelebihan yang Anda miliki dan menjadi bagian penting untuk bidang yang Anda tekuni.
  • Buatlah langsung pada intinya namun dengan kata- kata yang bervariasi. Anda tidak mau semua deskripsi pengalaman kerja Anda terlihat sama.  
  • Carilah kata kunci yang harus dicantumkan untuk setiap pekerjaan. Jika Anda ragu, lihatlah deskripsi kerja Anda saat ini dan cocokan keterampilan yang  dibutuhkan untuk pekerjaan yang Anda lamar.
  • Sebisa mungkin hitung prestasi dan tanggung jawab Anda. Gunakanlah angka, jumlah, nilai dan persentase (misalnya: “meningkatkan penjualan bulanan menjadi 40% …”, “mengawasi sebuah tim yang berisi 7 penulis…”, “mendesain 11 website …”).
  • Batasi deskripsi pengalaman kerja tiga atau empat poin penting. Anda dapat membuat deskripsi dalam bentuk kalimat/paragraf atau merangkumnya dalam bentuk poin.

Contoh deskripsi pengalaman kerja
Berikut adalah beberapa contoh deskripsi pengalaman kerja untuk referensi Anda.

Untuk posisi Sales Manager
Bertanggung jawab atas proses penjualan dari awal kontak (lead generation), presentasi, proposal, sampai negosiasi kontrak dan pelaksanaan. Melebihi target penjualan triwulan dan tahunan sebesar 40%.

Untuk posisi Programmer
Menyelesaikan proyek pengembangan aplikasi dan web design untuk klien dari dua perusahaan besar—keduanya diserahkan 1 bulan lebih awal dari jadwal yang seharusnya.

Untuk posisi Sales Associate

  • Menyediakan pemasaran secara langsung serta men-support penyalurannya ke lapangan / customer.
  • Membantu menghasilkan, memeriksa kualitas, dan memproses penjualan.
  • Bertanggung jawab melayani pelanggan, mencari/menyediakan/membuat database competitor, mengimplementasikan promosi pemasaran.

 Untuk Marketing Executive
Membuat strategi pemasaran dan mendesain iklan inovatif yang membantu meningkatkan customer perusahaan hingga 56%.

Sekarang sudah tahu kan rahasia meningkatkan peluang diterima di perusahaan impian Anda? Apa yang akan menghentikan Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan? Bergegas dan buatlah deskripsi pengalaman kerja Anda sendiri dan mulailah mengaplikasikannya di situs-situs layanan pekerjaan online seperti JobStreet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.