Tips Sukses Membangun Identitas Online

0
1098
Tips Sukses Membangun Identitas Online

Tips Sukses Membangun Identitas OnlineMembangun sebuah identitas online sudah selayaknya menjadi bagian dari fondasi bisnis untuk berkompetisi di era digital.

Apalagi, pengguna internet di Asia Tenggara sekarang ini lebih memilih berinteraksi dengan berbagai perusahaan melalu kanal digital seperti e-mail, dukungan online, web self-service, dan media sosial.

Selain itu, memiliki identitas online memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menyediakan informasi dan bantuan dengan tepat waktu.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, banyak pebisnis telah menggunakan beberapa platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan beberapa marketplace untuk berdagang dan berinteraksi dengan pelanggan.

Namun, bagi pebisnis yang ingin terus bertumbuh dalam jangka waktu panjang, memiliki sebuah website permanen sangat kritikal guna membangun kredibilitas.

Untuk membantu Anda meraih kesuksesan di era digital, dalam artikel ini, Managing Director Jogjacamp, Herlin Dwi Yudiandari memberikan beberapa tips sukses membangun identitas online:

 Mendaftarkan nama domain

Nama domain yang didaftarkan akan menjadi alamat virtual Anda. Mendaftarkan nama domain merupakan langkah pertama dalam membuat identitas online di jaringan internet.

Letakkan website Anda pada nama domain Anda sendiri untuk memperoleh alamat web yang konsisten dan memiliki brand, serta untuk digunakan dalam aktivitas marketing dan agar lebih mudah diingat oleh pelanggan Anda.

 Maksimalkan nama domain

Cobalah menggunakan kata kunci yang mendeskripsikan brand Anda untuk membantu meningkatkan peringkat search-engine dan membuat nama domain lebih menarik dan mudah diingat.

Untuk lebih memaksimalkan nama domain, Anda harus memilih domain tingkat tinggi yang tepat, yaitu domain .com, yang masih menjadi standar global dalam membangun bisnis secara online.

Memilih nama domain tingkat tinggi yang tepat juga sangat penting bagaimana Anda ingin bisnis dipandang oleh dunia. Untuk bisnis dalam skala kecil, memilih domain tingkat tinggi yang tepat dapat membantu memperoleh penghargaan dan kepercayaan yang diperlukan untuk mendapat pengakuan global.

Nama domain .com dianggap sebagai standar terpercaya untuk bisnis secara global dan merupakan salah satu dari nama domain yang lebih banyak dipilih dalam memulai atau membuat identitas online.

Untuk perusahaan Indonesia yang ingin membuka bisnis mereka lebih luas ke ranah global, tanpa diragukan lagi, .com adalah pilihan yang terbaik.

Arahkan nama domain

Mengarahkan nama domain dapat membantu Anda memperluas identitas dan jejak online serta memungkinkan Anda melakukan sejumlah strategi pemasaran online. Namun, Anda tidak perlu memiliki sebuah website untuk mengarahkan nama domain.

Anda dapat mengarahkan nama domain Anda ke tempat di mana identitas online Anda berada; baik itu di website, halaman media sosial, situs e-commerce, situs review, atau di manapun.

Hal ini akan memberikan bisnis Anda kredibilitas dan skalabilitas dari sebuah nama domain, serta alamat online yang konsisten bagi bisnis.

Apapun yang Anda pilih sebagai identitas online utama bagi bisnis Anda—website, halaman media sosial, situs e-commerce atau apapun yang Anda gunakan—nama domain Anda dapat dengan mudah diarahkan pada identitas online utama untuk meningkatkan efektivitas, kemudahan diingat, serta kredibilitas dari identitas tersebut.

Perluas jangkauan

Dengan membuat lebih dari satu nama domain yang teregistrasi di berbagai domain utama atau yang terdengar atau terlihat mirip dengan nama domain Anda (misalnya, kesalahan ejaan pada nama domain), Anda membuat orang-orang lebih mudah menemukan Anda melalui pencarian atau navigasi langsung, serta secara lebih efektif mengarahkan mereka pada konten yang paling relevan, termasuk konten khusus seperti video atau pencarian pekerjaan. Ini akan memungkinkan bisnis Anda untuk menarik pengunjung ke website dan memperluas jangkauan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.