Tips Sukses Menggunakan Twitter Ala Selebriti Dunia (Bagian 2)

0
719

justin bieberTwitter adalah sebuah platform pemasaran yang sangat kuat, jika tahu cara menggunakannya. Kita dapat mempelajari ini dari para selebriti yang sukses memasarkan merek mereka. Berikut adalah lanjutan dari beberapa hal yang dapat kita pelajari dari mereka:

Fungsikan Retweet

Justin Bieber adalah salah satu seleb teratas di Twitter. Bukan hanya karena sebagian besar penggemarnya adalah gadis remaja yang fanatik, tetapi karena dia tahu bagaimana sebuah retweet bekerja.

Bieber menjawab banyak pengikutnya secara pribadi. Hal itu tentu saja membuat fansnya senang dan mereka me-retweet-nya agar bisa dilihat oleh teman-temannya.

Bieber begitu dikenal dengan retweet-nya, bahkan Jimmy Fallon meminta salah satu penulis Late Night untuk mencoba seperti apa yang dilakukan Bieber. Hal itu dilakukan untuk melihat berapa banyak retweet yang bisa ia dapatkan.

Ia kemudian membuat dua tweet sampai Bieber mendengar lelucon tersebut dan menggunakan kekuatan pengikutnya yang berjumlah lebih dari 43 juta lebih untuk mengubahnya menjadi “Frog Lawn Mower”. Tak lama tweet Bieber tersebut menjadi trending topic di seluruh dunia.

Pelajaran yang bisa kita ambil adalah sebenarnya “berbicara” dengan para pengikut membutuhkan waktu. Tetapi benar-benar layak dilakukan jika Anda mendapat retweet dari mereka.

Ingat, tidak semua tentang Anda

Tentunya, selebriti juga terkadang membuat sebuah kesalahan di media sosial. Bieber misalnya, ia tertangkap Flack awal tahun ini ketika ia membuat sebuah tweet egois tentang kunjungannya ke museum Frank Anne, Amsterdam. Hasilnya, Bieber mendapat cemoohan secara global.

Di mana pun ada

Rihanna memiliki hampir semua akun media sosial – termasuk Twitter, Facebook, Google+, YouTube, dan Instagram. Jika Anda mencoba untuk mendominasi, Anda harus hadir di mana penggemar Anda ada.

Fokus pada tujuan utama

Apakah Anda ingin memiliki jutaan pengikut Twitter? Kenyataannya, itu sulit terjadi. Jadi, fokuslah pada tujuan – meningkatkan penjualan – dan menggunakan situs media sosial untuk mengarahkan traffic ke bisnis atau website Anda.

Katty Perry misalnya, ia memiliki penggemar lebih banyak ketimbang Nikki Minaj. Namun, Minaj berhasil menarik traffic lebih banyak Perry. Melalui akun media sosialnya, Minaj langsung mengarahkan para penggemar ke websitenya, sedangkan  Perry sering mengirimkan penggemar ke situs pihak ketiga.

Dari sini Anda dapat belajar bahwa ketika menghubungkan ke sesuatu di media sosial, pastikan itu akan bermanfaat bagi bisnis. Jika Anda ingin “bersenang-senang” di media sosial, buatlah akun secara terpisah.

Gunakan tagar

Jimmy Fallon berhasil menarik banyak pengikut Twitter melalui tagar Late Night. Fallon menceritakan topik dan tagar (#latenighthashtags) dan penggemar mengirimkan tweet, dan yang terbaik akan ditayangkan. Alhasil, tagar tersebut berhasil meningkatkan jumlah penonton acara serta keterlibatan penggemar di Twitter.

Pelajaran yang bisa diambil adalah gunakanlah tagar untuk mendorong tindakan. Tagar perusahaan atau nama merek tidak menginpirasi orang untuk retweet. Sebaliknya, buatlah tagar dari sebuah event, kontes, dan lainnya. Jika ada sesuatu di dalamnya bagi penggemar, mereka cenderung ingin berbagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.